Apa saja makanan yang kurang baik untuk kelinci?

Kelinci

Ketika kita memelihara kelinci kita juga harus memperhatikan makanan apa yang baik untuk kelinci. Apa saja makanan yang kurang baik untuk kelinci?

Sebenarnya bukannya kelinci tidak boleh memakan makanan dibawah ini akan tetapi lebih baik dihindari karena dari beberapa pengalaman para peternak dan pecinta kelinci mengalami hal yang buruk pada kelincinya sehingga lebih baik untuk dihindari.

Diantara pakan yang harus dihindari untuk kelinci adalah :

1. Pakan yang mengandung banyak getah/air.

Sayuran seperti kol dan kubis terlalu banyak mengandung air, sehingga dapat berpengaruh pada urin dan fases kelinci. Kandungan serat-kasar pada kol juga terlalu tinggi, terlebih bagi kelinci yang masih dalam perkembangan. yang paling ditakutkan dalam kol adalah gas yang terkandung dalam kol, jika dikonsumsi kelinci kol bisa mengakibatkan kelinci menjadi kembung dan terkadang ada juga kelinci yang mati karena gejala ini. Ada beberapa peternak menyarankan untuk diangin-anginkan atau dikeringkan terlebih dahulu kurang lebih 6-8 jam.

2. Pakan yang teksturnya kasar/berduri

Pakan yang bertekstur kasar dan berduri di khawatirkan dapat melukai kelinci, baik melukai diluar badan kelinci atau bahkan melukai didalam tubuh keinci, misal peradangan didalam dan gangguan lambung. Maka dari itu hindarilah makanan yang seperti ini, dan ganti dengan makanan yang baik untuk kelinci. Contohnya rumput gajah.

3. Pakan yang terlalu manis

Seperti manusia kebanyakan gula (glukosa sukrosa) didalam tubuh itu tidak baik, dan juga akan merusak gigi kelinci.

Selain itu, contoh makanan yang tidak baik untuk Kelinci antara lain : Tanaman kopi dan teh (biji atau daunnya), Kol, Bit, Daun tomat, Sawi, Terong, Kacang polong, Kacang tanah, kenari, macadamia, Jagung, Bawang, Kacang hijau, Kentang, Rebung, Bayam dll

Sumber: https://www.hewanpeliharaan.org/kelinci/makanan-yang-tidak-baik-untuk-kelinci