Apa saja manfaat Fotosintesis untuk lingkungan?

Fotosintesis adalah proses memasak pada tumbuhan. Proses ini diperlukan agar tumbuhan memiliki energi dan cadangan makanan. Namun, fotosintesis ini tidak hanya bermanfaat untuk tumbuhan, tetapi juga untuk lingkungan sekitar.

Manfaat Fotosinteis


Berikut ini manfaat fotosintesis begi lingkungan :

  1. Oksigen
    Selain menghasilkan energi, tumbuhan juga memiliki hasil sampingan, yaitu oksigen. Tentu saja, oksigen sangat bermanfaat bagi makhluk hidup lainnya, termasuk manusia untuk bernafas.Selain menghasilkan oksigen, fotosintesis juga memerlukan karbon dioksida sehingga gas ini diserap oleh daun. Ketika gas karbon dioksida diserap, maka udara sekitar akan semakin bersih dan segar.

  2. Buah
    Hasil fotosintesis sebagai cadangan makanan disimpan melalui berbagai bentuk, seperti buah dan umbi. Cadangan makanan tumbuhan inilah yang akhirnya dikonsumsi oleh hewan dan manusia sebagai makanan.Buah, umbi, atau pun berbagai bagian tumbuhan yang bisa dikonsumsi oleh manusia juga mengandung berbagai mineral dan vitamin yang penting.

  3. Menjaga tumbuhan
    Tumbuhan sangat baik membagi hasil masakannya kepada manusia. Jadi, manusia pun harus baik pada tumbuhan dengan menjaga tumbuhan, dengan cara menyiramnya, memberi pupuk, dan tidak menebang pohon sembarangan.

Sumber:
Bobo.grid.id