Apa saja makanan yang baik untuk kesehatan gigi?

Apa yang kita makan sangat berpengaruh terhadap kesehatan gigi. Apa saja makanan yang baik untuk kesehatan gigi?

Beberapa makanan yang baik untuk kesehatan gigi antara lain :

1. Keju

Penelitian yang dipublikasikan Journal of General Dentistry awal tahun 2015 melaporkan, anak-anak berusia 12 -15 tahun yang suka makan keju cheddar, akan memiliki kadar asam lebih rendah di mulut mereka daripada mereka yang tidak suka makan keju. Setelah mereka memakan keju, mereka akan minum air, ibaratnya seperti membilas.

Kadar asam di tingkat mulut mereka sebelum dan setelah minum air diukur. Sekitar 10-30 menit sehabis minum, nyatanya kadar asam pada pada mulut akan menurun dan dapat menetralkan asam plak gigi, Dengan begitu, hanya dengan makan keju, Anda bisa turut menjaga kesehatan dan merawat gigi secara tidak langsung.

2. Kismis

Salah satu jenis makanan untuk kesehatan gigi yang satu ini, selain sehat, nyatanya mudah untuk ditemui. Ya, kismis, terbuat dari anggur pilihan yang dikeringkan tanpa kandungan gula sukrosa di dalamnya. Mengapa bagus? Pasalnya, makanan yang mengandung gula, dapat membantu bakteri menempel pada permukaan email gigi. Selain itu, kismis merupakan salah satu makanan sumber fitokimia yang ampuh membunuh bakteri yang akan menyebabkan plak serta lubang di gigi.

3. Buah atau sayuran segar yang mudah dikunyah

Tahukah Anda, kalau mengunyah bisa membersihkan gigi? Ya, sebuah penelitian menyatakan, mengunyah nyatanya bisa menyapu plak gigi yang menempel karena gerakannya yang membuat seluruh rongga mulut dan gigi bergerak. Selain itu, mengunyah dikatakan sebagai gerakan untuk membersihkan gigi Anda dari makanan-makanan yang terselip atau tersisa di sela-sela gigi dan gusi. Contoh buah dan sayuran yang bagus untuk dikunyah antara lain, wortel mentah, timun, dan apel.

4. Makanan kaya kalsium

Menurut American Dental Association, gigi merupakan salah satu anggota tubuh yang terbuat dari kalsium, fosfor, dan mineral lainnya, hampir sama dengan kandungan pada tulang di dalam tubuh. Nah, untuk memperkuat gigi, Anda bisa memperolehnya dari makanan atau minuman kaya kalsium. Contohnya, ada keju, kacang almond, sayuran hijau, dan bahkan susu rendah lemak.

Bila ingin memperkuat gigi, hindari makanan dan minuman asam yang bisa menyebabkan lesi atau lubang kecil pada gigi. Selain baik untuk gigi, makanan dan minuman berkalsium tinggi juga baik untuk tulang rahang yang kuat.

5. Buah cranberry

Journal of Karies Research menyatakan, buah cranberry punya kandungan polifenol yang bagus untuk mencegah terjadinya plak pada gigi manusia. Selain itu, makanan untuk kesehatan gigi yang satu ini juga bisa menurunkan risiko gigi berlubang jika dikonsumsi dengan takaran yang pas. Perhari, disarankan untuk mengonsumsi 40-50 gram buah cranberry.

Ada yang harus diperhatikan. Mengingat buah cranberry rasanya sangat asam, jangan memakan buah ini dengan tambahan gula. Hal itu tentu saja akan menurunkan efektivitas buah cranberry sebagai salah satu makanan untuk kesehatan gigi.

Berikut ini makanan yang beramanfaat untuk kesehatan gigi.

  1. Teh hijau

    Kesehatan gigi sangat penting untuk dijaga, apalagi dimasa yang masih muda, tentu untuk melakukan fun funan pasti akan membutuhkan gigi untuk makan, kerana dimasa remaja kebanyakan yang dilakukan adalah hangout dimana setiap hangout pasti akan makan juga. Jadi untuk mengatasi hal tersebut, ketika sedang melaksanakan hangout dan makan-makan jangan lupa memasan teh hijau, jadi selain hangout mendapat kesenangan juga akan mendapatkan kesehatan karena mengkonsumsi teh hijau. Teh hijau pada dasarnya mengandung banyak antioksidan yang baik untuk menjaga kesehtan gigi, sehingga gigi akan tetap kuat.

  2. Stroberi

    Rasa kecut atau masam pada stroberry terkadang malah membat gigi menjadi nglu, meskipun pada dasarnya vitamin C yang ada pada stroberry ini memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan gigi. Karena mengandung zat yang dapat membantu memproduksi kolagen sehingga mulut akan tetap sehat. Tak hanya mulut gigipuna kan ikut sehat dengan mengkonsumsi stroberry, stroberry ini bisa dikonsumsi 1 kali sehari saja, jangan terlalu banyak. Atau 2 kali sehari, asal jangan terlalu banyak, karena bagi yang memiliki sakit lambung akan berbahaya. Karena dapat menyebabkan lambungnya kumat kembali.

  3. Kiwi

    Penyebab gigi ngilu dan sakit salah satunya adalah karena kurang buah-buahan atau asupan vitamin dan nutrisi serta kalsium pada gigi, maka gigi merasakan ngilu dan sakit. Namun akan beda halnya jika mengkonsumsi buah kiwi secara rutin, karena buah kiwi memiliki manfaat untuk menjaga dan memperkuat gigi untuk melaksanakan fungsinya seperti menghancurkan makanan yang akan dicerna nantinya. Bagi warga desa pasti sudah tidak asing lagi dengan buah kiwi, karena buah kiwi sangat mudah didapatkan di desa-desa.

  4. Jambu biji

    Selain kaya vitamin c dan baik untuk kesehatan tubuh terutama pada kekebalan tubuh manusia, ternyata buah jambu biji ini juga memiliki dampak yang baik untuk kesehatan gigi pula. Karena kekebalan yang diberikan dari jambu biji ini tidak hanya kekebalan tubuh saja, melainkan juga kekebalan pada tulang dan gigi. Pada dasarnya pula tulang dan gigi juga membutuhkan vitamin c yang banya untuk membantu proses pembentukan kolagen pada gigi

  5. Blackcurrant

    Blackcurran memiliki kandungan vitamin c 200mg/68g yang dapat dibilang ini cukup banyak mengandung vitamin c dan itu artinya blaccurant juga baiik untk kesehatan gigi. Sehingga gigi tetap tampak kuat dan sehat serta bersih. Meskipun sejatinya menjaga kebersihan gigi tidak hanya dari bua-buahan saja tetapi juga dengan menjaga dan mengatur pola makan.

Sumber: https://halosehat.com/makanan/makanan-sehat/makanan-yang-baik-untuk-gigi

Menyikat gigi secara rutin dan membersihkan gigi dengan benang membantu menjaga kesehatan gigi dengan membersihkan gula dan partikel makanan yang bersatu dengan bakteri membentuk plak. Plak ini memproduksi asam yang merusak email gigi, menyebabkan lubang di gigi dan maslaah gusi.

Kini, riset yang sedang dilakukan menemukan sejumlah makanan yang baik untuk gigi. Menurut Christine Wu, peneliti yang juga dokter gigi di University of Illinois di Chicago, seperti dikutip situs livescience edisi 21 Oktober 2013, ada delapan makanan yang baik untuk kesehatan gigi.

  1. Teh: komponen yang disebut polyphenols ditemukan dalam teh hitam dan teh hijau, bisa memperlambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang dan penyakit gusi. Para peneliti dari University of Illinois menemukan bahwa mereka yang membersihkan mulut dengan teh hitam selama satu menit sebanyak 10 kali sehari, mempunyai plak yang lebih sedikit dibandingkan mereka yang membersihkan mulutnya dengan air.

  2. Keju : penelitian yang dipublikasikan di jurnal General Dentistry pada awal tahun ini melaporkan bahwa anak-anak yang berusia 12 hingga 15 tahun yang mengkonsumsi keju cheddar mempunyai level asam yang lebih rendah di mulut mereka dibandingkan mereka yang mengkonsumsi yoghurt bebas gula atau mengkonsumsi segelas susu. Keju bisa menetralisir asam plak, kata Wu.

  3. Kismis : manis secara alami, kismis tidak mengandung sukrosa atau gula meja. Gula membantu bakteri untuk menempel pada permukaan gigi dan membuat mereka memproduksi plak, ungkap Wu. Kismis juga merupakan sumber phytochemicals yang membantu membunuh bakteri yang melubangi gigi. Sebagian komponen dalam kismis juga mempengaruhi pertumbuhan bakteri yang ada kaitannya dengan penyakit gusi.

  4. Makanan renyah: Perlu kesungguhan untuk mengunyah makanan seperti wortel, apel dan timun, tetapi hal tersebut tidaklah sia-sia. Mengunyah mereka sama dengan mengganggu plak gigi dan berfungsi sebagai mekanisme pembersih gigi sehingga bakteri akan lenyap.

  5. Makanan kaya vitamin : Makanan yang mengandung kalsium seperti keju, almond dan daun-daunan hijau, serta makanan yang kaya fosfor seperti daging, telur dan ikan, bisa menjaga kesehatan email gigi sehingga tetap kuat dan sehat, demikian diungkapkan American Dental Association.

  6. Permen karet tanpa gula : Mengunyah permen karet setelah makan bisa meningkatkan sekresi air ludah dan membersihkan sejumlah bakteri. Kata kuncinya adalah ‘tanpa gula’. Menurut Wu, bakteri bergantung pada sukrosa untuk memproduksi plak.

  7. Susu: dalam penelitian yang dipublikasikan di Journal of the American Dental Association Juli silam, Wu dan timnya menemukan bahwa mengkonsumsi segelas susu bisa menurunkan level asam di mulut dibandingkan dengan mengkonsumsi air biasa atau jus apel.

  8. Kranberi : Kranberi yang mengandung polyphenols (seperti teh) menjauhkan plak sehingga tak menempel di gigi serta menurunkan risiko gigi berlubang, ungkap hasil riset yang dipublikasikan di jurnal Caries Research. Hanya saja, kebanyakan buah-buahan rasanya asam sehingga produk kranberi diberi gula tambahan yang kemungkinan justru mempengaruhi manfaat yang seharusnya diperoleh gigi, kata Wu.

Salah satu makanan yang baik untuk kesehatan gigi adalah Buah Apel. Beberapa manfaat dari buah apel untuk kesehatan gigi antara lain :

Memutihkan Gigi secara Alami

Manfaat apel yang paling populer untuk gigi anda adalah khasiat apel untuk memutihkan gigi secara alami. Gigi diketahui mudah sekali berubah warna, menjadi kuning bahkan menghitam. Ada kandungan dalam apel yang bisa bermanfaat untuk memutihkan gigi anda. Kandungan tersebut adalah vitamin C. Apel memiliki kandungan vitamin yang tinggi. Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, tidak hanya kulit yang dapat menjadi putih tetapi juga gigi ikut memutih. Atau dengan kata lain apel sekaligus menjadi cara mencegah gigi kuning.

Menguatkan Gigi

Manfaat apel selanjutnya yaitu menguatkan gigi anda. Gigi anda yang terjaga dengan baik memang tidak mudah untuk dimiliki. Terlebih lagi, jika anda lengah dalam menjaga kebersihannya. Anda sebaiknya menggunakan manfaat apel untuk mengembalikan kekuatan gigi. Gigi akan kembali kuat karena adanya kandungan nutrisi seperti mineral dan vitamin di dalam apel yang anda konsumsi tersebut.

Menghilangkan Plak di Gigi

Tahukah anda bahwa apel pun bisa anda gunakan sebagai bahan alami untuk cara menghilangkan plak pada gigi? Plak gigi adalah hasil pembusukan sisa kotoran makanan yang menempel dan tidak dibersihkan. Pengaruh dari plak gigi ini akan sangat banyak merusak kesehatan gigi anda. Ternyata karena apel kaya akan vitamin dan antioksidan, pembersihkan plak gigi ini akan lebih mudah dilakukan. Kunyahlah apel dengan sering dan kandungan dalam apel akan membantu mengangkat plak dari gigi anda.

sumber: https://halogigi.com