Apa saja Manfaat Bawang Putih untuk Jerawat?

Manfaat Bawang Putih untuk Jerawat

Apa saja Manfaat Bawang Putih untuk Jerawat?

Setiap orang pasti menginginkan wajah yang mulus dan glowing. Berbagai macam cara akan dilakukan demi mendapatkan kulit wajah impian tersebut. Namun terkadang jerawat serta bekasnya seringkali muncul dan mengganggu penampilan. Agar wajah bisa kembali mulus seperti semula maka kamu perlu mengobati jerawat dan bekas jerawatmu supaya tidak semakin parah. Kamu bisa memilih pengobatan dengan perawatan medis, menggunakan produk yang banyak dijual di pasaran, atau dengan bahan-bahan alami, salah satunya adalah bawang putih.

Apakah bawang putih bisa menghilangkan jerawat dan bekasnya? Pertanyaan tersebut yang sering muncul dan membuat bingung. Banyak yang mengatakan bahwa bawang putih justru dapat membuat kulit menjadi iritasi dan menimbulkan rasa terbakar. Sebenarnya, bawang putih memang memiliki kandungan yang dapat membantu membasmi jerawat.

“Bawang putih memiliki antioksidan dan elemen anti-inflamasi, yang dapat membantu,” kata Doris Day, M.D., ahli kulit yang berbasis di New York, seperti dikutip dari Self.Bawang putih juga dapat membantu mempercepat kematangan dan penyembuhan jerawat. Selain itu, manfaat bawang putih bagi jerawat yang selanjutnya adalah untuk membunuh bakteri penyebab jerawat sehingga jerawat tidak akan menyebar semakin banyak. Berikut ini beberapa manfaat bawang putih bagi jerawat.

1. Mempercepat Kematangan Jerawat

Manfaat Bawang Putih untuk Jerawat\ 602x340

Manfaat bawang putih bagi jerawat yang pertama adalah untuk mempercepat kematangan jerawat. Bawang putih memiliki kandungan yang dapat membuat jerawat menjadi lebih cepat matang, sehingga bukan tidak mungkin jerawatmu akan mengempis dalam satu malam saja. Dengan begitu, wajah bisa kembali mulus seperti semula.

2. Membunuh Bakteri Jerawat

Manfaat Bawang Putih untuk Jerawat\ 602x339

Manfaat bawang putih bagi jerawat yang kedua adalah untuk membunuh bakteri jerawat. Bawang putih dikenal memiliki kandungan anti peradangan yang dapat mencegah bakteri jerawat menyebar. Jika bakteri-bakteri jerawat telah mati maka jerawat akan lebih cepat sembuh dan tidak akan menyebar.

3. Mempercepat Penyembuhan Jerawat

Manfaat Bawang Putih untuk Jerawat\ 602x339

Manfaat bawang putih bagi jerawat yang ketiga adalah untuk mempercepat penyembuhan jerawat. Seperti yang telah disebutkan di atas, bawang putih memiliki kandungan-kandungan yang dapat membantu proses penyembuhan jerawat sehingga jerawat akan sembuh dengan lebih cepat. Bawang memiliki kandungan aktif bernama allicin. Allicin mengandung antioksidan dan anti radang yang sangat baik untuk mempercepat pemulihan jerawat.

Walau demikian, manfaat bawang putih bagi jerawat masih banyak menimbulkan pro dan kontra. Hal ini karena bawang putih juga memiliki kekurangan dan efek sampingnya. Bawang putih dapat menimbulkan ruam kemerahan dan lecet pada kulit, terutama bagi pemilik kulit sensitif. Oleh karena itu, sebelum mencoba bawang putih untuk jerawat, kamu perlu mencari tahu secara jelas bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih yang tepat.

Manfaat bawang putih bagi jerawat dapat kamu dapatkan melalui pemakaian topikal secara langsung dengan menghaluskan bawang putih lalu mengaplikasikannya pada bagian yang berjerawat. Namun jika kamu merasa takut untuk melakukan hal ini, kamu juga bisa mendapatkan manfaat bawang putih bagi jerawat dengan cara mengonsumsi bawang putih mentah secara rutin setiap hari.

image

Bawang putih telah digunakan secara medis selama berabad-abad. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa bawang putih dapat bermanfaat untuk beberapa kondisi medis.

Bawang putih memiliki sifat antibakteri, terpercaya, anti jamur, antivirus, dan antiseptik dari allicin. Allicin membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Ini juga membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan, dan meningkatkan sirkulasi darah. Efek bermanfaat ini memungkinkan kulit menerima lebih banyak nutrisi. Bawang putih juga memiliki tiosulfinat, yang dapat bertindak sebagai antimikroba. Banyak yang percaya bahwa dengan penggunaan teratur, membersihkan kulit.

Bawang putih juga mengandung vitamin dan mineral lain yang dipercaya dapat memerangi jerawat, seperti vitamin C, vitamin B-6, selenium, tembaga, dan seng (digunakan untuk mengendalikan zat berminyak). Bawang putih juga telah terbukti menjadi sumber terpercaya untuk memiliki efek potensial pada beberapa kondisi medis seperti kanker, psoriasis, dan penyembuhan luka. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi. Khasiat ini dipercaya membantu mengurangi peradangan jerawat.

Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa bawang putih memiliki khasiat untuk menyembuhkan jerawat dan dapat membuat kulit wajah anda menjadi bersih. Kandungan paling utama dari bawang putih yang mampu menjadi obat jerawat ialah kandungan alicin. Alicin merupakan kandungan alami pada bawang putih yang memiliki sifat alami sebagai anti bakteri.

Dengan adanya alicin ini, maka bakteri yang menyebabkan jerawat pada wajah anda dapat dituntaskan dan lambat laun, wajah akan bebas dari jerawat. Lalu, bagaimana cara menghilangkan jerawat dengan memanfaatkan bawang putih ini? Berikut in adalah beberapa tips yang mungkin berguna bagi anda :

1. Mengiris dan menempelkan bawang putih ke daerah jerawat

Cara pertama yang paling mudah dan simpel dengan manfaat bawang putih untuk jerawat ialah dengan cara mengiris bawang putih. berikut ini langkah – langkahnya :

Iris dan potonglah 2 – 3 siung bawang putih

Ambil beberapa irisan atau potongan

Tempelkan dan gosokkan irisan bawang putih tersebut ke bagian wajah yang mengalami jerawat atau peradangan.

Diamkan selama 5 – 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih

Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari, hingga jerawat menghilang dan bersih.

2. Mencampur bawang putih dengan cuka dapur

Cara lainnya perawatan wajah berjerawat yang mungkin dapat anda lakukan ialah mencampurkan bawang putih dengan cuka dapur. Cuka dapur ini sudah pasti ada di dapur yang diperlukan untuk memasak sehari-hari. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah langkah – langkahnya :

Haluskan 2 – 3 siung bawang putih

Tambahkan cuka putih atau yang sering kita kenal dengan cuka dapur ½ sendok makan atau 1 sendok teh.

Oleskan campuran bawang putih dan cuk adapur tersebut ke bagian wajah yang mengalami jerawat

Tunggu hingga beberapa menit

Setelah mengering, bilaslah dengan menggunakan air bersih dan bila perlu menggunakan sabun muka

Lakukan kegiatan ini secara rutin setiap harinya.

3. Menambahkan bawang putih dengan madu dan yoghurt

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk memvariasikan pengobatan jerawat dengan menggunakan bawang putih ialah dengan menambahkan manfaat masker madu dan yoghurt. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

Haluskan 3 – 4 siung bawang putih

Tambahakan kira-kira satu sendok the madu dan 2 sendok the yoghurt ke dalam bawang putih yang sudah dihaluskan

Campur dan aduk hingga merata

Oleskan pada bagian wajah yang berjerawat

Tunggu hingga 30 menit, lalu seperti biasa, bilas dengan air bersih hingga bersih.

4. Menambahkan jeruk nipis dan minyak zaitun

Anda pasti sudah tau cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun dan cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis. Nah, apabila kedua bahan tersebut dicampur dengan bawang putih, maka efeknya sangat baik untuk mengobati jerawat yang anda alami. Bagaimana caranya? Berikut ini langkah – langkahnya :

Haluskan 2 – 3 siung bawang putih

Peras jeruk nipis dan tambahkan ku dalam bawang putih yang sudah dihaluskan, kira – kira 1 sendok teh

Tambahkan setengah sendok teh minyak zaitun

Campurkan dan aduk hingga merata

Oleskan ke bagian wajah yang mengalami jerawat, lalu tunggu hingga 30 an menit, setelah itu bilas hingga bersih

5. Canpuran bawang putih dengan putih telur

Masih dari bahan dapur, anda dapat mencampurkan manfaat bawang putih untuk jerawat ini dengan masker putih telur untuk menjadi obat jerawat alami. Kedua bahan ini memang memiliki manfaat alami untuk menghilangkan jerawat, jadi patut untuk dicoba. Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

Haluskan 2 – 3 siung bawang putih

Campurkan dan aduk rata bawang putih tersebut dengan putih telur

Oleskan pada bagian wajah yang berjerawat

Tunggu hingga 30 menit, lalu bilas hingga bersih dengan menggunakan air dan sabut khusus wajah

6. Menambahkan porsi bawang putih pada masakan

Meskipun mampu mengobati jerawat, namun demikian bawang putih memiliki sifat alami yang dapat menimbulkan iritasi pada kulit anda yang sensitif. Bagi anda yang memiliki tipe kulit sensitif, tidak dianjurkan untuk langsung mengoleskan bawang putih tanpa tambahan bahan tertentu ke bagian wajah yang berjerawat.

Cara lain yang lebih aman ialah menambahkan jumlah bawang putih pada masakan makanan penghilang jerawat ataupun dapat mengkonsumsi bawang putih tersebut langsung. Hal ini akan membantu bawang putih menyembuhkan dari dalam, meskipun tidak secepat ketika anda mengolesnya ke bagian jerawat.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan dalam manfaat bawang putih untuk jerawat sebagai obat alami. Daripada harus membuang banyak biaaya untuk menghubungi dokter wajah, anda dapat melakukan perawatan sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami yang dapat anda temukan dengan mudah di dapaur anda sendiri.