Apa saja manfaat ikan tongkol terhadap kesehatan ?

ikan tongkol

Manfaat ikan tongkol ini tidak lepas dari kandungan gizi yang terkandung dalam dagingnya. Tidak hanya kandungan protein yang tinggi, kandungan omega 3 pada ikan tongkol ini juga sangat tinggi. Apa saja manfaat ikan tongkol terhadap kesehatan ?

Manfaat Ikan Tongkol Bagi Kesehatan

Ikan tongkol biasanya menjadi ikan konsumsi, terdapat banyak sekali manfaat ikan tongkol bagi kesehatan, seperti:

  1. Menjaga kesehatan mata
    John Hopkins School of Medicine pernah mengungkapkan dalam penelitiannya bahwa kandugan omega 3 pada ikan tongkol ini mampu mengurangi resiko penyakit AMD ( Age Macular Disease) yang merupakan penyakit mata yang disebabkan oleh penuaan.

  2. Mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi
    Kandungan protein dalam ikan tongkol ini sangat bermanfaat dalam proses pertumbuhan dan perkembangan masaa dan kekuatan otot. Selain itu protein ini juga memberikan energi tambahan pada tubuh.

  3. Mencegah kulit kusam
    Kulit merupakan hal yang paling dijaga oleh semua orang. Mempunyai kulit yang kusam tentu sangat mengganggu. Untuk mencegah kulit kusam ini, sobat dapat juga mengatasinya dengan rajin mengkonsumsi ikan tongkol.

  4. Mencegah obesitas
    Dalam ikan tongkol terdapat kandungan EPA. Yang mana kandungan ini dapat menstimulasi munculnya hormon leptin. Hormon leptin ini membantu menghindari keinginan untuk makan. Dengan menghindari makan yang berlebih, akan membantu menjaga berat badan.

  5. Menjaga kesehatan pada saluran pencernaan
    Kandungan omega 3 pada ikan tongkol dapat mengurangi resiko pada organ disaluran pencernaan . Selain menjaga kesehatan saluran pencernaan, ikan tongkol juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya kanker pada ovarium.

  6. Menjaga kesehatan jantung
    Kandungan omega 3 padaa ikan tongkol juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Omega 3 ini bermanfaat untuk menjaga agar detak jantung selalu teratur.

  7. Meningkatkan kecerdasan
    Omega 3 pada ikan tongkol juga mempunyai manfaat lain yaitu untuk meningkatkan kemampuan kognitif. Kandungan ini sangat baik untuk bayi yang masih dalam tahap pertumbuhan ataupun bayi yang masih dalam kandungan.

Dan masih banyak lagi manfaat dari ikan tongkol, maka sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan ini.

Sumber:

Di Indonesia sendiri, ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan yang populer dan disukai oleh hampir seluruh kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan oleh harganya yang terjangkau, dan manfaatnya yang tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh. Meskipun harganya murah, manfaat ikan tongkol ini tidak jauh berbeda dengan manfaat makanan laut jenis lainnya, beberapa diantaranya adalah :

  1. Menjaga Kesehatan Mata
    Salah satu sumber menyebutkan bahwa, penelitian yang dilakukan oleh John Hopkins School of Medicine mengungkapkan bahwa kandungan manfaat omega 3 yang terdapat pada ikan tongkol ini, dapat mengurangi resiko mengalami AMD (Age Macular Disease) atau jenis penyakit mata yang disebabkan oleh penuaan. Selain itu, kandungan omega 3 ini juga akan menurunkan angka resiko anda mengalami kerusakan pada mata.

  2. Menyembuhkan Penyakit Rematik
    Anda sering merasakan nyeri dan sakit akibat rematik? Selain mengkonsumsi obat-obatan rematik, ternyata ikan tongkol ini juga dapat membantu dalam proses penyembuhan penyakit rematik yang di derita. Ikan tongkol dapat anda olah sesuai selera,seperti :

    • Digoreng
    • Dibuat sup
    • Ikan tongkol balado
    • Sebagai campuran pada masakan lain, seperti nasi goreng atau mie goreng

    Anda dapat mengkonsumsi olahan ikan tongkol tersebut setiap hari apabila ingin membantu proses penyembuhan rematik yang parah.

  3. Dapat Mencegah Anemia
    Ikan tongkol memiliki kandungan manfaat zat besi alami, yang dapat membantu untuk mencegah terserang anemia. Anemia yang diderita dapat memunculkan gejala-gejala seperti :

    • 5 L (letih, lesu, lunglai, lemah, dan lemas)
    • Daya tahan tubuh menurun
    • Pegal pegal pada bagian persendian
    • Wajah memucat
    • Mudah terserang berbagai macam penyakit.

    Namun perlu diperhatikan, apabila ingin mengkonsumsi ikan tongkol untuk mencegah terjadinya anemia, pastikan untuk tidak menggoreng ikan tongkol. Rebuslah ikan tongkol segar dan buatlah menjadi semacam sup untuk dikonsumsi setiap harinya.

  4. Mencegah Ejakulasi Dini
    Ternyata, tidak hanya dagingnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, namun bagian insang dari ikan tongkol ini dapat membantu untuk mengatasi dan mencegah ejakulasi dini. Berikut ini cara mengolahnya :

    Rebus insang dari ikan tongkol segar dengan menggunakan 3-4 lembar daun jeruk purut
    Tambahkan garam, masak hingga mendidih
    Minum airnya kira-kira 1 sampai 2 jam sebelum melakukan hubungan

    Namun demikian, manfaat ini sepertinya belum teruji secara ilmiah dan hanya menimbulkan unsur sugestif, sehingga masih harus diteliti lebih lanjut.

Manfaat Ikan Tongkol lainnya antara lain :slight_smile: *

  1. Menjaga kesehatan jantung
    Selain untuk menjaga kesehatan mata dan tubuh, kandungan omega 3 yang terdapat pada ikan tongkol, mampu menjaga kesehatan jantung anda. Kandungan omega 3 ini dapat menjaga detak jantung sehingga memperkecil kemungkinan terjadinya serangan jantung.

  2. Meningkatkan kemampuan kognitif
    Omega 3 yang tekandung dalam ikan tongkol dapat membantu mengembangkan kemampuan berpikir dan kemampuan kognitif seseorang. Selain bermanfaat bagi yang ingin meningkatkan kemampuan kognitif, dapat juga bermanfaat bagi ibu yang sedang mengandung, agar kemampuan kognitif dari bayi menjadi semakin baik.

  3. Detoksifikasi hati
    Kandungan selenium yang terdapat pada ikan tongkol dapat membantu organ hati untuk melakukan proses detoksifikasi atau pengeluaran racun tubuh. Selenium dapat mempercepat dan membantu proses tersebut.

  4. Melindungi saluran pencernaan
    Lagi-lagi, kandungan omega 3 yang terdapat pada ikan tongkol sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Manfaat lain omega 3 ini, adalah membantu dalam menjaga saluran pencernaan tubuh. Hal ini dapat mengurangi resiko terjadinya kanker pada organ-organ pencernaan dan juga membantu mencegah terjadinya kanker ovarium pada wanita.

  5. Kandungan protein yang tinggi
    Ya, ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan laut yang memiliki kandungan protesin yang tinggi. Protein pada ikan tongkol sering dimanfaatkan sebagai asupan protein yang rendah lemak, biasanya sebagai pengganti manfaat daging merah. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari protein yang terkandung di dalam ikan tongkol :

    • Meningkatkan masa otot
    • Menambah daya tahan tubuh
    • Memperkuat otot
    • Mengikat lemak
    • Memberikan energy lebih bagi tubuh
  6. Mencegah terjadinya obesitas
    Ikan tongkol memiliki kandungan EPA yang tinggi. EPA yang tinggi ini dapat menstimulasi munculnya hormon leptin yang dapat menghindari keinginan untuk mengkonsumsi makanan yang berlebihan. Dengan menghindari konsumsi makanan yang berlebihan ini, maka akan terbantu dalam mencegah terjadinya obesitas pada diri.