Apa saja manfaat memelihara kucing ?

kucing

Apa saja manfaat memelihara kucing bagi manusia ?

1 Like

Manfaat memelihara kucing bagi manusia antara lain :

1. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan serangan jantung

Sebuah studi dari University of Minnesota menemukan bahwa mereka yang tidak memiliki kucing antara 30 dan 40 persen lebih tinggi dapat meninggal akibat penyakit yang melibatkan sistem kardiovaskular dari mereka yang memiliki kucing. Resiko untuk seorang pemilik kucing mati akibat serangan jantung juga adalah sangat rendah.

2. Meningkatkan fungsi sistem imun (Daya Tahan Penyakit)

Memelihara kucing dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh Anda. Hubungan antara kucing dan pemilik kucing dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang pemilik kucing.

3. Mencegah Alergi

Jika Anda akan memiliki bayi, mungkin Anda harus mempertimbangkan untuk memelihara kucing. Memelihara kucing dapat membantu Anda mencegah alergi pada anak Anda. Ada beberapa penelitian yang baru lahir yang hidup dengan hewan peliharaan dapat menghindari alergi berkembang.

4. Membantu mencegah asma pada anak

Selain membantu untuk mencegah alergi berkembang terhadap anak Anda, ada beberapa bukti bahwa hidup dengan kucing juga dapat membantu mencegah asma pada anak-anak. Memiliki kucing pada usia dini,anak anda, dapat membantu mereka untuk menghindari resiko mengidap asma. Ini karena sentuhan antara anak Anda dengan kucing, dapat membantu mengatasi masalah pernafasan.

5. Mengurangi Tekanan Darah

Percayakah Anda hanya dengan mengusap-ngusap kucing, dapat membantu menurunkan tekanan darah. Mereka yang memiliki hewan peliharaan, menurut State University of New York di Buffalo penelitian menunjukkan bahwa mereka yang memelihara kucing cenderung memiliki tekanan darah lebih rendah dari mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan.

6. Menurunkan Kolestrol

Berdasarkan penelitian, pemilik kucing memiliki kolesterol lebih rendah daripada mereka yang tidak memiliki kucing sendiri. Sebuah penelitian 2006 di Kanada menunjukkan bahwa memiliki kucing sebenarnya lebih efisien dalam menurunkan kolesterol, daripada meminum obat-obatan kimia.

7. Mengurangi risiko Mendapat Stroke

Prospek memiliki stroke adalah menakutkan. Jika Anda prihatin tentang mengalami serangan stroke, Anda bisa mempertimbangkan untuk memelihara kucing. Memiliki kucing dapat mengurangi risiko stroke. Sebuah penelitian di Universitas Minnesota menemukan bahwa pemilik kucing dapat mengurangi risiko mendapatkan stroke.

8. Mengurangi stress (tekanan perasaan) dan rasa cemas

Memiliki kucing, bisa membantu mengurangi stress dalam hidup Anda. Banyak manfaat psikologis jika kita memelihara kucing dan salah satunya adalah menghilangkan stress. Dengan menjaga binatang atau berbicara dengan kucing Anda, bisa membantu Anda merasa lebih tenang dan mengurangi tingkat stres. Kehadiran seekor kucing bersama Anda dapat membantu Anda menenangkan diri Anda karena Anda menikmati cinta tanpa syarat dari seekor kucing.

9. Membuat mood Anda dalam kondisi COOL

Dalam banyak kasus, berinteraksi dengan hewan peliharaan dapat membantu memperbaiki mood Anda. Ini termasuk kucing. Memiliki kucing dapat membantu Anda merasa lebih baik secara umum, dan meningkatkan mood Anda.

10. Dapat membantu pasien-pasien Autis

Mereka dengan autisme, memiliki kesulitan berkomunikasi dalam cara yang sama seperti orang lain. Memiliki kucing benar-benar dapat membantu dalam kasus ini. Ada kejadian di mana kucing telah berperan dalam terapi untuk anak-anak autis.

11. Mengurangi kesepian

Hubungan persahabatan antara manusia dan kucing dapat membantu mereka yang kesepian. Hanya dengan memiliki kucing di rumah dan menghabiskan waktu bersama bisa membantu mengurangi rasa sunyi.

  1. Kucing bisa menurunkan risiko penyakit jantung
    Penelitian telah menemukan bahwa memiliki kucing dapat menurunkan tingkat stres Anda, yang pada gilirannya akan berdampak pada risiko penyakit kardiovaskular. Memiliki kucing sebenarnya dapat menurunkan risiko penyakit jantung, termasuk stroke, sekitar 30%.

  2. Kucing membantu perawatan tulang, tendon, dan otot
    Kucing mendengkur adalah salah satu suara paling menghibur di dunia dan walaupun itu berarti kucing bahagia dan nyaman, suara itu juga telah lama dikaitkan dengan kemampuan penyembuhan terapeutik pada tulang dan otot manusia.

    Seekor kucing mendengkur menciptakan getaran pada frekuensi 20-140 HZ, dan penelitian telah menunjukkan bahwa frekuensi dalam kisaran 18-35 HZ memiliki efek positif pada mobilitas sendi setelah cedera, para ilmuwan mulai berbicara tentang bagaimana kebisingan kucing dapat membantu manusia.

  3. Anda akan tidur lebih baik
    Beberapa penelitian di Inggris telah menemukan bahwa orang (terutama wanita) lebih suka tidur dengan kucing mereka daripada pasangan mereka, dan mereka bahkan melaporkan tidur lebih baik dengan kucing daripada dengan teman tidur manusia. Sebuah penelitian baru-baru ini dari Mayo Clinic Center untuk Sleep Medicine dapat mengkonfirmasi temuan itu: 41 persen orang dalam penelitian itu mengindikasikan bahwa mereka tidur lebih nyenyak karena hewan peliharaan mereka, sementara hanya 20% mengatakan bahwa itu menyebabkan gangguan.

  4. Kucing akan membuat Anda lebih menarik
    Penelitian yang dilakukan oleh peneliti hewan peliharaan terkemuka, Dr June Nicolls menemukan bahwa wanita lebih cenderung tertarik pada pria dengan hewan peliharaan dengan 90% wanita lajang menganggap pria dengan kucing lebih baik dan lebih peduli daripada mereka yang tidak.

  5. Kucing mengurangi stres dan kecemasan
    Memiliki kucing di sekitar Anda sebenarnya dapat memicu pelepasan bahan kimia yang menenangkan di tubuh Anda yang menurunkan tingkat stres dan kecemasan. Kucing dikenal memiliki tingkat pemeliharaan yang sangat rendah dan sederhana biasanya cukup untuk membuat Anda dan kucing senang.

  6. Bahkan hanya menonton video kucing, bagus untuk Anda
    Sebuah penelitian terhadap lebih dari 7.000 orang oleh Indiana University Bloomington menemukan bahwa menonton video kucing di internet meningkatkan energi dan emosi positif pemirsa sambil mengurangi perasaan negatif. Ternyata semua jam yang dihabiskan di YouTube benar-benar bermanfaat.

Referensi

7 Scientifically Proven Health Benefits Of Being a Cat Owner. 2018. https://www.goodnet.org/articles/7-scientifically-proven-health-benefits-being-cat-owner. Diakses pada 3 Juni 2020.