Apa saja Macam Penyakit Hewan yang Disebabkan Oleh Virus?

Penyakit hewan yang disebabkan oleh virus. Semua makhluk hidup di bumi ini memiliki ikatan yang sangat kuat. Antar makhluk hidup saling terikat dan melengkapi.

Penyakit hewan yang disebabkan oleh virus. Semua makhluk hidup di bumi ini memiliki ikatan yang sangat kuat. Antar makhluk hidup saling terikat dan melengkapi. Dalam kehidupan sehari-hari, manusia membutuhkan hewan dan juga tumbuhan untuk memenuhi kebutuhannya. Contoh pada saat manusia makan membutuhkan lauk pauk yang berasal dari hewan, disamping itu manusia juga membutuhkan sayuran yang berasal dari tumbuhan. Kita sebagai manusia tidak dapat hidup sendiri karena membutuhkan hewan dan tumbuhan. Jadi kita harus selalu menjaga dan melestarikan hewan dan tumbuhan agar tidak mati.

Hewan juga sama seperti manusia yaitu dapat terserang penyakit. Penyakit yang menyeranag hewan sangat beragam, ada yang menular dan ada yang tidak menular. Umumnya penyakit yang menyerang hewan disebabkan oleh virus dan bakteri. Antara penyakit satu dengan penyakit lain memiliki cara penularan yang berbeda-beda. Nah, untuk lebih jelasnya tentang macam-macam penyakit hewan, simaklah artikel ini sampai selesai.

Macam-Macam Penyakit Hewan
Penyakit hewan yang disebabkan oleh virus sangat beragam jenisnya. Penyakit-penyakit tersebut antara lain :

1. Rabies
Rabies merupakan sebuah infeksi akut yang terdapat pada susunan saraf pusat dengan berdarah panas. Rabies disebabkan oleh Rabdhovirus yang dapat menular ke manusia melalui gigitan atau air liur dari hewan penderita. Contoh hewan yang dapat terkena rabies adalah anjing, serigala, tikus, sapi, kuda, kambing dan monyet. Hewan yang terkena rabies akan menjadi lebih ganas dan ditakuti oleh manusia. Jika manusia tertular rabies akan menyebabkan kematian. Sebenarnya rabies dapat dicegah dengan memberikan vaksin.
Salah satu hewan yang terkena rabies adalah anjing. Berikut adalah ciri-ciri hewan rabies antara lain :
Gelisah
Agresif
Lidah selalu terjulur
Banyak mengeluarkan air liur
Lebih suka di tempat yang gelap dan selalu menyendiri
Ekor selalu ditekuk diantara kedua kaki belakang
Takut akan cahaya dan suara
Selalu ingin menggigit sesuatu yang ada di sekitarnya baik manusia maupun benda

2. Penyakit Tetelo
Penyakit tetelo merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus NCD (Newcastle Disese). Ciri-ciri penyakit tetelo adalah diare, batuk-batuk dan kehilangan keseimbangan. Jenis penyakit ini bersifat menular. Virus ini mampu menyerang alat pernapasan, alat reproduksi, jaringan syaraf dan sebagainya. Penyakit tetelo dapat terjadi pada unggas terutama ayam. Jika ayam sudah terserang penyakit tetelo maka ayam tersebut harus segera dimusnahkan karena dapat bertindak sebagai sumber pencemaran dan juga penularan. Penyakit tetelo juga dapat menyebabkan kematian.

3. Penyakit Kuku dan Mulut
Penyakit kuku dan mulut merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh Aphthovirus. Hewan yang dapat terserang adalah hewan ternak seperti kambing, kerbau, sapi dan sebagainya. Penyakit kuku dan mulut dapat menular melalui udara, kontak langsung, dan makanan. Gejala-gejala hewan yang terserang penyakit mulut dan kuku antara lain :
Sering lesu
Gelisah
Dehidrasi
Demam
Malas untuk berdiri
Nafsu makan menurun
Muncul vesikula (berisi cairan bening hingga kuning kemerah-merahan dan mudah terkelupas) pada bagian lidah, mukosa pipi, gusi, langit-langit mulut serta ujung kaki
Penyakit mulut dan kuku dapat menyebabkan menurunnya produksi susu dan daging ternak bahkan dapat menyebabkan kematian. Cara pencegahannya yaitu dengan memberikan vaksinasi.

4. Papillomatosis
Papillomatosis atau sering disebut dengan kutil pada sapi dapat disebabkan oleh virus BPV (Bovine Papilloma Virus). Virus tersebut dapat menyebabkan tumor pada sel epitel kulit dan membran mukosa. Bagian tubuh sapi yang diserang antara lain :
Hidung
Putting susu
Gland penis
Leher
Kepala
Saluran pencernaan
Vesika urinaria

5. Adenovirus
Adenovirus merupakan sebuah penyakit yang dapat menyebabkan tumor pada hewan tertentu. Penyakit jenis ini juga dapat menyebabkan penyakit pada saluran pernapasan pada hewan.

Referensi: