Apa saja manfaat donor darah bagi kesehatan tubuh manusia?


Donor darah merupakan kegiatan sosial yang dapat menolong sesama dengan memberikan harapan hidup pada orang lain. Penyumbangan darah ini sebenarnya bukan hanya bermanfaat bagi penerima darah namun juga sangat bermanfaat bagi pendonor atau penyumbang darah. Apa sajakah manfaat dari donor darah tersebut ?

Donor darah tidak hanya memberikan manfaat kepada para penerima darah. tetapi juga kepada para pemberinya. Berikut beberapa manfaat donor darah yang bisa dirasakan jika kamu menyumbangkan darah:

Menjaga kesehatan jantung dan membuat darah mengalir lebih lancar

Manfaat donor darah yang pertama adalah membantu memperlancar aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri. Satu penelitian menunjukkan bahwa rajin mendonorkan darah mampu menurunkan risiko serangan jantung hingga 88%. Dan menurut seorang dokter, mendonorkan darah membuat kita jarang sakit dan terhindari dari kanker, stroke, dan serangan jantung. Rutin menjalankan donor darah membuat kadar zat besi dalam darah menjadi stabil. Kadar zat besi dalam darah yang tinggi dapat membuat kita rentan terkena penyakit jantung.

Meningkatkan produksi sel darah merah

Manfaat donor darah selanjutnya adalah meningkatkan produksi sel darah merah. Ketika donor, sel darah merah akan berkurang. Sumsum tulang belakang pun segera memproduksi sel darah merah baru guna menggantikan yang hilang. Tubuh pun sudah dapat menggantikan darah sel-sel darah merah yang hilang ketika didonorkan dalam beberapa minggu. Rajin melakukan donor darah berarti membuat tubuh kita menstimulasi pembentukan darah baru yang segar.

Sekalian cek kesehatan

Sebelum melakukan donor darah, suhu tubuh, tekanan darah, nadi, dan kadar hemoglobin kamu akan diperiksa. Setelah donor darah selesai dilakukan, darah kamu akan dikirim ke laboratorium untuk menjalani 13 tes yang berbeda. Jika ada yang salah dengan darahmu , kamu pasti akan segera diberitahu. Selain berbuat mulia, kamu juga bisa mendapatkan cek kesehatan secara cuma-cuma.

Memperpanjang usia

Ternyata, manfaat donor darah tidak hanya memberikan kesehatan fisik, batin kita pun menerima manfaatnya. Berbuat baik membuat kita hidup lebih lama. Menurut satu penelitian, umur orang yang suka menolong dan tidak mementingkan diri sendiri akan bertambah empat tahun.

Membantu menyelamatkan nyawa

Banyak nyawa bisa diselamatkan dan banyak harapan bisa diberikan dengan melakukan donor darah. Darah yang telah didonorkan dapat diberikan kepada pasien darurat medis seperti korban kecelakaan, pasien operasi besar, penderita kanker atau kelainan darah, atau bahkan bayi baru lahir dengan kondisi medis tertentu.

Tahukah kamu jika setiap tanggal 14 Juli diperingati sebagai Hari Donor Darah Sedunia? Yuk, jangan takut apalagi ragu untuk mendonorkan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) atau rumah sakit terdekat. Karena banyak sekali manfaat donor darah yang bisa kamu dapatkan.

Sumber : Manfaat Donor Darah

Donor darah menyimpan banyak manfaat, sedangkan dari segi spiritual sendiri anda mendapatkan amal ibadah yang menyangkut keselamatan hidup orang lain yang sedang membutuhkan darah, selain itu juga dapat memberikan kehidupan yang baik bagi diri anda.

Menurut saya anda sangat hebat jika melakukan hal tersebut. Kenapa ? Karena melakukan hal tersebut banyak manfaat-nya, terutama dalam hal spiritual. Terkadang orang-orang diluar sana banyak yang salah paham bahwa menyumbangkan darah akan menyedot seluruh darah anda dan menyebabkan kelemahan, tetapi kelemahan tersebut timbul di awal setelah donor maka akan hilang dengan cepat.

Berikut beberapa manfaat donor darah:

  • Mengkontrol berat badan.

    Donor darah secara teratur juga menjaga berat badan anda.

  • Mengurangi resiko kanker

    Sebuah penelitian menunjukkan manfaat donor darah terhadap penyakit jantung. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa orang yang rutin melakukan donor darah memiliki kemungkinan terkena penyakit jantung 88 persen lebih rendah dari pada mereka yang tidak melakukan.

  • Mendeteksi penyakit serius

    Bagi pendonor, pemeriksaan ini tentu saja berguna untuk mendeteksi penyakit-penyakit tertentu secara dini. Jadi selain membantu orang lain yang membutuhkan darah, Anda juga dapat mendapatkan cek kesehatan secara cuma-cuma.

Sumber:

Donor darah akan membantu menurunkan resiko terkena serangan jantung dan masalah jantung lainnya. Penelitian menunjukkan, mendonorkan darah akan mengurangi kelebihan zat besi dalam tubuh. Walaupun masih perlu penelitian lagi untuk memastikannya, kelebihan zat besi diduga berperan menimbulkan kelainan pada jantung. Kelebihan itu akan membuat kolesterol jahat (LDL) membentuk antikolesterol (plak lemak yang akan mneyumbat pembuluh darah). Menurunnya angka masalah penyakit jantung terutama terlihat pada para pendonor yang tidak merokok.

Manfaat mendonorkan darah secara rutin setiap tiga bulan sekali maka menyebabkan tubuh akan terpacu untuk memproduksi sel-sel darah merah baru, sedangkan fungsi sel-sel darah merah adalah untuk oksigenisasi dan mengangkut sari-sari makanan. Dengan demikian fungsi darah menjadi lebih baik sehingga donor menjadi sehat. Selain itu, kesehatan pendonor akan selalu terpantau karena setiap kali donor dilakukan pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan uji saring darah terhadap infeksi yang dapat ditularkan lewat darah.

Manfaat lainnya dari mendonorkan darah adalah mendapatkan kesehatan psikologis karena menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada yang membutuhkan akan membuat kita merasakan kepuasan psikologis. Sebuah penelitian menemukan, orang usia lanjut yang rutin menjadi pendonor darah akan merasakan tetap berenergi dan bugar.