Apa saja manfaat mencukur bulu wajah bagi wanita?

Mencukur bulu wajah atau shaving umumnya dilakukan oleh para cowok untuk membersihkan bulu-bulu halus di sekitar wajah mereka, terutama bagian kumis dan jambang. Namun tahukah kamu? Tren dunia kecantikan saat ini, kegiatan mencukur wajah ini juga ternyata dilakukan juga oleh para cewek.

1. Pada prinsipnya, cukur bulu wajah atau dermaplaning berfungsi untuk membersihkan wajah dari bulu halus yang nggak diinginkan

Beberapa cewek mengeluhkan tentang wajahnya yang ditumbuhi bulu-bulu halus di bagian tertentu seperti di atas bibir. Metode pencukuran wajah ini dilakukan untuk membersihkan dan menghilangkan bulu-bulu halus tersebut. Ketimbang metode waxing, pencukuran wajah dirasa lebih aman karena hanya membersihkan, bukan mencabut bulu-bulu tersebut sampai ke akarnya, yang dikuatirkan akan berdampak pada fungsi saraf-saraf tertentu.

2. Aktivitas ‘cukuran’ ini pun ampuh membersihkan lapisan kulit paling luar dengan mengangkat sel kulit mati.

Teknik pencukuran juga berfungsi untuk pengelupasan sel-sel kulit mati di permukaan wajah yang nggak hilang ketika kita hanya membersihkan wajah secara teratur. Dengan terangkatnya sel kulit mati, wajah akan terlihat lebih bersih dan cerah.

3. Manfaat lainnya, garis halus pun akan berkurang dan meningkatkan regenerasi sel kulit baru sehingga wajah tampak awet muda

Terkelupasnya sel kulit mati di permukaan wajah mendorong pergantian lapisan kulit dengan cepat. Mencukur akan memicu produksi kolagen di wajah yang berfungsi untuk mengurangi kerutan wajah. Secara fisik, pisau cukur melakukan pengelupasan alami pada kulit sehingga sangat baik mencegah penuaan. Karenanya, kamu akan terlihat lebih awet muda.

Sumber: