Apa saja manfaat membersihkan telinga pada kucing peliharaan ?

kucing

Apa saja manfaat membersihkan telinga pada kucing peliharaan ?

Penting diketahui bahwa telinga kucing harus secara rutin dibersihkan, karena banyak masalah yang dapat menganggu kesehatan kucing bersarang di telinga. Selain sebagai bentuk pencegahan, dengan membersihkan telinga kita juga bisa melakukan tindakan pengobatan secara cepat jika terjadi sesuatu masalah.

Beberapa masalah umum yang biasa terjadi pada bagian dalam telinga kucing diantaranya adalah:

  • Infeksi Bakteri
  • Ear Mites
  • Infeksi Jamur
  • Kanker
  • Alergi
  • Penumpukan kotoran/cerumen telinga yang dapat menggangu pendengaran

Rutin Memeriksa Telinga Kucing

Memeriksa telinga kucing memang lebih baik dilakukan sejak masih kecil agar kucing kesayangan terbiasa dan tidak berontak. Namun bagi yang sudah dewasa dan tidak terbiasa dilakukan pemeriksaan pada area telinga bisa Anda lakukan sehabis kucing dimandikan, karena disaat kucing selesai dimandikan dan kondisi badan serta bulu masih basah biasanya kucing akan sedikit lebih jinak.

Melakukan pemeriksaan telinga kucing sendiri setidaknya membuat Anda mengetahui kondisi area dalam telinga kucing apakah ada kelainan atau gangguan. Beberapa hal yang biasa atau umum ditemukan selama melakukan pemeriksaan pada telinga kucing antara lain: Jumlah sekresi telinga/cerumen, bau busuk, darah, benjolan pada kulit telinga, kemerahan pada kulit telingan yang disertai peradangan, serta ear mite yang di indikasikan kucing sering menggaruk bagian telinga dan menggeleng-gelengkan kepala.

Jika Anda mendapati beberapa hal tersebut saat memeriksa telinga kucing, maka segeralah bawa kedokter hewan agar segera diberi pengobatan.

Cara Membersihkan Telinga Kucing

Sebelum membersihkan telinga kucing, tempatkan kucing kesayangan anda pada pangkuan anda atau buat posisi yang nyaman bagi kucing kesayangan anda.
Bila perlu setiap membersihkan anda dapat mengaplikasikan beberapa tetes larutan pembersih telinga atau anda bisa menggunakan baby oli, minyak zaitun yang diteteskan pada cotton bud sebelum digunakan.

Setelah diteteskan, Pijat pangkal telinga dengan lembut untuk melonggarkan kotoran atau cerumen yang ada dalam telinga.

Gunakan cotton bud atau buat bola kapas, kemudian angkat kotorang yang ada.
Beberapa menghindari penggunaan cotton bud pada telinga, dikhawatirkan karenan bentuknya yang kecil dan kapasnya tidak melekat terlalu kuat pada tangkainya. Ditakutkan akan melukai telinga jika tidak digunakan secara hati-hati.

Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pemilik hewan kesayangan untuk menghindari masalah pada telinga kucing mereka:

  • Pililah produk pembersih telinga dan konsultasikan terlebih dahulu ke dokterhewan kepercayaan anda. Jangan sembarangan menggunakan produk manusia di terapkan ke kucing kesayangan anda.

  • Buat bola kapas dan sumpalkan pada telinga kucing ketika memandikan kucing kesayangan anda guna menghindari masuknya air ke telinga.

  • Lakukan pemeriksaan rutin untuk telinga kucing hewan kesayangan anda‚Ķ

  • Usahakan tidak menggunakan cotton bud ke telinga. jika ada, bisa menggunakan pinset yang dibaluti bola kapas.