Apa saja manfaat daun sirih untuk kesehatan gigi?

Daun sirih biasanya memiliki aroma yang khas karena mengandung minyak essensial seperti metil, eugonol, eucalyptol dan asam setarat. Minyak atsiri dalam daun sirih ini dapat berfungsi sebagai antiseptik, antioksidan, antimikroba, dan antibakteri.
we

Berikut manfaat sirih untuk gigi yang bisa anda dapatkan:

  1. Mencegah Bau Mulut
    Bau mulut yang tidak sedap juga dikenal dengan istilah halitosis. Bau mulut dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti jarang menggosok gigi, makanan yang dikonsumsi, atau adanya masalah yang terjadi pada gigi ataupun gusi.
    Dengan mengunyah daun sirih dapat menjadi salah satu cara mencegah bau mulut yang bisa anda aplikasikan. Menurut penelitian “Asian Pasific Journal of Cancer Prevention” pada tahun 2011, manfaat dari mengunyah daun sirih adalah untuk mencegah bau mulut dan membuat nafas menjadi lebih segar.

  2. Mencegah Gigi Berlubang
    Penyebab gigi berlubang adalah bakteri. Bakteri yang terdapat dalam mulut dapat merusak permukaan yang keras atau disebut juga sebagai lapisan enamel sehingga menyebabkan munculnya lubang kecil yang tak kasat mata. Ketika hal ini tidak di atasi segera mungkin, maka lubang kecil tak kasat mata tersebut akan terus membesar hingga jadilah gigi berlubang besar.
    Ada beberapa kiat yang bisa dilakukan sebagai cara mencegah gigi berlubang dan salah satunya adalah memanfaatkan daun sirih. Berdasarkan penelitian beberapa pakar, daun sirih merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki kandungan antibakteri paling tinggi.

  3. Meredakan Sakit Gigi Berlubang
    Sakit gigi kerap dialami oleh hampir semua orang yang memiliki gigi berlubang. Sakit gigi akibat gigi berlubang tentunya akan membuat si penderita sangat terganggu karena sakit yang dirasakan bukan hanya pada area gigi namun juga terkadang merambat ke kepala. Sakit gigi juga merupakan salah satu alasan gigi harus dicabut.
    Di apotik, tentu banyak obat yang tersedia untuk meredakan sakit gigi dan dapat berfungsi sebagai cara mengobati sakit gigi berlubang besar. Namun, biasanya penggunaan obat sakit gigi biasanya akan memicu beberapa efek samping bagi tubuh. Maka dari itu, jika anda menginginkan obat herbal yang alami dan tidak memiliki efek samping, solusinya adalah menggunakan sirih.
    Mengunyah daun sirih secara langsung atau berkumur dengan rebusan daun sirih merupakan obat alami yang sangat efektif dalam mengatasi sakit gigi akibat gigi berlubang. Banyak orang yang telah membuktikannya.

  4. Mencegah Gusi Bengkak
    Gusi bengkak biasanya terjadi akibat adanya infeksi dari bakteri dan lagi-lagi, salah satu faktor yang menyebabkan infeksi pada gusi adalah malas membersihkan gigi.

sumber : https://halogigi.com/