Apa Saja Manfaat Konsultasi ke Psikolog?

konsultasi psikologi

Konsultasi ke psikolog adalah hal yang masih terdengar tabu dizaman sekarang, karena masih lumayan banyak yang beranggapan bahwa dengan konsultasi ke psikolog artinya orang tersebut sedang sakit mental, padahal konsultasi ke psikolog pasalnya juga dapat dilakukan tanpa adanya diagnosa yang sedang mengiringi para pasien konseling. Banyak manfaat yang di dapat ketika kita pergi ke konseling.

Lalu apa saja manfaat yang kita dapat saat pergi konseling? Dan kapan waktu yang tepat ketika kita hendak melakukan konseling?

  • Kesadaran Kesehatan Mental

Dalam beberapa tahun terakhir, ada peningkatan pengakuan akan peran penting kesehatan mental dalam mencapai tujuan pembangunan global, seperti yang diilustrasikan dengan dimasukkannya kesehatan mental dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Meskipun ada kemajuan di beberapa negara, orang dengan kondisi kesehatan mental sering mengalami pelanggaran berat hak asasi manusia, diskriminasi, dan stigma.

  • Definisi Psikolog

Psikolog mempelajari pikiran manusia dari sudut pandang ilmiah untuk membantu orang memahami dan mengubah perilaku mereka. Jenis psikolog terbagi menjadi beberapa yaitu klinis, konseling, sekolah, dan industri-organisasi. Psikolog klinis atau konseling menilai individu untuk mendiagnosis gangguan mental, emosional dan perilaku mereka dan kemudian merawat mereka menggunakan berbagai teknik, termasuk terapi perilaku kognitif (CBT). Psikolog sekolah fokus pada masalah yang berhubungan dengan pendidikan, dan psikolog industri-organisasi menerapkan prinsip-prinsip psikologis untuk masalah tempat kerja. Ketika kita hendak melakukan konseling kepada psikolog biasanya psikolog yang akan kita temui memiliki background psikologi klinis, biasanya pekerjaan mereka yaitu:

  1. Memberikan penilaian dan rekomendasi untuk perawatan yang tepat
  2. Mendiagnosis dan mengobati berbagai gangguan mental, emosional, dan perilaku
  3. Tinjau literatur yang relevan, sintesis bahan berbasis bukti, dan terjemahkan konsep kesehatan perilaku yang kompleks
  4. Melakukan manajemen kasus dan tugas administrasi lainnya sesuai kebutuhan
  5. Memberikan layanan rujukan ke terapis luar, klinik, dan fasilitas perawatan
  6. Berpartisipasi dalam rotasi panggilan di luar jam kerja
  • Tujuan Berkonsultasi ke Psikolog

Konsultasi psikologi dapat membantu seseorang menyelesaikan masalah dan keluhan yang sedang dihadapi, terutama yang berkaitan dengan perasaan, emosi, dan perilaku. Ada banyak manfaat ketika seseorang pergi konseling ke psikologi, diantaranya yaitu:

Membantu mengatasi rasa kehilangan
Setiap orang menangani kehilangan orang yang dicintai secara berbeda. Berduka secara terbuka atau secara pribadi keduanya umum, tetapi menghindari kenyataan kehilangan dapat menyebabkan masalah yang lebih lama dan berlarut-larut. Seorang psikolog dapat membantu menemukan cara yang tepat untuk mengatasi kehilangan seseorang terdekat.

Membantu mengatasi stres dan kecemasan
Aspek kehidupan tertentu membuat stres, dan banyak situasi mulai dari pekerjaan dan hubungan dapat menyebabkan merasa cemas. Stres dan kecemasan, jika dibiarkan berlarut-larut, dapat menyebabkan isolasi sosial, Depresi, dan banyak masalah lainnya. Manfaat konsultasi psikologi membantu mengelola stres dan kecemasan dengan menemukan sumber atau penyebab masalah. Psikolog juga bisa memberi cara yang tepat untuk mengatasinya.

Bantu kelola depresi
Perasaan tidak berdaya atau putus asa yang berlebihan adalah tanda umum depresi. Depresi adalah gangguan kesehatan mental yang umum di mana orang kehilangan minat pada sesuatu, mengalami kelelahan, dan sering mengalami kesulitan mengelola emosi mereka. Konsultasi psikologi dapat membantu menemukan sumber depresi — seringkali merupakan langkah pertama untuk merasa lebih baik.

Bantu atasi fobia
Takut ketinggian dan laba-laba adalah fobia umum, tetapi beberapa ketakutan yang tidak biasa dan tidak berdasar dapat menciptakan masalah besar dalam hidup. Misalnya, sitofobia (takut makan) dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Psikolog berpengalaman dapat membantu mulai mengatasi ketakutan sehingga dapat hidup tanpa polifobia (takut banyak hal) atau fobia.

Bantu mengatasi masalah keluarga dan hubungan
Hubungan, baik keluarga, pribadi, atau pekerjaan, memiliki pasang surut. Sementara hubungan bisa menjadi beberapa hal terbaik dalam hidup, mereka juga bisa menjadi sumber stres dan masalah. Manfaat konsultasi psikologi, baik secara individu atau dalam kelompok, dapat membantu menghilangkan masalah yang dapat terbentuk bahkan dalam hubungan yang paling kuat sekalipun.

Atasi kebiasaan atau kecanduan
Beberapa kebiasaan tidak sehat — seperti merokok, minum, dan penggunaan narkoba — sering digunakan untuk menghindari masalah mendasar yang lebih besar atau untuk mengobati diri sendiri. Sementara psikolog akan membantu mengatasi masalah tersebut, mereka juga dapat membantu mengatasi masalah yang segera dihadapi kesehatan, seperti kecanduan, gangguan makan, manajemen stres, dan masalah tidur.

Meningkatkan performa
Beberapa orang paling sukses mencapai tujuan mereka dengan memvisualisasikannya terlebih dahulu. Sama seperti akan berlatih pidato sebelum memberikannya, psikolog dapat membantu mempersiapkan diri untuk acara-acara besar sehingga kamu dapat tampil sebaik mungkin, apakah itu kompetisi atau wawancara kerja.

Kejernihan mental
Manfaat konsultasi psikologi dapat membantu meningkatkan kejernihan mental dengan bertindak sebagai satu set telinga yang tidak memihak. Seringkali, orang menemukan solusi mereka sendiri hanya dengan mendengar diri mereka berbicara keras-keras dalam terapi.

Mengungkapkan masalah secara terbuka membantu banyak orang meningkatkan kejernihan mental, lebih mampu berkonsentrasi, dan menjadi lebih berorientasi pada tugas. Psikolog dilatih untuk menjadi pendengar yang baik tanpa menghakimi.

Berbeda dengan psikiater, seorang psikolog tidak boleh meresepkan obat-obatan kepada pasiennya. Walaupun begitu, kondisi kejiwaan yang membutuhkan pengobatan tetap bisa didiagnosis oleh psikolog. Bila memang pasien memerlukan obat-obatan, psikolog akan merujuknya ke psikiater.

  • Kapan waktu yang mengharuskan kita untuk hendak berkonsultasi?

Berikut ini adalah beberapa tanda seseorang perlu melakukan konsultasi psikologi:

  1. Masalah sudah sangat menggang
    Sebuah masalah bisa saja membuat seseorang sulit untuk berkonsentrasi dalam melakukan pekerjaan atau aktivitas sehari-hari. Tak jarang pula masalah membuat seseorang putus asa, cemas berlebihan, sulit tidur, dan kehilangan nafsu makan. Ketika sebuah masalah sudah mengganggu kehidupan dan aktivitas, kemungkinan orang tersebut membutuhkan konsultasi psikologi.

  2. Gagal menyelesaikan masalah sendiri
    Ketika merasa sedih, cemas, atau takut, mungkin seseornag sudah mencoba melakukan berbagai upaya untuk merasa lebih baik, misalnya dengan curhat, membaca buku motivasi, ataupun mengalihkan pikiran dengan olahraga.
    Jika segala cara yang orang tersebut lakukan tidak juga membuahkan hasil, mungkin ini waktunya ia melakukan konsultasi psikologi. Ingat, meminta bantuan ke psikolog bukan berarti gila atau lemah.

  3. Melampiaskan masalah ke hal negatif
    Tanda lain seseorang membutuhkan konsultasi psikologi adalah ketika berusaha melupakan masalah dengan melakukan hal-hal yang tidak baik untuk dirinya, misalnya merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, menggunakan obat-obat terlarang, atau bahkan makan berlebihan

  4. Baru saja mengalami kejadian traumatis
    Apabila seseorang baru saja mengalami kejadian traumatis, seperti kehilangan sosok tercinta, perceraian, atau kehilangan pekerjaan, sebaiknya melakukan konsultasi psikologi, terutama bila rasa sedih yang dirasakan tidak kunjung hilang.

Pasalnya, tidak semua orang dapat menghadapi kejadian berat seperti ini sendirian dan membutuhkan bimbingan. Masalah dalam kehidupan dapat terjadi ketika kita tidak siap menerimanya. Masalah seperti ini membebani pikiran, mengganggu kestabilan emosi, hingga memengaruhi aktivitas sehari-hari. Ini tentunya tidak boleh dibiarkan dan harus segera diatasi.

Namun, tidak semua masalah bisa dihadapi sendiri. Terkadang seseorang membutuhkan bantuan untuk meringankan beban pikiran dan mencari jalan keluar dari masalah. Di waktu yang sulit seperti ini, wajar jika seseorang tidak bisa berpikir dengan jernih. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika ia mencari pertolongan profesional, yaitu dengan melakukan. Dalam konsultasi ini, ia bisa menceritakan semua keluhan ataupun keresahannya tanpa takut dihakimi.

Referensi

https://www.who.int/health-topics/mental-health#tab=tab_1
https://www.healthline.com/health/mental-health/psychologist-help#loss
https://www.thebalancecareers.com/psychologist-526059

  • Membantu Anda memahami atau mengubah sudut pandang akan permasalahan yang sedang dihadapi
  • Membimbing Anda untuk brainstorming atau memberikan saran untuk permasalahan yang Anda hadapi, misalnya ketika dihadapkan pada beberapa pilihan hidup yang sulit
  • Membantu Anda mengatasi kesedihan, rasa cemas, rasa takut yang berlebihan, atau kebiasaan buruk yang mungkin telah mengganggu keseharian Anda
  • Membantu meluruskan permasalahan dalam hubungan dengan orang lain, termasuk dengan keluarga, teman, atau pasangan