Apa saja makanan yang baik untuk pertumbuhan gigi?

Makanan sehat untuk gigi

Banyak makanan yang dikhususkan untuk memperlancar pertumbuhan gigi, yaitu salah satunya adalah makanan yang mengandung kalsium seperti susu. Lalu apa saja makanan yang baik untuk pertumbuhan gigi selain susu?

Gigi dan gusi adalah bagian dari tubuh, seperti bagian yang lain, butuh nutrisi untuk befungsi secara benar. Nutrisi yang spesifik sangat bermanfaat untuk beberapa bagian tubuh yang berbeda.

Makanan yang kaya akan kalsium dan fosfor
Enamel gigi adalah mineral. Beberapa makanan dan minuman asam mungkin dapat menyebabkan pengikisan enamel, jadi untuk membuat gigi anda kuat lagi anda perlu untuk menambahkan mineral lagi. Dan mencoba untuk mengembalikan apa yang telah hilang. Pahlawan utamanya adalah kalsium dan fosfor. Ini adalah zat yang akan membangun dinding enamel dan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalsium dan fosfor adalah suatu kebutuhan jika anda ingin menjaga gigi anda untuk tetap kuat dan sehat.

  • Sumber kalsium terbaik : yougurt, keju, makanan laut, susu (rendah lemak), tahu dan kacang almonds
  • Sumber fosfor terbaik : biji labu kuning, ikan, kacang brazil, daging merah, telur, tahu dan kaldu

Makanan yang keras, makanan renyah yang tinggi kandungan air
Makanan yang Keras, makanan renyah yang mengandung banyak air sangat banyak gunanya untuk gigi anda. Pertama mengunyah menghasilkan banyak liur yang menjadi penetral alami terbaik dari bakteri yang menyebabkan lubang. Kedua, tekstur dari makanan ini juga membuat mereka berfungsi sebagai abrasive alami, sehingga mereka dengan alami menggosok dan membersihkan permukaan gigi, membuang plak dan sisa makanan. Makanan ini berupa buah dan sayuran mentah. Jadi, bukan alasan untuk mengunyah keripik dan biscuit.

  • Pilihan terbaik : seledri, apel, mentimun, dan wortel

Makanan yang kaya akan vitamin D
Vitamin D sangat penting untuk kesehatan secara menyeluruh, tapi ini sangat penting jika anda ingin gigi yang sehat. Alasan utamanya adalah membantu tubuh untuk menyerap kalsium dengan lebih baik

  • Sumber terbaik : cahaya matahari (anda tidak dapat memakannya, tapi itu tetaplah sumber vitamin D alami yang terbaik), ikan, kuning telur, dan minyak ikan kod

Makanan yang kaya akan vitamin C
Vitamin C adalah kekuatan! Vitamin C dapat menguatkan sel darah dan mengurangi peradangan yang akan membantu gusi anda lebih sehat. Vitamin C juga dibutuhkan untuk menghasilkan kolagen, kunci protein yang akan membantu anda untuk melawan penyakit periodontal. Tanpa vitamin C gusi anda akan menjadi sensitive dan lebih rentan terhadap bakteri yang menyebabkan penyakit periodontal.

  • Sumber terbaik : paprika, jeruk, kiwi, strawberry, brokoli dan kubis

Makanan yang kaya antioksidan
Ketika datang pertanyaan tentang manfaatnya bagi kesehatan, antioksidan hampir memiliki status seperti selebriti. Bagaimana cara mereka menjga mulut anda tetap sehat? Antioksidan melawan bakteri yang menyebabkan radang dan penyakit periodontal. Mereka membantu untuk melindungi gusi dan jaringan lain dari kerusakan gigi dan infeksi bakteri.

  • Sumber terbaik : apel, berry, anggur, kismis, kacang dan kedelai.

Makanan yang mengandung probiotik
Ketika datang bakteri dalam tubuh anda, ada miliaran bakteri baik dan bakteri jahat. Probiotik adalah salah satu yang terbaik. Penelitian lebih lanjut dibutuhkan disini, tapi sudah ada beberapa bukti bahwa probiotik membantu mengurangi plak dan mendorong kesehatan gigi.

  • Sumber terbaik : yougurt, kombucha, kol parut, miso dan makanan fermentasi lainnya.

Makanan yang kaya akan antosianin, arginine dan polyphenol
Ada banyak zat lain yang mungkin bermanfaat bagi kesehatan mulut. Penelitian lebih lanjut dibutuhkan, tapi beberapa dari kandidat yang menjanjikan adalah antosianin (yang dapat mencegah penempelan plak pada gigi dan melawan kanker mulut), arginine (asam amino yang penting yang mampu mengganggu pembentukan plak, mengurangi terbentuknya lubang gigi) dan polifenol (yang memperlambat pertumbuhan plak, mencegah penyakit gusi, lubang gigi dan bau mulut)

  • Sumber terbaik antosianin : beri, anggur, ceri, plum dan terung
  • Sumber terbaik arginine : daging, kedelai, kacang
  • Sumber terbaik polyphenol : the (hitam dan hijau), beri, biji flax dan cocoa