Apa saja makanan untuk pelihara burung walet?

Apa saja makanan untuk pelihara burung walet?
image

nilah bahan-bahan pembuat pakan walet alami yang Beberapa peternak ada yang mengolah dengan bahan

‌PERTAMA :
tepung tapioka, kedelai, mie instan kadaluarsa, bahan pengurang bau, air secukup. Semua bahan dihaluskan dicampur direbus mendidih dng suhu panas tertentu dan di dinginkan ditempat nampan/baskom dibiarkan beberapa bulan sampai mengeluarkan ulat dan menjadi kepompong, proses ini begitu rumit panjang dan melelahkan ini sagat cocok buat pabrikkan besar yg mengolah pakan serangga mati dan dibekukan di dalam prezeer/kulakas, menjadikan pakan pelet siap saji, biasanya pakan ini di peruntukan bayi walet atau piyik.

‌KE DUA :
Nasi basi juga sampah sayuran biasa diperoleh di warung/restoran yang nantinya juga akan menghasilkan ulat dan serangga. Caranya sediakan sisa makanan dan sayur masukan ketempat ember bekas cat dan taruhlah di dalam Rbw tunggulah beberapa minggu akan ada serangga yg muncul di sisa makanan basi itu. Hanya saja cara ini kita yang masuk ke Rbw jadi muntah karena mencium bau tak sedap.

‌KETIGA :
Menghamparkan singkong, tepung tapioka, kacang-kacangan di lantai rumah burung walet.
Anda bisa juga memulai dengan menebarkan jerami pada lantai rbw lalu kemudian percikan air pada jerami, dan biarkan jeraminya membusuk dan serangga akan bermunculan.

KE EMPAT :
Cara ini cukup sederhana yaitu dengan mempersiapkan bahan pembuatan pakan yang bisa anda temui disekitar anda. Dengan memanfaatkan limbah atau kulit buah yang terbuang yang kita kumpulkan yang nantinya akan membusuk dan mengeluarkan serangga. Bisa itu kulit rambutan, kulit nangka, kulit mangga, buah pepaya, buah jeruk dan buah-buahan lainnya namun hindari buah yang baunya sangat menyengat seperti durian, sebab burung walet tidak suka. Anda boleh praktekkan dirumah Rbw anda masing-masing dan jangan di Rbw orang ya hehehe…

Namun semua cara yang dijelaskan diatas kurang efektif dan mulai ditinggalkan peternak walet sebab terlalu merepotkan peternak. Selain itu bahan yang dihamparkan juga akan mengotori rumah walet dan menimbulkan bau akibat pembusukan. Lantas bagaimana caranya agar kita bisa membuat pakan burung yang simple, cepat, tidak berbau, tidak meninggalkan sampah bacalah disini. Saya hanya bisa menyarankan kepada anda.

sumber:http://www.tokopakanwalet.com/2017/07/26/tips-4-cara-membuat-makanan-burung-walet-sendiri-yang-biasa-di-gunakan-peternak/