Apa saja makanan yang anti-inflamasi?

Inflamasi adalah fenomena di mana respon kekebalan tubuh untuk sel-sel sehat rusak. Jerawat adalah salah satu akibat dari inflamasi kulit. Ada bahan kimia yang mampu mengurangi peradangan, disebut anti-inflamasi. Namun ternyata, kita juga dapat mencegah inflamasi melalui makanan.

image

  • Jamur Shiitake, makanan anti inflamasi pertama yang punya kemampuan menyembuhkan masalah perut dan antioksidan baik bagi tubuh.
  • Salmon, ikan yang memberi nutrisi kolesterol baik sekaligus meredakan inflamasi dan menyembuhkan inflamasi.
  • Brokoli, sayuran hijau yang sering disebut sebagai superfood, sebab mampu memerangi kanker, menjaga kesehatan otot, dan menurunkan inflamasi.
  • Kunyit, sering dipakai menjadi obat tradisional karena sifatnya yang merupakan antiseptik alami dan anti inflamasi.
  • Blueberry, buah yang kaya akan vitamin C, antioksidan, dan meredakan inflamasi pada tubuh.
  • Ubi jalar atau ketela rambat, cocok dikonsumsi terutama bagi pria yang sistem kekebalan tubuhnya cukup rendah. Selain murah dan mudah didapat, ubi jalar punya sifat anti inflamasi.
  • Pepaya, sebaiknya dinikmati ketika masalah pencernaan terganggu, sebab buah tersebut memang punya khasiat meredakan dan menyembuhkan inflamasi dalam perut.
  • Teh hijau, bukan cuma minuman biasa, pasalnya antioksidan dalam teh hijau sudah sering disebutkan memiliki banyak khasiat kesehatan, salah satunya meredakan inflamasi.
  • Minyak zaitun, sebaiknya digunakan sebagai bahan menggoreng karena khasiatnya yang mampu memerangi kanker dan mengatasi inflamasi secara alami dari dalam tubuh.
  • Rumput laut, anti inflamasi terakhir yang sudah mulai banyak ditemukan di pasaran sebagai salah satu bahan makanan yang menyehatkan.

Sumber: