© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa saja manfaat Madu untuk Kesehatan Rambut ?

Kesehatan Rambut

Bila kondisi rambut tidak prima, kepercayaan diri pun akan berkurang. Berbagai cara dilakukan agar rambut mudah diatur dan mendukung penampilan. Salah satu cara mudah untuk merawat rambut Anda adalah dengan menggunakan masker alami berbahan dasar madu.

Apa saja manfaat Madu untuk Kesehatan Rambut ?

madu

Adapun manfaat madu untuk rambut serta cara memakainya adalah :

  • Madu dapat menyuburkan rambut
    Madu mengandung antioksidan sehingga penggunaan madu di kulit kepala dapat dapat merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu madu juga mengandung emolien yang fungsinya untuk meningkatkan kesehatan folikel rambut. Hal inilah yang menyebabkan rambut dapat cepat panjang dan terlihat lebat.

  • Madu dapat melembabkan rambut
    Madu dapat mencegah hilangnya kelembaban dari kulit kepala Anda. Selain itu dengan kandungan gulanya yang tinggi dapat membantu mempertahankan kelembaban rambut sehingga tidak kering dan kusam.

  • Madu dapat mengatasi ketombe
    Ketombe yang ada di rambut akan mengganggu penampilan kita, karena rambut akan menjadi kotor dan kulit kepala terasa gatal. Madu memiliki antibakteri dan antiseptik sehingga penggunaan madu di kulit kepala dapat menjaga kulit kepala kita bersih dan bebas bakteri.

  • Madu dapat mengatasi rambut rontok
    Kandungan antioksidan pada madu sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut terutama mencegah rambut dari kerontokan. Kalau kerontokkan rambut dibiarkan terus-menerus dapat menyebabkan terjadinya kebotakkan. Buat Anda yang mengalami kerontokan, tentu tidak ingin hal ini dibiarkan terus.

  • Madu dapat mengatasi rambut patah dan bercabang
    Masalah rambut patah maupun bercabang seringkali dialami oleh orang yang berambut panjang. Hal ini tentu saja dapat merusak keindahan rambut. Tapi masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan masker madu di rambut. Sebab madu mengandung beragam vitamin yang dapat menutrisi rambut kuat, tidak mudah patah dan tidak bercabang.

sumber:

Madu dapat menjadikan rambut berkilau dan bercahaya.
Aktivitas di luar rumah menyebabkan rambut sering terpapar sinar matahari. Sinar ultraviolet dari matahari inilah yang dapat meyebabkan rambut mudah rusak dan kehilangan kilaunya. Tapi dengan menggunakan madu sebagai kondisioner alami, rambut Anda dapat terjaga kilaunya.

Cara untuk membuat kondisioner dari madu yaitu campurkan 1 sendok makan madu, satu buah jeruk nipis yang diperas, dan air hangat secukupnya. Taruh di wadah yang bersih lalu aduk semua bahan hingga rata. Sebelum memakai ramuan tadi, keramas dahulu dengan sampo seperti biasa. Setelah itu rambut dibilas dengan air bersih. Dengan kondisi rambut yang masih basah, segera siram campuran tadi pada rambut sampai rata sambil dipijat-pijat di kulit kepalanya. Biarkan kondisioner alami dari madu itu di rambut tidak perlu dibilas lagi hingga rambut kering.

Salah satu zat yang ada pada Madu dan bermanfaat bagi rambut adalah pinocembrin.

Pinocembrin merupakan antioksidan yang penting bagi kesehatan rambut, karena antioksidan yang ada pada pinocembrin dapat berfungsi sebagai :

  • Mampu meremajakan dan memperbaiki sel-sel rambut yang rusak,
  • Menghasilkan jaringan kulit yang kondusif untuk pertumbuhan rambut,
  • Memperlancar sirkulasi darah yang diperlukan untuk rambut, sehingga rambut menjadi kuat dan tidak kusam.