© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Apa saja manfaat hutan hujan bagi kehidupan?

Hutan hujan tropis ialah hutan tropis yang banyak menerima hujan. Biasanya memiliki banyak tanaman dan hewan. Hutan hujan yang paling terkenal ialah Hutan Amazon, juga hutan Indonesia. Para ilmuwan mengatakan lebih dari separuh spesies tanaman dan binatang tinggal di hutan hujan.

Manfaat Hutan Hujan


Sebagai salah satu hutan yang sangat besar, hutan hujan tropis pastinya memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia. Berikut ini adalah manfaat dari hutan hujan tropis :

  1. Sebagai penyeimbang ekosistem dunia
    Tidak hanya menjadi penyeimbang ekosistem dalam satu negara dimana lokasi hutan hujan tropis tersebut berasal, namun juga hutan hujan tropis merupakan penyeimbang ekosistem di seluruh dunia. Manfaat hutan hujan tropis yang relatif sangat luas, ekosistem dan habitat-habitat alami dari berbagai jenis flora dan fauna akan selalu terjaga dengan baik. Hal ini sangat baik dan juga sangat berguna untuk keseimbangan alam secara keseluruhan yang ada di bumi kita ini.

  2. Penyuplai oksigen
    Siapa sangka? Hutan hujan tropis merupakan penyuplai manfaat oksigen terbesar di bumi kita ini. Hampir 80% suplai oksigen di seluruh dunia berasal dari kawasan hutan hujan tropis. Hal ini disebabkan karena hutan hujan tropis memiliki banyak sekali pohon-pohon yang melakukan proses fotosintesis, sehingga mereka melepaskan oksigen ke udara dalam jumlah yang sangat banyak. Tentu saja hal ini akan sangat berguna bagi kehidupan manusia, karena kita ssebagai manusia, dan juga hewan sangat membutuhkan oksigen untuk kehdupan.

  3. Sebagai daerah resapan air dan menjaga siklus air
    Hutan hujan tropis, sesuai dengan namanya, merupakan salah satu hutan yang digunakan untuk menyerap air. Daerah hutan hujan tropis memiliki curah hujan yang jauh lebih tinggi dibandingkan daerah hutan biasa yang tidak terletak pada daerah yang beriklim tropis. Hal ini akan menyebabkan daerah hutan hujan tropis tidak akan mengalami kekeringan dan kekurangan air, karena selain memiliki curah hujan yang relatif tinggi. Manfaat hutan hujan tropis bagi kehidupan ini juga terdiri dari ribuan, bahkan jutaan pohon yang siap menjadi daerah resapan air. Selain itu, hutan hujan tropis juga membantu bumi kita untuk menjaga siklus air, mulai dari hujan, masuk ke dalam tanah, danau, dan sungai, lalu menguap hingga membentuk awan, dan kemudian turun kembali ke bumi melalui proses hujan.

  4. Mencegah banjir dan bencana alam lainnya
    Sejalan dengan manfaat dari hutan hujan tropis sebagai salah satu lokasi yang dapat menjadi resapan air, maka hutan hujan tropis juga memiliki fungsi dan manfaat yang baik untuk mencegah kemungkinan munculnya bencana alam. Biasanya bencana alam yang muncul dapat berupa banjit dan juga tanah longsor. Dengan terjaganya kondisi hutan hujan tropis, maka resiko munculnya bencana banjir dan tanah longsor pun akan dapat terhindarkan.

  5. Sebagai tempat tinggal dan tempat berlindung hewan liar
    Sebagai salah satu penyeimbang ekosistem, hutan hujan tropis merupakan tempat tinggal sekaligus tempat berlindung bagi para satwa-Satwa yang hidup di sekitar hutan hujan tropis. Para satwa ini hidup dan bertahan di daerah hutan hujan tropis, karena hutan hujan tropis menyediakan segalanya, mulai dari tempat bernaung, hingga makanan dan minuman untuk para hewan dalam bertahan hidup.

  6. Sebagai tempat tinggal suku-suku pedalaman
    Selain menjadi tempat berlindung dan juga tempat tinggal dari para hewan dan satwa lainnya, manfaat hutan hujan tropis bagi manusia juga menjadi tempat tinggal bagi para suku-suku pedalaman. Dalam suatu Negara tropis, ditemukan masih banyak suku pedalaman yang masih primitif dan mengandalkan kekuatan alam dalam bertahan hidup. Mereka memanfaatkan keanekaragaman hayati yang dimiliki oleh hutan hujan tropis untuk bertahan hidup dan juga memenuhi kebutuhan mereka sehari-harinya. Pada daerah amazon, masih banyak ditemukan beberapa suku primitive yang tinggal di dalam hutan hujan tropis Amazon, dan beberapa diantaranya bahkan masih ditemukan suku-suku yang kanibal.

  7. Sumber mata pencaharian
    Hutan hujan tropis juga merupakan salah satu sumber mata pencaharian, tidak hanya bagi mereka para suku pedalaman yang menggantungkan hidupnya dari hutan hujan tropis, namun juga masyarakat modern yang tinggal di sekitar daerah hutan hujan tropis. Masyarakat modern yang tinggal di sekitar hutan hujan tropis memanfaatkan hutan hujan tropis sebagai sumber mata pencaharian dan sumber kehidupan mereka. Mereka masuk ke dalam hutan hujan tropis untuk mencaru kayu, dan juga makanan. Selain untuk dikonsumsi sendiri, hasil yang mereka peroleh dari hutan hujan tropis dapat mereka jual, sehingga menghasilkan uang untuk membeli keperluan – keperluan mereka yang lainnya, yang tidak bisa diperoleh di hutan hujan tropis.

  8. Untuk mendekatkan diri kepada alam
    Bagi anda yang sangat suka dengan keindahan dan keanekaragaman flora dan fauna, pastinya anda akan sangat tertarik dengan hutan hujan tropis ini. Anda dapat mengunjungi hutan hujan tropis hanya untuk sekedar mendekatkan diri kepada alam tempat anda bernaung. Di dalam hutan hujan tropis ini anda akan merasakan kebesaran-Nya dalam menciptakan segala sesuatu yang ada di dunia.

  9. Sebagai tempat wisata
    Anda juga dapat memanfaatkan hutan hujan tropis ini sebagai salah satu tujuan wisata alam anda. biasanya, anda dapat menjelajahi hutan hujan tropis, dan berkemah di dalam lingkungan hutan hujan tropis. Dan biasanya juga ada batas-batas tertentu yang sudah dikelola oleh pemerintah setempat untuk batasan lokasi wisata dari hutan hujan tropis itu sendiri, sehingga melakukan kunjungan wisata ke hutan hujan tropis dirasa cukup aman.

  10. Lokasi penelitian
    Tak jarang, hutan hujan tropis menjadi salah satu lokasi yang digunakan oleh para peneliti untuk menemukan berbagai hal baru yang belum pernah dieksplor sebelumnya. Para peneliti yang masuk ke dalam hutan hujan tropis biasanya berharap dapat menemukan dan meneliti kehidupan hewan dan tumbuhan secara langsung yang berada di dalam hutan hujan tropis, dan bukan tidak mungkin mereka akan menemukan spesies baru.

1 Like