Apa saja manfaat dan keutamaan membaca Asmaul Husna ?

Asmaul Husna artinya nama-nama Allah yang indah, baik, agung dan mulia sesuai dengan sifat-sifat Nya. dalam artian perkata “Asma” berarti nama dan “husna” berarti yang baik atau yang indah, jadi asma’ul husna adalah nama nama milik Allah yang baik dan indah. Namun, apakah manfaat yang bisa kita peroleh dari membaca Asmaul Husna ?

Sebagai seorang muslim pasti kita telah mengetahui tentang asmaul husnah. Asmaul husna adalah 99 nama yang dimiliki Allah. Nama-nama inilah yang melambangkan dan memperlihatkan betapa besarnya kekuasaan Allah, hanya Allah lah tempat hambanya meminta,dan tiada Tuhan selain Allah. Asmaul husna ada agar kita mengetahui dan faham akan kekuasaan Allah. Ada banyak keajaiban dan keistimewaan dalam asmaul husna. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam surat Al-A’raaf ayat 7, yang berbunyi :

Dan milik Allahlah nama-nama indah, dan mohonlah kepadanya dengan menyebut nama-nama tersebut.”

Selain itu Rasulullah juga bersabda,

Allah mempunyai 99 nama, seratus kurang satu, barangsiapa yang memahaminya akan masuk surga” (HR Bukhari dan Muslim).

Dengan membaca dan memahaminya niscaya kita akan mendapatkan manfaat dan berkah dari bacaan tersebut, kita akan senantiasa akan mendapatkan kebaikan dan perlindungan Allah. Maka tak heran banyak orang-orang muslim yang setiap hari melantunkan nama-nama indah ini. Salah satu contohnya di madrasah-madrasah, setiap pagi sebelum masuk kelas mereka mengaji bersama dan melantunkan asmaul husna bersama. Hal ini sangat baik bagi peserta didik khususnya dan masyarakat umumnya. Itulah beberapa pengenalan tentang asmaul husna, berikut manfaat dari membaca asmaul husna

  1. Membuka Pintu Rezeki
  2. Menyembuhkan penyakit
  3. Mendapat keselamatan
  4. Mendapat ampunan
  5. Memperoleh kemudahan
  6. Memperoleh keturunan
  7. Menumbuhkan rasa percaya diri
  8. Mengendalikan nafsu
  9. Menjaga keharmonisan rumah tangga
  10. Mencerdaskan otak
  11. Terhindar dari sifat lupa
  12. Mendekatkan diri pada Allah
  13. Menjadi muslim yang sejati
  14. Memperkuat persatuan dan kesatuan
  15. Memperkuat keimanan seorang hamba

Sumber