Apa saja manfaat buah delima untuk kecantikan?

Sejumlah studi membuktikan buah delima memiliki banyak manfaat. Buah delima mengandung vitamin A, C, dan E yang memberikan tubuh asupan asam folat harian. Selain itu, buah delima juga merupakan sumber yang baik bagi antioksidan yang jumlahnya bahkan tiga kali lebih banyak daripada kandungan antioksidan dalam jeruk atau teh hijau.

Berikut manfaat dari kulit buah delima:

  1. Mencegah keriput
    Kulit delima memiliki zat yang dapat melindungi kulit wajah dari penuaan dini.
    Cara pemakaian: ambil 2 sendok makan bubuk kulit delima, tambahkan susu, aduk hingga menjadi pasta. Oleskan pada wajah dan biarkan hingga kering. Setelah itu, basuh muka dengan air hangat. Lakukan dua kali dalam seminggu.

  2. Sebagai pelembab alami
    Kulit delima dapat mengembalikan keseimbangan kadar pH pada kulit. Selain itu, kandungan asam ellagic-nya juga dapat mempertahankan kadar kelembaban alami kulit.
    Cara pemakaian: ambil bubuk kulit delima, campurkan dengan satu sendok yoghurt hingga berbentuk pasta. Oleskan pada wajah dan leher, diamkan 10 menit, setelahnya basuh muka dengan air dingin.

  3. Menghilangkan jerawat dan kulit kemerahan
    Kandungan antioksidan dalam kulit delima dapat melindungi wajah dari kulit. Selain itu, kandungannya juga dapat mengempiskan jerawat yang tumbuh di wajah.
    Cara pemakaian: ambil bubuk kulit delima, campur dengan air mawar atau sari lemon, tempelkan di wajah, terutama bagian yang berjerawat. Biarkan beberapa saat lalu basuh.

  4. Cegah ketombe dan rambut rontok
    Cara pemakaian: campur bubuk kulit delima dengan minyak rambut, oleskan pada akar rambut lalu pijat-pijat. Selanjutnya diamkan selama kurang lebih 2 jam, lalu keramas dengan sampo lembut.

  5. Sebagai tabir surya
    Cara pemakaian: campurkan bubuk kulit delima dengan krim kulit, oleskan ke bagian tubuh yang diinginkan, biarkan 20 menit sebelum keluar rumah.

  6. Sebagai scrub wajah
    Kulit delima juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati dari wajah.
    Cara pemakaian: campur satu sendok makan gula merah dengan dua sendok makan bubuk kulit delima, tambah satu sendok madu dan satu sendok minyak nabati, aduk sampai menjadi pasta. Gosok dengan lembut dan pijat pada kulit wajah. Diamkan sejenak, basuh dengan air mengalir, tambahkan toner.

Sumber: