Apa saja Manfaat Menggunakan Serum untuk Wajah?

serum

Serum wajah adalah sebotol kecil gel eliksir berwarna jernih, bertekstur ringan, dan bebas minyak. Sebotol serum mengandung sejumlah bahan aktif, dari mulai vitamin hingga antioksidan, yang bertujuan untuk menembus ke bagian terdalam kulit lebih cepat, mudah, dan merata daripada pelembap wajah biasa.

Sebenarnya apa saja sih manfaat serum untuk kulit? Jika kamu merasa belum perlu untuk memakai serum, coba baca 5 manfaatnya di bawah ini.

Jika dibandingkan dengan pembersih dan pelembap wajah, serum bisa mengandung bahan aktif hingga 70%. Artinya, bila rutin digunakan, semua masalah kulit seperti warna yang nggak merata, kerutan, garis halus atau bintik hitam akan memudar.

Pada dasarnya serum nggak diformulasikan dengan kandungan minyak yang biasanya terdapat dalam pelembap. Serum diciptakan agar bisa langsung bekerja ke dalam lapisan kulit yang bermasalah sehingga pemilik kulit berminyak nggak perlu khawatir.

Serum memiiki konsistensi yang lebih cair dan ringan ketimbang pelembap wajah. Hal ini membuat serum mudah menyerap ke dalam kulit tanpa meninggalkan residue yang dapat menyebabkan breakout .

Penggunaan serum secara rutin dapat mencegah munculnya penuaan dini. Pasalnya, kandungan serum dapat menutrisi wajah kembali.

Bukan hanya dapat menutrisi wajah, serum juga dapat melindungi kulit dari paparan radikal bebas seperti polusi yang menyebabkan kulit kusam.

Serum wajah adalah pelembab ringan yang mengandung bahan aktif berkonsentrasi tinggi (seperti asam hialuronat, asam glikolat, dan vitamin C) daripada pelembab wajah biasa. Dikenal karena keefektifannya, serum wajah sering digunakan untuk menangani masalah perawatan kulit tertentu, seperti keriput. Serum juga biasanya lebih tipis dari pelembab, yang membuatnya sempurna untuk pelapisan.

Serum memiliki berbagai formula yang berbeda, termasuk gel, minyak, dan krim ringan, dan mereka bahkan dapat memiliki konsistensi seperti air dalam beberapa kasus. Serum dipenuhi dengan nutrisi, krim, gliserin, bahan-bahan alami (mentimun, lidah buaya, dll.) Dan vitamin seperti C, K, E, serum kulit adalah produk berbasis minyak atau air, yang memiliki kemampuan untuk menembus jauh ke dalam lapisan kulit Anda, sehingga Anda mendapatkan hasil yang fenomenal. Tidak seperti produk kulit lainnya, ini memiliki konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi dan biasanya berbentuk gel krim.

Bagaimana cara menggunakan serum kulit secara efektif?

Aturan umum untuk ini adalah dengan menerapkannya pada wajah dalam jumlah yang lebih tipis. Menggunakannya dengan cara yang benar adalah penting untuk mendapatkan hasil yang efektif dan memuaskan. Mari kita lihat cara yang benar untuk mengaplikasikan serum.

Langkah-langkah untuk menerapkan serum:

  1. Gunakan handuk basah hangat untuk wajah Anda terutama yang lembut pada pori-pori terbuka.
  2. Biarkan kulit Anda sedikit lembab.
  3. Setelah itu oleskan mikrodot serum ke seluruh wajah Anda.
  4. Kemudian ratakan ke seluruh wajah.
  5. Jangan meregangkan menarik atau menggosok kulit.

Serum tidak diragukan lagi dapat memberi nutrisi dan menyingkirkan banyak masalah pada kulit, diantara manfaatnya yaitu :

  1. Tekstur kulit Anda akan meningkat secara drastis berkat kandungan kolagen dan Vitamin C, menjadi lebih kencang dan halus, yang menyebabkan kulit tampak lebih muda.

  2. Akan ada bintik-bintik yang lebih rendah, bekas luka, jerawat dan tanda lainnya, ketika mereka mulai dengan penggunaan serum secara teratur, terutama yang menggunakan konsentrat tanaman. Ini dilakukan secara holistik, tanpa menggunakan kulit dan bahan kimia berbahaya.

  3. Anda akan melihat pengurangan ukuran pori-pori terbuka, sehingga komedo dan whiteheads menjadi berkurang.

  4. Serum yang diaplikasikan di bawah mata juga memiliki manfaat, dengan mengurani kekeringan, lingkaran hitam dan garis-garis halus. Mereka adalah pick-me-up instan untuk mata yang lebih cerah.

  5. Dengan penggunaan serum, peradangan, kemerahan dan kekeringan akan berkurang, kulit akan terlihat segar dan lembab.

Serum tidak hanya bermanfaat untuk kulit wanita saja, tetapi juga dapat memberikan manfaat pada kulit pria. Diantara manfaat tersebut adalah :

  1. membantu dalam memelihara kulit Anda dan menjadikannya cantik alami
  2. mencerahkan kulit
  3. mengurangi jerawat pada kulit wajah
  4. membantu melembabkan kulit dan membuatnya menjadi bercahaya
  5. Serum membantu memulihkan kulit kusam.
  6. Meringankan sensasi gatal
  7. Jauhkan kerutan dan membuat Anda terlihat muda.
  8. Meningkatkan elastisitas kulit.
  9. Meremajakan kulit.

Panduan dalam menggunakan serum wajah

Sekarang setelah Anda tahu lebih banyak tentang manfaat menggunakan serum wajah dalam rutinitas perawatan kulit harian Anda, inilah saatnya untuk belajar cara mengaplikasikannya. Untuk memperbaikinya, ikuti panduan kami untuk pengaplikasian serum.

  1. LANGKAH 1: PEMBERSIH
    Membersihkan kulit Anda harus menjadi langkah pertama dalam rutinitas harian Anda, karena ini membantu menghilangkan kotoran, minyak berlebih, atau kotoran dari kulit Anda. Lakukan pagi dan sore ini, plus setelah Anda berkeringat. Bergantung pada usia dan jenis kulit Anda, gunakan pembersih yang cocok dengan masalah perawatan kulit terbesar Anda. Jika Anda fokus pada garis-garis halus dan kerutan, misalnya, cobalah pembersih lembut seperti L’Oréal Paris Age Perfect Nourishing Cream Cleanser. Jika menghilangkan riasan adalah rintangan terbesar Anda, cobalah air misel, seperti L’Oreal Paris Micellar Water Cleansing Complete Cleanser Waterproof - Semua Jenis Kulit.

  2. LANGKAH 2: SERUM
    Waktunya pergi! Oleskan tipis-tipis serum pilihan Anda (kira-kira seukuran kacang polong) dan pijat ke kulit sampai terserap sepenuhnya.

  3. LANGKAH 3: MIMPI MATA
    Setelah Anda selesai mengoleskan serum, gunakan ujung jari Anda untuk mengoleskan krim mata favorit Anda.

  4. LANGKAH 4: MOISTURIZER
    Tidak ada perawatan kulit rutin yang akan lengkap tanpa pelembab wajah! Sekali lagi, pastikan untuk memilih yang diformulasikan untuk jenis dan kebutuhan kulit Anda.

  5. LANGKAH 5: SUNSCREEN BROAD-SPECTRUM
    Di pagi hari, oleskan tabir surya spektrum luas dengan nilai SPF 30 atau lebih tinggi sebelum pergi ke luar — dan ingatlah untuk mengikuti langkah-langkah perlindungan matahari lainnya yang telah kami sampaikan. Anda tidak akan pernah terlalu aman dari sinar matahari!

Bahan ini yang biasanya digunakan dalam serum, dan apa manfaatnya?

Bahan-bahan dalam serum berkisar dari yang biasa hingga yang eksotis, tergantung pada apa yang Anda tuju. Berikut adalah beberapa yang umum yang digunakan.

  1. Vitamin C
    Ini adalah bahan umum untuk anti-penuaan, jadi jika Anda berusia akhir 30-an dan 40-an, gunakan serum dengan ini. Komponen ampuh ini tidak hanya membangun kolagen, tetapi juga meningkatkan kekebalan kulit dan harus menjadi bagian dari rejimen perawatan kulit Anda secara teratur.

  2. Asam hialuronat
    Merupakan cara terbaik untuk merawat kulit dehidrasi, tanpa beban krim dan emolien. Ini terperangkap dalam level air alami kulit, dan memastikan tidak kehilangan kelembaban alami, tetap diisi ulang. Ceramides dan asam amino juga mencapai hasil dan manfaat yang sama.

  3. Antioksidan
    sangat penting untuk melindungi kulit dari stres dan kerusakan lingkungan. Jadi beta-karoten dan teh hijau adalah ekstrak yang harus diwaspadai, sedangkan berry, delima, dan ekstrak biji anggur adalah bahan aktif lainnya.

  4. Retinols
    adalah bahan serum yang ideal untuk kulit yang rentan terhadap jerawat, sementara juga mengatasi garis-garis halus dan kerutan.

  5. Bahan aktif nabati
    seperti akar manis membuat bahan-bahan cerah alami dan tepat untuk mengatasi noda matahari dan bekas luka yang menyengat, serta kulit yang tidak merata.

  6. Antiinflamasi
    Jika Anda memiliki kulit sensitif, gunakan serum dengan sifat anti-inflamasi, mencegah kemerahan, berjerawat, dan radang. Bahan untuk dibaca pada label yang perlu Anda periksa adalah seng, arnica dan lidah buaya.

Bagaimana saya harus memilih serum?

Anda akan terkejut dengan sejumlah opsi yang tersedia di pasar serum, dan semuanya menjanjikan kulit yang indah. Tetapi cara terbaik untuk memilih yang tepat bagi Anda adalah dengan mempertimbangkan dua faktor :

  1. pertama, masalah kulit yang Anda coba atasi. Apakah Anda ingin menghilangkan garis-garis halus di sekitar mulut? Atau membuang bintik matahari di hidung? Temukan serum yang mengklaim melakukan apa yang Anda butuhkan.
  2. Kedua, perhatikan jenis kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit berminyak dan rawan jerawat, pilih serum wajah dengan asam salisilat dan retinol, serta minyak biji rosehip. Untuk kulit dewasa dan kering, cobalah sesuatu dengan asam hialuronat dan Vitamin C. Kulit normal bekerja dengan baik dengan asam glikolat, yang memerangkap kelembaban dan menjaga kulit tetap segar dan diremajakan.