Apa saja makanan yang dapat menurunkan gula darah ?


Orang yang mengidap diabetes tetap dapat hidup sehat dengan menjaga kondisi gula darah normal berkat mengontrol asupan makanan. Selain itu, menentukan jenis-jenis makanan yang dikonsumsi dengan tepat dapat mencegah dari lapar dan membuat merasa kenyang lebih lama. Apa saja makanan yang dapat menurunkan gula darah tersebut ?

Sebenarnya makanan penurun gula darah ada di sekitar kita. Misalnya, bawang putih, kayu manis, dan avokad. Cara kerja makanan-makanan ini dalam menurunkan gula darah pun berbeda-beda. Ada yang bersifat menurunkan resistensi insulin, meningkatkan jumlah insulin, dan ada yang langsung mengurangi kadar gula darah saat puasa.

Makanan yang Dapat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah
Ada beberapa makanan penurun gula darah yang dapat Anda konsumsi sebagai upaya mengurangi kadar gula. Makanan-makanan tersebut adalah:

  • Ceri

Buah ceri kaya akan zat anthocyanin. Hal ini juga berhubungan dengan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Jika sensitivitas tubuh terhadap insulin menurun, hormon tersebut tidak dapat bekerja dengan baik dalam mengontrol gula darah. Penelitian telah membuktikan bahwa wanita yang rutin mengonsumsi anthocyanin, tingkat sensitivitas tubuh terhadap insulin menjadi lebih tinggi.

  • Avokad

Manfaat avokad bisa menjadi salah satu pilihan makanan penurun gula darah. Buah yang satu ini dapat menurunkan risiko sindrom metabolik, kumpulan beberapa beberapa penyakit di mana salah satunya adalah diabetes. Hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian. Satu hal lagi, jika Anda berencana menurunkan kadar gula dalam darah, jangan lupakan asam lemak tak jenuh tunggal yang terkandung dalam banyak makanan termasuk avokad.

Kombinasi makanan berjenis karbohidrat dengan asam lemak tak jenuh tunggal dapat membantu memperbaiki kadar gula dalam darah serta meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Sebab, sensitivitas tubuh terhadap insulin yang menurun adalah salah satu tanda-tanda menuju diabetes.

  • Cuka sari apel

Konsumsilah cuka sari apel yang sudah dicampur dengan air sebelum makan. Manfaatnya dapat membantu mengurangi lonjakan gula darah setelah mengonsumi makanan yang mengandung tepung bagi para penderita pradiabetes dan diabetes tipe 2. Penelitian juga sudah membuktikan bahwa minum cuka sari apel yang dicampur air dapat membantu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap hormon insulin.

  • Blueberry

Manfaat blueberry sangat banyak, di antaranya adalah sumber anthocyanin, serat larut, serta berbagai nutrisi lain yang penting bagi penderita obesitas yang sudah terindikasi mengalami pradiabetes. Penelitian juga sudah membuktikan bahwa penderita pradiabetes yang mengonsumsi blueberry smoothie satu hari sekali selama enam minggu berhasil menunjukkan perbaikan kondisi, yaitu meningkatnya kepekaan tubuh terhadap insulin.

Sumber : Makanan penurun gula darah