Apa saja makanan yang baik untuk kura-kura ?

Kura kura termasuk hewan peliharaan omnivora, apakah semua jenis makanan bisa dimakan karena ada juga yang membahayakan . Terus apa saja makanan yang cocok dan bernutrisi bagi kura kura ?

Makanan yang cocok dan bernutrisi bagi kura-kura antara lain :

1. Aneka Sayuran

Salah satu jenis makanan yang sangat bagus disuguhkan untuk kura-kura adalah berbagai jenis sayuran. Sayuran memiliki banyak kandungan zat gizi yang sangat bagus bagi pertumbuhan kura kura.Jika memungkinkan, berikan aneka sayuran yang memiliki banyak unsur kalsium guna mempertahankan kesehatan karapas kura-kura. Beberapa sayuran itu misalnya ialah wortel, selada, kubis, kol, dan lainnya.

Hal terpenting ialah pastikan bahwa sayuran itu dicuci bersih sebelum diberikan supaya pencernaan kura-kura tidak bermasalah. Umumnya kura-kura gampang menderita mencret jika makanannya tak bersih.

2. Aneka Buah

Biarpun kura-kura menggemari sayuran, namun Anda tidak disarankan untuk memberikan makan sayuran tiap hari. Selingi juga dengan jenis makanan lain seperti buah-buahan segar.

Ada bermacam buah yang boleh diberikan sebagai makanan bagi kura kura. Contohnya saja pepaya, apel, mangga ataupun buah lain yang mempunyai rasa manis serta dengan daging lunak supaya gampang dikonsumsi kura-kura.

3. Pelet

Pakan alami sangat bagus untuk kura-kura Anda, akan tetapi ada baiknya Anda pun menyediakan makanan tambahan seperti pelet.

Di samping untuk variasi makanan, pelet umumnya diproduksi dengan sejumlah macam zat gizi yang sangat bermanfaat untuk kura kura. Pelet pun tidak ubahnya merupakan suplemen penambah gizi.

4. Daging hewan

Demi melengkapi gizi bagi kura-kura, Anda pun boleh menyediakan makanan berupa hewan hewan kecil. Coba untuk memberikan keong atau siput dimana dagingnya dipotong kecil kecil lebih dulu.

Boleh juga anda memberikan udang, cacing maupun daging ikan. Pastikan daging hewan itu sudah dicuci lebih dulu dan lunak.

Jika anda mempunyai kura-kura, maka rawatlah dengan baik, semisal pemberian pakan yang dianjurkan. Untuk perawatan setiap jenis kura kura biasanya hampir sama, begitu juga menu makananya. Namun, apakah anda sudah tahu menu makanan untuk kura kura, dan menu yang dilarang untuk kura kura ?

Makanan Kura-Kura Yang Sehat

1. Sayuran

Untuk kategori sayuran anda dapat memilih diantara daftar berikut : Wortel, Sawi, Labu Putih, Labu Kuning, Labu Manisah, Kangkung, Daun Semangi, Buncis, Kacang panjang, Taoge, Mentimun, dn Kailan. Intinya semua bahan makanan yang berjenis sayuran sehat dapat diberikan untuk kura kura. Pemberian sayur ini sangat berguna untuk memenuhi vitamin, gizi dan nutrisi penting untuk kura kura.

2. Buah Buahan

Selain Sayur, buah juga perlu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kura kura. Pemberian buah dapat seperti : Melon, Semangka, Pisang, Apel, Jeruk, Anggur dan masih banyak lagi. Pembeian buah ini hanya sebagai sampingan saja tidak makanan pokok.

3. Daging

Kebutuhan makanan kura kura yang lain ialah daging. Yang dimaksut daging dapat berupa : Cacing, Ulat, Udang, Ayam, Ikan dan masih banyak lagi. Anda juga bisa memberi pakan yang berbau seperti ikan, contohnya pakan kucing.

Menu Makanan Berbahaya Untuk Kura Kua

  • Fermentasi Susu, Yogurt, Keju jenis apa saja
  • Makann Kalengan
  • Makanan yang mengandung gula berlebih, contoh Coklat, permen
  • Buah Alpukat

Untuk waktu pemberian pakannya dapat anda beri pakan sampingan seperti sayuran segar tiap hari, lebih baik sayur ditaruh kulkas. Pemberian Pakan bisa dilakukan pagi hari atau siang hari, tergantung karakter kura kura. Jangan lupa, jika mulut kura kura tak mampu menelan sayuran karena mulutnya masih kecil, anda dapat memberi dengan potong sayur terlebih dahulu biar lebih mudah saat menelan.