Apa saja Manfaat Air Garam Untuk Kecantikan?

kecantikan

Demi mendapatkan kulit mulus, wanita rela mengeluarkan uang baik untuk perawatan maupun untuk produk kecantikan. Kecantikan wajah wanita tak hanya melulu berasal dari produk-produk kosmetik yang mengandung bahan kimia di dalamnya saja, karena ternyata kecantikan wanita juga bisa didapatkan dari bahan-bahan alami.

  • Meredakan jerawat
    Air garam mampu memberikan manfaat untuk menghilangkan jerawat di wajah Anda. Hal ini disebabkan kandungan garam yang terdiri dari belerang dan potasium yang bermanfaat untuk menyeimbangkan air dalam kulit. Selain itu juga menyingkirkan kotoran untuk menghindari tumbuhnya jerawat.

  • Facial Steam
    Facial dengan air garam dapat membuka pori-pori di wajah Anda. Caranya pun sangat mudah, panaskan air garam disebuah panci lalu hadapkan muka Anda sembari menunduk ke arah panci tersebut sehingga uap air garam dapat menempel di wajah Anda. Selain itu, jika air garam sudah hangat celupkan handuk bersih ke air garam lalu tutuplah wajah Anda dengan handuk tersebut. Diamkan selama 10 menit lalu bilaslah dengan air dingin.

  • Relaksasi
    Tak hanya itu saja, air garam ternyata juga bermanfaat untuk meredakan rasa stres di dalam diri Anda. Sebelum tidur, usapkan wajah Anda dengan air garam lalu bilas dengan air dingin. Air garam tersebut dapat memberikan energi pada kulit sehingga kulit wajah menjadi lebih segar dan rasa stres pun menghilang.

  • Eksfoliasi kulit
    Pijat wajah Anda dengan air garam dan minyak zaitun. Proses ini dapat membuat kulit menjadi lebih lembut, bersinar, kenyal dan bersinar secara natural. Tak hanya itu saja, jika dilakukan secara berkala kedua bahan ini dapat menghilangkan kerut-kerut di wajah Anda.

  • Detoks
    Air garam juga dapat mendetoksifikasi segala sesuatu yang ada di wajah Anda. Basuh wajah dengan air garam lalu diamkan selama beberapa menit. Air garam tersebut bermanfaat untuk menghilangkan racun di wajah Anda, menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat wajah menjadi lebih segar.

  • Toner
    Tak perlu menggunakan toner dari produk kosmetik yang mengandung bahan kimia, karena ternyata air garam pun dapat menjadi toner alami untuk kulit wajah Anda. Salah satu manfaat air garam adalah mengurangi minyak berlebih di wajah. Dimana, minyak berlebih dapat menyebabkan timbulnya masalah kulit wajah seperti jerawat dan komedo.

Sumber

https://www.google.co.id/amp/s/m.liputan6.com/amp/2495025/kulit-wajah-mulus-berkat-air-garam-benarkah

1. Detoksifikasi Kulit

image

Garam dipercaya bisa melembapkan dan menghilangkan bakteri yang menutup pori-pori kulit. Untuk detoksifikasi kulit, kamu dapat melarutkan secangkir garam ke dalam bak mandi rumah. Setelah itu, kamu dapat menggunakan air yang sudah dilarutkan bersama garam tersebut untuk mandi.

Selain itu, kamu juga dapat merendamkan tubuhmu pada larutan garam untuk hasil yang optimal. Mandi garam selama setengah jam dapat mengeluarkan racun dalam tubuh.

2. Scrub Alami

image

Garam dipercaya dapat menghaluskan kulit. Jika kamu memiliki kulit yang kering, kamu bisa mencoba scrub dari garam.

Cara membuatnya pun mudah, kamu dapat mencampurkan garam dengan minyak wijen dan minyak esensial untuk memberikan aroma terapi yang menyejukkan. Setelah semua tercampur rata, kamu dapat melumurkannya pada seluruh tubuh.

3. Facial

image

Tekstur garam yang sedikit kasar bisa dimanfaatkan untuk mengelupas sel kulit mati wajah. Kamu dapat mencampurkan garam dengan minyak wajah atau face oil. Kemudian pijatkan campuran tersebut pada wajah dengan gerakan berputar. Setelah itu bilas dan bersihkan wajah.

4. Masker Wajah

image

Masker garam dapat mengurangi peradangan kulit, menyeimbangkan kadar minyak, dan mempercepat penyembuhan jerawat. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu melarutkan satu cangkir garam dengan air hangat, lalu tambahkan sedikit madu.

Setelah tercampur rata, kamu dapat mulai mengoleskan masker tersebut pada wajahmu. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah kering, bilas dengan air hangat.

5. Toner

image

Cara mudah untuk membuat toner alami dari garam adalah dengan mencampurkan garam dengan air hangat ke dalam botol spray. Setelah dikocok hingga tercampur dengan air, kamu dapat menyemprotkan larutan tersebut ke wajahmu. Kemudian tepuk-tepuk perlahan hingga mengering. Larutan garam tersebut juga bermanfaat menambah nutrisi bagi kulit.

6. Obat Jerawat

image

Garam memang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat yang bengkak. Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan seperempat sendok garam dengan air hangat. Setelah itu, rendam kapas dalam air campuran garam, kemudian tempelkan pada jerawat. Diamkan selama 1 menit, maka jerawat yang bengkak tadi akan berangsur-angsur hilang.

7. Memutihkan Kulit

7. Memutihkan Kulit

Garam juga merupakan agen pemutih alami yang bisa mengembalikan cahaya dan kesehatan sel-sel kulit. Caranya, buat pasta menggunakan garam dan air dengan perbandingan sekitar 2:1 dan terapkan pasta pada wajahmu. Diamkan selama sekitar 30 detik dan kemudian bilas wajah dengan air. Pada dasarnya garam mengandung natrium yang cukup tinggi. Pastikan untuk tidak menyimpannya terlalu lama, karena ini justru dapat membakar kulit.

1. Memperbaiki Kondisi Kulit

Kondisi kulit seperti eksema, psoriasis, dan bahkan kekeringan yang berlebihan, tidak nyaman, tidak menarik, dan berpotensi menyakitkan. Mencuci kulit Anda secara teratur dengan air garam dapat menghilangkan kondisi kulit ini dan membuat kulit Anda terasa lembut dan halus.

Garam laut termasuk mineral penyembuh vital seperti kalium, kalsium, dan magnesium. Ini juga menghisap racun dari kulit Anda untuk membersihkan berbagai kondisi kulit dengan mudah.

2. Menghilangkan Jerawat

Air garam secara alami menyerap bakteri di kulit Anda. Ini juga mengencangkan kulit Anda untuk mengurangi pori-pori Anda dan mengisap minyak penyumbat pori-pori dan racun dari kulit Anda untuk mengurangi berjerawat saat ini dan mencegah munculnya lebih banyak di masa depan.

3. Membuat rambut bergelombang

Ini adalah salah satu manfaat kecantikan air asin yang paling dicintai dan terkenal. Menyisir rambut Anda dengan kombinasi garam laut murni dan air dapat membantu Anda dengan mudah mencapai penampilan gelombang pantai yang didambakan hanya dengan beberapa percikan air garam dan beberapa jam waktu pengeringan udara.

Untuk membuat semprotan garam laut DIY sendiri, gabungkan garam laut murni dengan air dan sedikit minyak yang ramah rambut seperti minyak kelapa atau minyak argan. Campurkan bahan-bahan ini dalam botol semprot dan semprotkan secara merata ke rambut Anda saat Anda menginginkan tampilan bergelombang yang mudah. Pastikan untuk mengocok botol sebelum digunakan untuk menjaga distribusi semprotan bahkan pada rambut Anda.

4. Sebagai sampo

Air asin dapat digunakan sebagai sampo anti-berminyak bagi mereka yang memiliki kulit kepala sangat berminyak dan mendapatkan rambut berminyak dalam beberapa jam setelah mandi setiap hari.

Air garam sangat mengering dan, ketika digosok ke rambut Anda, itu menghilangkan minyak berat dari rambut Anda, menjadikannya halus dan bebas minyak sepanjang hari.

5. Memperbaiki rambut rusak

Air garam dapat menyembuhkan rambut Anda yang rusak dengan cepat untuk mengembalikannya ke nuansa alami dan sehat. Air asin menambah volume alami pada rambut Anda, yang dapat membantu mengatasi tampilan rambut yang lemas dan rusak. Ini juga melucuti rambut dan kulit kepala Anda dari penumpukan racun dari hairsprays kimia, mouse, gel, dan produk lain yang telah Anda gunakan di masa lalu, yang membantu rambut Anda merasa bebas dan diremajakan.

6. Toner Wajah

Toner wajah sering digunakan untuk mengecilkan pori-pori Anda, menghilangkan minyak dari kulit Anda, dan membuat kulit Anda terasa halus dan segar. Air asin melakukan semua ini, dan tidak memerlukan biaya lima belas hingga dua puluh dolar di toko kecantikan lokal Anda seperti yang dilakukan oleh banyak toner wajah kelas atas.

Untuk menggunakan air garam sebagai toner wajah, cukup tuangkan air garam murni ke dalam botol semprot. Setiap kali Anda mencuci wajah dan sebelum merias wajah sehari-hari, semprotkan wajah Anda dengan air garam agar terasa segar dan bebas minyak sepanjang hari.

7. Sebagai Exfoliant yang bagus

Garam adalah pengelupas alami yang sangat baik. Ini mengelupaskan sel-sel kulit mati, meremajakan kulit Anda, mencerahkan kulit Anda, mengencangkan kulit Anda, dan melembutkan kulit Anda untuk perasaan halus dan pulih secara keseluruhan.

Untuk membuat scrub garam sendiri di rumah, cukup campurkan garam laut murni dengan sedikit air untuk membentuk pasta yang lembab dan padat. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial wangi favorit Anda ke pasta ini jika diinginkan dan pijatkan ke kulit Anda selama beberapa menit di kamar mandi untuk mengembalikan rasa dan penampilan kulit Anda hingga terlihat dan terasa baru.