Apa saja Manfaat Lemon untuk Wajah?

lemon

Jeruk lemon merupakan sejenis jeruk atau jeruk yang memiliki warna kuning cetar menggoda dengan rasa buah yang masam. Biasanya jeruk ini dapat digunakan sebagai penyedap, penyegar maupun minuman pelepas dahaga. Namun siapa yang tahu bahwa jeruk lemon ternyata juga bermanfaat bagi perawatan wajah.

Wajah yang cerah merupakan dambaan hampir setiap orang. Wajah yang cerah bagaikan memberikan energy positif yang memancar setiap kali berhadapan dengan orang lain. Apabila Anda merasa wajah Anda terlihat kusam, jangan khawatir soalnya Anda dapat mencerahkan wajah Anda dengan mudah menggunakan jeruk lemon. Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah hingga kulit wajah terlihat lebih cerah.

Berikut manfaat dari lemon bagi kecantikan wajah, yakni:

1. Lemon Dapat Mencerahkan Wajah

Apakah kamu merasa bahwa wajah sudah terlihat kusam? Jangan khawatir, ternyata ada juga khasiat lemon untuk wajah kusam yaitu mencerahkan wajah. Vitamin C sangat tinggi dalam lemon akan mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit akan terlihat jauh lebih cerah. Penggunaan lemon ini sangat mudah, buat jus lemon dengan membelahnya terlebih dahulu kemudian diperas.

Lalu, tambahkan 2 sendok teh madu ke dalam lemon dan aduk sampai rata. Madu akan menghaluskan kulit, tetapi bisa juga diganti dengan air ataupun air mawar jika bahan tersebut belum tersedia. Oleskan campuran lemon dan madu tersebut ke seluruh bagian wajah, diamkan 15 menit lalu bilas. Untuk hasil terbaik, lakukan treatment ini 1 kali seminggu. Niscaya wajah kusam bukan lagi menjadi masalah kamu.

2. Lemon Ampuh Mengurangi Jerawat Di Wajah

Manfaat lemon untuk wajah berjerawat adalah cara efektif secara alami dalam mengatasi jerawat di wajah. Masalah jerawat merupakan masalah yang banyak dialami oleh para remaja karena meningkatnya hormon dan wajah tidak mendapatkan perawatan yang baik sehingga banyak kotoran yang menyumbat pori-pori akhirnya menimbulkan jerawat.

Lemon yang kaya vitamin C ini ternyata memiliki manfaat lemon untuk wajah berjerawat, yaitu menguranginya dan menghilangkan bekas jerawat maupun flek hitam di wajah. Kandungan dalam lemon akan mengeringkan jerawat lebih cepat dan mencerahkan noda-noda hitam. Cara penggunaannya sangat mudah, pertama siapkan 1 buah lemon matang. Selanjutnya, belah buah lemon menjadi 2 bagian dan peras sampai keluar airnya. Campurkan air lemon yang masih pekat tersebut dengan sedikit air sampai menjadi agak encer.

Selanjutnya, celupkan cotton bud ke campuran air tersebut dan tempelkan ke bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 15 sampai dengan 20 menit sampai air lemon di wajah kering. Bilas wajah dengan air dingin bersih dan keringkan. Untuk hasil terbaik, lakukan perawatan ini sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Niscaya jerawat kita akan lebih cepat kering dan tidak meninggalkan bekas.

3. Lemon Mampu Mengontrol Minyak Di Kulit

Kulit berminyak dapat menimbulkan berbagai masalah seperti jerawat, dan memiliki kulit berminyak dapat merusak penampilan seseorang karena muka akan terlihat seperti penggorengan yang mengkilat karena minyak. Bagi pemilik wajah berminyak, jangan khawatir karena ada juga manfaat lemon untuk wajah berminyak. Asam di lemon dapat meluruhkan minyak di wajah dengan baik dan wajah kita tak akan lagi terlihat sangat mengkilap saat difoto.

Perawatan wajah berminyak dengan lemon ini sangat sederhana, pertama siapkan 1 buah lemon segar. Kemudian, potong lemon menjadi 2 bagian. Basuh wajah dengan air hangat terlabih dahulu dan pastikan sebelumnya bahwa wajah memang dalam keadaan bersih. Gosok-gosokkan salah 1 bagian lemon ke seluruh wajah secara merata. Diamkan air lemon yang menempel di wajah tersebut selama 15 sampai dengan 20 menit hingga kering. Lalu, bersihkan kembali wajah menggunakan air dingin. Perawatan ini bisa dilakukan setiap hari untuk benar-benar mengurangi minyak di wajah.

Referensi

http://hariangadis.com/manfaat-lemon-untuk-wajah/