Apa saja makanan larva lele ?

budidaya ikan lele

Dalam budidaya ikan lele, salah satu permasalahannya adalah pemberian pakan pada saat larva. Pilihan yang tersedia sangat terbatas, beda apabila ikan lele sudah dapat diber pakan pelet. Apa saja makanan larva lele ?

Pakan larva lele yang mudah dijumpai di sekitar kita adalah.

Cacing Sutra

Cacing sutra adalah pakan umum untuk larva ikan yang baru menetas. Cacing sutra berukuran kecil seperti rambut halus, berwarna merah dan menggerombol di perairan dangkal. Cacing ini biasa hidup pada perairan yang tercemar limbah rumah tangga (got dan sungai kecil).

Kutu Air

Kutu air (Daphnia sp.) adalah crustacea (udang-udangan) kecil yang banyak ditemukan di air yang kaya materi organik. Mereka nampak seperti kutu yang bergerak-gerak di dalam air sehingga diberi nama kutu air. Kutu air mudah ditemukan di sawah-sawah padi dan dapat dibudidayakan dengan mudah di kolam rumahan. Makanan kutu air adalah alga dan zooplankton, apabila dibudidayakan, kutu air cukup diberi pakan dengan air yang berwarna hijau.

Kuning Telur

Apabila anda kesulitan menemukan cacing sutra atau kutu air, anda dapat menggunakan kuning telur rebus sebagai pakan larva (walaupun kurang ekonomis karena harganya). Kuning telur yang direbus dihancurkan, dicampur air kemudian ditaburkan pada kolam larva ikan. Kandungan lemak yang tinggi pada kuning telur menyebabkan pertumbuhan lele tidak sebaik apabila diberi pakan cacing sutra atau kutu air.

Sumber: