Apa saja manfaat Face Oil dalam perawatan kulit sehari-hari?

539404_620

Para ahli kecantikan mengatakan semua jenis kulit bisa menggunakan face oil. Minyak khusus wajah ini bisa membersihkan kotoran dan bakteri, sehingga membuat kulit lembap dan kenyal.

Face oil merupakan produk yang ditujukan untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori, menyehatkan kondisi kulit dan meskipun bernama minya, namun bermanfaat untuk digunakan oleh semua jenis kulit. Berikut beberapa manfaat dari face oil ini:

1. Membuat produk lainnya bekerja lebih baik
Mengoleskan face oil sebelum krim pelembap dapat mendorong kulit agar lebih efektif menyerap bahan-bahan aktif dari pelembap tersebut, sehingga manfaatnya pun dapat bertahan lebih lama serta mengurangi risiko iritasi. Untuk mencegah munculnya jerawat, Anda bisa menggunakan face oil yang mengandung minyak argan, jojoba, tea tree, atau almond.

2. Melengkapi asam lemak esensial yang dibutuhkan kulit
Agar bisa selalu tampak kenyal dan cerah bercahaya, kulit membutuhkan asupan asam lemak esensial. Namun tubuh tidak dapat memproduksi asam lemak sendiri. Dengan minyak ini, asupan asam lemak untuk kulit bisa terpenuhi. Asam lemak esensial menjaga sel-sel yang rentan terhadap kerusakan dan dehidrasi serta menjaga kulit Anda tetap lentur. Contohnya adalah face oil dari biji almond yang mengandung asam lemak omega-3 untuk melembapkan kulit, dan cocok untuk kulit sensitif.

3. Memperbaiki kulit
Peradangan adalah penyebab utama dari penuaan kulit. Suhu ekstrem, radiasi sinar matahari, polusi, dan stres dapat memicu terjadinya peradangan. Minyak dari ekstrak biji-bijian yang digunakan dalam face oil dapat membantu menyegel kelembapan kulit.

Selain itu, face oil menyediakan asupan lemak dari luar untuk melindungi kulit dari serangan radikal bebas serta mempercepat proses regenerasi kulit. Minyak argan, contohnya, adalah minyak yang sangat ideal untuk menyembuhkan iritasi kulit yang rentan disebabkan oleh produk antipenuaan seperti krim retinol atau yang mengandung alfa hidroksi. Minyak geranium juga bermanfaat mengurangi iritasi kemerahan. Minyak kelapa dapat mengatasi masalah kulit kering bersisik.

4. Mengurangi kerutan
Proses penuaan alami dan paparan radiasi UV matahari dapat menghilangkan kelembapan alami kulit sehingga rentan menyebabka kulit dehidrasi. Dehidrasi kulit dapat menimbulkan garis-garis halus dan kerutan. Untuk menguranginya, Anda dapat menggunakan minyak primrose atau vitamin E. Namun, jika jenis kulit Anda sedikit berminyak, gunakan minyak yang mengandung ekstrak biji anggur.

Sumber

https://hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/7-manfaat-face-oil/