Apa saja makanan manis paling sehat untuk takjil berbuka Puasa ?

“Berbukalah dengan yang manis” bagi kaum muslim ini merupakan anjuran atau sunah dalam membatalkan atau berbuka puasa, lalu Apa saja Makanan Manis Paling Sehat untuk Takjil Berbuka Puasa ?

Meski secara harfiah memilki arti “menyegerakan” dalam berbuka puasa, takjil di Indonesia lebih identik dengan makanan yang digunakan untuk membatalkan puasa. Lebih spesifik lagi, makanan manis yang dihidangkan sebagai pembuka sebelum memulai makanan utama. Kolak, sup buah, dan bubur kacang hijau merupakan jenis-jenis takjil yang biasa Anda kenal.

Nah, kira-kira apa saja menu takjil yang bisa Anda santap, yang bukan hanya lezat tapi juga punya banyak manfaat bagi kesehatan?

Kolak
Panganan manis ini laris menjadi hidangan takjil saat berbuka puasa. Isinya bisa berbagai macam mulai dari ubi, pisang, biji salak, singkong, labu, dan lain-lain. Bahan-bahan ini kemudian dimasak bersama dengan gula merah dan santan.

Bubur kacang hijau
Kacang hijau kaya akan mineral. Mangan, potasium, magnesium, folat, zinc, merupakan jenis-jenis mineral yang terdapat dalam jenis kacang yang dikenal pertama kali di India sebagai salah satu bahan baku untuk pengobatan tradisional.

Es blewah
Minuman segar merupakan salah satu menu wajib untuk berbuka puasa. Blewah merupakan salah satu buah yang populer saat bulan Ramadan untuk dijadikan takjil berbuka puasa. Selain rasanya yang manis, kadar airnya yang tinggi dapat membantu mengurangi dehidrasi setelah berpuasa. Kandungan antioksidan dalam blewah yang dikenal sebagai zeaxanthin berperan dalam menjaga kesehatan mata.

Sumber : Makanan manis untuk takjil