Apa saja majalah-majalah fotografi online terpopuler?

majalah fotografi online

Belajar fotografi secara otodidak dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah melalui majalah fotografi online. Hanya butuh koneksi kamu bisa men-download secara gratis berbagai macam referensi tentang dunia fotogfrafi. Apa saja sih majalah fotografi online yang isinya menarik?

1. Exposure Magazine

Exposure Magazine adalah majalah fotografi yang didirikan oleh komunitas fotografi terbesar di Asia Tenggara sejak tahun 2008. Majalah ini terbit setiap bulan dengan format PDF dan dapat di download secara gratis. Selain itu jika kamu berminat untuk mencetaknya, kamu bisa print secara gratis pula.

Bahasa yang digunakan oleh majalah ini hampir keseluruhan menggunakan bahasa Indoensia. Tetapi dibeberapa rubrik ada juga yang menggunakan bilingual: 3 bahasa yaitu Inggris dan Indonesia. Kalau kamu malas untuk mendownload majalahnya dalam format PDF, kamu bisa mengunjungi webnya yang juga update soal fotografi.

2. The Light Magazine

Siapapun boleh mendapatkan copy The Light secara gratis. Setiap edisinya The Light menampilkan sedikitnya 5 spesialisasi dalam fotografi, seperti advertising fotografi, fashion fotografi, landscape & arsitektural fotografi, fotografi jurnalistik & olahraga, Human interest fotografi, pre wedding fotografi, dan fine art fotografi.

The Light menjadi satu-satunya majalah fotografi di Indonesia yang menampilkan begitu banyak spesialisasi dalam fotografi disetiap edisinya.

3. BLUR Magazine

BLUR Megazine adalah majalah fotografi online berstandart internasional. Didirikan sejak tahun 2007 dengan tujuan mempromosikan fotografi kreatif. BLUR sendiri dipublikasikan oleh Photography Association CREATUS (F.U.C.*), Sebuah organisasi non profit yang didirikan tahun 2009 di Kroasia.

4. BEAT Magazine

Beat adalah majalah yang ditujukan untuk generasi muda dimana isinya menampilkan tentang berbagai project foto. Terbit selama satu bulan sekali. Beat menyediakan kolom tanya jawab mengenai fotografi. Empat orang hebat dibalik terciptanya majalah ini adalah SandroAsatiani, Kate Lomidze, Nata Sopromadze, dan Maka Kukulava.

5. UYW Magazine

UYW adalah singkatan dari Unless You Will, sebuah jurnal yang isinya berbasis foto. UYW didirikan oleh Heidi Romano, dengan tujuan untuk merangkum hasil foto manakjubkan para fotografer dunia kemudian menunjukkannya ke publik. Jurnal ini diupdate setiap bulan dengan tema yang berbeda-beda.

6. Romka Magazine

Romka adalah kumpulan foto album dari seluruh orang di dunia. Selain berisi berbagai macam foto, terdapat juga cerita dibalik foto tersebut. Siapapun boleh berbagi foto dimajalah ini, baik amatir maupun profesional fotografer. Didirikan oleh Joscha Bruckert sejak tahun 2008. Romka sudah menerbitkan lebih dari 300 foto dari 45 negara yang bisa kamu lihat di archived websitenya.

Source: IDS

Berikut ini merupakan list majalah yang bagus untuk dijadikan refrensi:

1. American Photo (www.americanphotomag.com)

Dari namanya sudah terlihat jika majalah ini berasal dari Amerika. Isinya sebagian besar mengulas foto jurnalistik beserta kehidupan jurnalis fotonya. Di dalamnya bisa kamu temukan beberapa cerita di balik foto-foto fantastis yang memenangkan beberapa penghargaan Pulitzer.

2. Digital Photographer (www.dphotographer.co.uk)

Majalah yang satu ini berasal dari Inggris dan banyak membahas seputar teknik memotret hingga proses editing. Dalam versi onlinenya, ditampilkan juga hasil jepretan terbaru karya fotografer mereka dan juga kiriman pembaca.

3. Digital Camera World (www.digitalcameraworld.com)

Sesuai dengan namanya, majalah ini banyak membahas tentang review kamera beserta dengan aksesorisnya. Majalah yang juga terbit dalam Bahasa Indonesia ini tak ketinggalan juga mengupas beberapa trik dan tutorial dalam memotret.

Sebagai tambahan, kamu juga bisa mengirimkan hasil jepretanmu untuk ditampilkan dalam majalah. Tetapi tentu saja, kamu harus terlebih dulu mengalahkan foto kiriman pembaca lainnya.

4. Popular Photography (www.popphoto.com)

Seperti namanya, majalah ini memuat banyak foto populer dari berbagai belahan dunia dari berbagai bidang profesi. Bahkan foto embrio zebra yang tak kasat mata pernah ditampilkan dalam majalah ini.

5. Outdoor Photographer (www.outdoorphotographer.com)

Malajah ini menjadi tempat berkumpulnya para fotografer yang sering mengabadikan indahnya alam. Berbagai foto keindahan alam dari berbagai penjuru dunia ditampilkan di sini disertai dengan cerita dari sang juru potret. Selain itu ada juga kontes foto dan tips untuk mendapatkan foto outdoor yang apik.

6. Exposure (www.exposure-magz.com)

Melalui situsnya kamu bisa mengunduh secara gratis majalah fotografi berbahasa Indonesia dan Inggris. Isinya secara keseluruhan menampilkan berita foto lengkap dengan kisah yang mengiringinya. Seperti saat Gunung Kelud dan Hunung Sinabung meletus, Exposure mengeluarkan edisi khusus bercerita tentang kedua musibah tersebut.

7. iR e-magazine (ir.myinfrared.com)

Tak jauh dari namanya, kamu bisa mendapat banyak informasi seputar foto infrared melalui majalah online ini. Mulai dari tutorial, perangkat sampai hasil foto disajikan lengkap dalam majalah online yang juga bisa diunduh secara gratis ini.
__

Semoga bermanfaat, terimakasih :pray:

1 Like