Apa saja manfaat ikan bandeng bagi kesehatan ?

Ikan bandeng

Ikan bandeng (Chanos chanos) adalah ikan pangan populer di Asia Tenggara. Ikan ini merupakan satu-satunya spesies yang masih ada dalam suku Chanidae (bersama enam genus tambahan yang dilaporkan pernah ada namun sudah punah).

Bandeng disukai sebagai makanan karena rasanya gurih, rasa daging netral (tidak asin seperti ikan laut) dan tidak mudah hancur jika dimasak. Dari sisi harga, bandeng termasuk ikan kelas menengah ke atas.

Manfaat Ikan Bandeng Bagi Kesehatan

Saya mengetahui beberapa beberapa manfaat ikan bandeng yang sangat penting untuk kesehatan tubuh, yaitu dapat:

  1. Mencegah penyakit jantung koroner
    Ikan bandeng ini sangat cocok untuk mencegah penyakit jantung koroner. Agar terhindar dari jenis penyakit ini, sobat jangan memasak ikan badeng dengan cara digoreng, lebih disarankan agar ikan bandengn dimasak dengan cara dikukus atau direbus.

    Ikan bandeng yang direbus menghindari minyak sehingga meminimalkan jumlah kolesterol yang tidak baik untuk kesehatan jantung.

  2. Menjaga kesehatan otak
    Kandungan omega 3 pada ikan bandeng ini membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan otak terlebih pada anak. Asupan gizi dari ikan bandeng yang cukup dapat membantu meningkatkan tahap pertumbuhan dan perkembangan pada anak.

  3. Mencukupi asupan protein tubuh
    Asupan protein ini sangat penting sekali untuk tahap pertumbuhan. Protein berguna untuk meningkatkan massa dan kekuatan otot. Asupan protein dalam tubuh dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi ikan bandeng.

    Dalam 3 ons ikan bandeng mengandung 22,4 gr protein hewani. Kandungan protein ikan bandeng ini tentu dapat menjadi untuk mencukupi kebutuhan protein tubuh.

  4. Mencegah penyakit kardiovaskular seperti hipertensi
    Untuk sobat yang menderita penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi disarankan untuk mengkonsumsi ikan bandeng ini. Untuk lebih baiknya lagi, ikan bandeng ini diolah dengan cara direbus atau dikukus.

  5. Sumber vitamin dan mineral
    Ikan bandeng merupakan sumber dari vitamin dan mineral terlengkap. Bandeng ini mengandung vitamin A, B kompleks dan vitamin D. Selain mengandung beberapa vitamin tersebut, ikan bandeng juga mengandung sumber mineral seperti kalsium, yodium, zat besi, selenium dan zinc.

  6. Mencegah penyakit gondok
    Kandungan yodium yang cukup tinggi pada ikan bandeng mampu membantu mencegah timbulnya penyakit gondok.

  7. Mencegah anemia
    Ikan bandeng juga mengandung zat besi yang cukup tinggi. Zat besi ini mampu mencegah anemia yang mana penyakit ini cukup berbahaya jika dibiarkan.

  8. Menjaga pertumbuhan tulang
    Ikan bandeng juga mengadung kalsium yang dapat menaja dan mencerah pengeroposan tulang. Selain itu, kalsium juga berguna untuk menjaga kesehatan gigi.

  9. Sebagai lahan bisnis
    Ikan bandeng ini merupakan lahan bisnis yang cukup menjanjikan. Sobat dapat membudidayakan ikan bandeng ini pada tambak. Untuk sobat yang mempunyai rumah didaerah pesisir, sobat dapat membudidayakan ikan ini didaerah sekitar rumah.