Apa saja manfaat dari daun Kopi atau daun Kawa ?

kopi

(Tirta Saraswati) #1

Daun Kopi

Ketika berbicara tentang kopi, selalu yang dibahas adalah biji kopi itu sendiri. Bagaimana dengan daun kopi ? Apakah daun kopi juga mempunyai manfaat yang sama dengan biji kopi ? Apa saja manfaat dari daun kopi bagi kesehatan ?


(Afridha Berliani) #2

Pada tahun 2014, penelitian di Inggris menemukan bahwa teh dari daun kopi ternyata lebih sehat ketimbang teh dan kopi sendiri. Menurut para ilmuwan dari Royal Botanic Gardens di Kew London, dan Joint Research Unit for Crop Diversity, Adaptation and Development di Montpellier, teh daun kopi mengandung senyawa yang bermanfaat mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes seperti antioksidan .

Antioksidan merupakan suatu zat yang memiliki kemampuan untuk menstabilkan, menonaktifkan, dan menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Antioksidan seperti flavonoid, alkaloid, saponin, kafein, dan polifenol bermanfaat sebagai anti-inflamasi (anti peradangan) dan anti-kanker yang berpotensi sebagai bahan alami untuk fortifikasi produk pangan.

Dengan tingginya kandungan antioksidan daun kopi. Hal ini dapat menjadikan daun kopi yang merupakan limbah atau kurang termanfaatkan menjadi bahan alami untuk fortifikasi pangan agar dapat menambahkan nilai gizi yang baik pada makanan.

Fortifikasi pangan adalah proses penambahan mikronutrien (vitamin dan unsur renik esensial) pada makanan. Hal ini boleh jadi merupakan murni pilihan komersial untuk menyediakan nutrisi ekstra dalam makanan, sementara di saat yang sama terdapat kebijakan kesehatan masyarakat yang bertujuan mengurangi jumlah orang dengan gizi buruk dalam populasi .

Sumber: warstek.com