Apa saja makanan ikan oscar agar ikan cepat besar ?

Ikan oscar

Ikan oscar (Astronotus ocellatus ) merupakan spesies ikan dari keluarga cichlid. Ikan Oscar dapat tumbuh hingga panjang sekitar 45 cm dan berat 1,6 kilogram. Bentuk ikan oscar yang ditangkap secara liar biasanya berwarna gelap dengan bercak kuning atau oselus pada batang ekor dan di sirip dorsal.

Apa saja makanan ikan oscar agar ikan cepat besar ?

Makanan Ikan Oscar Agar cepat besar antara lain :

1 . Cacing sutera

Cacing sutera menjadi pilihan makanan yang paling baik untuk ikan oscar sebab memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan oscar, untuk pemeriannya sediri berilah cacing yang segar dan bukan cacing beku sebab ikan oscar sangat menyukai makanan yang segar.

2. Jangkrik

Jangkrik juga dapat diberikan sebagai makanan ikan oscar hanya saja pemberiannya sebaiknya diperhatikan , jangan sesekali memberi makan jangkrik yang masih hidup karena dapat melukai mulut ikan oscar akan tetapi berilah jangrik yang sudah mati dan jika anda tidak malas kaki jangrik bagian belakang di pisahkan sebab terlalu keras untuk dimakan ikan oscar.

3. Udang Segar

Udang segar juga dapat menjadi pilihan makanan dimana udang memiliki nutrisi yang baik untuk ikan ini dan tentu saja ikan oscar sangat menyukainya, untuk anda yang memelihara ikan ini belum terlalu besar sebaiknya udang di cacah kecil-kecil agar dapat dimakan oleh ikan ini.

4. Ikan Cere/Cetul/Chetul

Ikan cere atau cetul atau chetul yang masih kecil dapat anda jadikan pakan alternatif yang kaya nutrisi untuk ikan ini, ikan cere atau cetol dapat diberikan sebagai pakan segar dan tentu saja menyehatkan untuk di konsumsi ikan oscar, ikan cere sendiri diberbagai daerah di indonesia memiliki nama yang berbeda-beda pula setiap daerahnya dan tidak sulit mencari ikan ini.

5. Kelabang

Kelabang yang berukuran kecil dan tentu saja sudah tidak dalam keadaan hidup dapat menjadi pilihan makanan tambahan untuk ikan ini, biasanya pemberian kelabang tidak menjadi makanan utama hanya sebagai makanan tambahan dan sekali sebulan diberikan.

6.Ulat Jerman

Ulat jerman dapat anda beli di toko penjual makanan ikan di kota anda, ulat jerman memiliki protein yang kaya dan cocok untuk ikan oscar anda, pemberian makan berupa ulat jerman sebaiknya diberikan kepada ikan oscar yang sudah dewasa.

7. Pelet ikan

Pemberian pakan berupa pelet pada ikan oscar memang tidak disarankan sebab pelet tidak bagus untuk pertumbuhan ikan namun tidak semua pelet tidak baik , ada beberapa pelet ikan yang diracik dengan campuran bahan-bahan yang memenuhi nutrisi serta vitamin ikan oscar. Pemberian berupa pelet dapat saja anda berikan namun ikan tidak terlalu menyukainya.

Sumber :
http://www.pecintabinatang.net/7-makanan-ikan-oscar/

Sebelum merawat ikan oscar, kita harus mengetahui dulu jenis pakan yang baik dan berkualitas untuk kesehatan maupun pertumbuhan. Bagi pemula berikut ini beberapa makanan ikan oscar yang baik untuk mempercepat pertumbuhan.

  • Makanan ikan oscar awal dapat berupa Infusoria dan Rotifera. Setelah tumbuh besar mencapai 10 hari, kenalkan dengan pakan kutu air dengan memperhatikan ukuran mulutnya supaya dapat menelan.
    Setelah umur sekitar 2 mingguan, jenis kutu air yang sudah besar dapat diberikan. Selanjutnya sediakan jenis pakan yang mengandung protein cukup buat kebutuhan serta kesehatan.

  • Makanan lainnya, seperti jentik nyamuk, yang diberikan sewaktu umur ikan oscar dua minggu. Jenis pakan alami ini sangat bagus untuk pertumbuahan. Karena kandungan vitamin dan protein sebagai penunjang kelangsungan hidupnya.

  • Beberapa makanan alami untuk mempercepat pertumbuhan oscar, yaitu cacing sutera dan cacing rambut.