Apa Saja Makanan Berbahaya Untuk Burung Yang Harus Dihindari?


Setiap makanan yang kita makan sehari-hari pasti ada beberapa yang berbahaya bagi kita dan ini juga berlaku pada hewan peliharaan kita termasuk burung. Bahkan ada makanan yang menurut kita cocok sekali untuk diberikan kepada burung bisa saja berbahaya baginya.

Jadi perlu kita ketahui mana saja makanan berbahaya bagi burung-burung kesayangan kita. Berikut makanan berbahaya untuk burung yang harus dihindari.

  1. Kafein

Minuman kafein seperti kopi merupakan salah satu minuman yang paling disukai orang-orang karena bisa mengurangi rasa mengantuk dan memiliki beragam jenis rasa dan penyajian. Tetapi jika kita memberikan kafein kepada burung bisa meningkatkan detak jantung yang bisa menyebabkan Aritmia dan Hiperaktif bahkan hingga gagal jantung pada burung. Lebih baik kita memberikan air putih atau jus buah sekali kali.

  1. Coklat

Makanan manis yang dikenal dengan coklat merupakan salah satu makanan berbahaya untuk burung tetapi juga untuk hewan lain. Coklat mengandung kafein dan juga Theobromine yang bisa menyebabkan diare dan muntah-muntah, peningkatan detak jantung, gemetar dan kejang, hiperaktif bahkan kematian. Pengganti coklat untuk burung dapat berupa buah yang manis seperti mangga, anggur atau melon.

  1. Alpukat

Daun alpukat sangat berbahaya jika termakan oleh burung karena mengandung asam lemak yang berfungsi sebagai fungisida pada tanaman. Komponen ini dapat menyebabkan penyakit jantung, kesulitan bernafas, lemas, bahkan kematian. Meskipun ada burung yang tidak terkena penyakit saat mengkonsumsi alpukat, tidak ada yang tahu berapa banyak alpukat yang aman untuk dikonsumsi. Pemberian alpukat dapat diganti dengan potongan wortel atau sayuran lain.

  1. Garam

Salah satu bumbu penyedap yang paling disukai. Garam hampir ada di seluruh makanan yang kita konsumsi tetapi mengkonsumsi terlalu banyak garam pasti berbahaya. Burung juga sama bahkan sedikit garam dapat menyebabkan elektrolit dan keseimbangan cairan burung menurun. Ini akan mengakibatkan burung menjadi sangat haus, dehidrasi, kegagalan ginjal hingga kematian. Berikan burung makanan yang tidak mengandung garam atau biskuit rendah garam.

  1. Makanan Berlemak

Ketika manusia mengkonsumsi terlalu banyak makanan berlemak, akan bisa mengakibatkan Aterosklerosis atau pertambahan kolestrol yang bisa menyebabkan penyakit jantung dan struk. Konsumsi berlebih juga bisa menyebabkan obesitas. Beberapa burung seperti Beo Afrika dan Beo Quaker cenderung terkena kolestrol dan tingkat Trigliserida yang tinggi, serta serangan jantung.

Kita boleh memberi burung daging yang sudah dimasak atau kacang seminggu sekali tetapi jangan terlalu banyak. Burung memang menyukai kacang tetapi kita harus memperhatikan ukuran burung juga. Untuk burung berukuran sedang, satu kacang kenari atau almond setiap hari sudah cukup. Burung yang cukup besar boleh memakan beberapa kacang setiap harinya. Untuk burung kecil cukup berikan beberapa keping kacang saja.

  1. Batang Buah dan Biji Apel

Buah memang aman untuk dikonsumsi burung tetapi beberapa buah harus ada komponen yang dibuang terlebih dahulu. Beberapa buah yang memiliki biji seperti Apel dan Pir dan buah yang memiliki batang seperti Ceri, Aprikot, Persik, Nektarin dan Plum sedikit berbahaya bagi burung. Sebelum memberi salah satu buah diatas sebaiknya kita hilangkan dulu biji dan batangnya karena mengandung senyawa yang berbahaya untuk jantung. Setelah dihilangkan maka sudah aman. Buah berbiji lain seperti Anggur, Jeruk, Labu, Tomat, Melon, Mangga, Delima aman untuk dikonsumsi langsung.

  1. Bawang

Memakan bawang mempunyai benefit yang sangat baik untuk manusia tetapi merupakan makanan berbahaya untuk burung, kucing dan anjing. Bawang mengandung sulfur, yang ketika dikunyah, akan menyebabkan iritasi pada mulut burung atau kerongkongan. Bawang juga bisa menyebabkan maag dan anemia. Jika ingin memberi sedikit bumbu pada makanan burung, gunakanlah lada.

  1. Xylitol
    Pemanis buatan ini sering kita temui di permen karet dan makanan diet dapat menyebabkan hypoglycemia, penyakit ginjal, bahkan kemungkinan kematian pada anjing dan hewan lainnya. Permen karet jika diberikan kepada burung dapat menempel pada bulu dan kulitnya. Burung yang gemuk juga sebaiknya diberikan buah low-fat dan sayuran.

Jika tidak sengaja memberikan salah satu makanan diatas kepada burung, segera bawa burung ke dokter hewan untuk diperiksa dan dirawat. Jika perlu konsultasi juga makanan apa saja yang baik untuk diberikan kepada burung.