Apa saja macam-macam trauma psikologis?

Trauma

Trauma adalah hal sering dikaitkan dengan tekanan emosional dan psikologis yang besar, biasanya karena kejadian yang sangat disayangkan atau pengalaman yang berkaitan dengan kekerasan. Namun, dalam konteks ini, yang dimaksud dengan “trauma” adalah trauma sebagai penyakit atau trauma pada fisik seseorang.

Berikut adalah macam-macam trauma :

  1. Trauma pengobatan

  2. Trauma bencana alam

  3. Trauma duka cita

  4. Trauma kompleks

  5. Trauma atas kesepian

  6. Trauma akibat pelecehan seksual

  7. Trauma Bulliying

  8. Trauma mendengarkan bunyi keras

  9. Trauma menjalin hubungan

  10. Trauma pada kegelapan

  11. Trauma ketinggian

  12. Trauma menjadi pusat perhatian

  13. Trauma berhubungan seks/ vaginismus

  14. Trauma kekerasan rumah tangga

  15. Trauma menyakiti orang lain

Kasus trauma secara umum diidentifikasi oleh Achmanto Mendatu menjadi tiga jenis, diantaranya: trauma fisik, trauma post-cult, trauma psikologis. Berikut penjelasannya, adalah :

  • Trauma Fisik
    adalah cedera fisik yang berbahaya bagi keselamatan akibat perubahan fisik, misalnya pengambilan ginjal,patah tulang, pendarahan hebat, putus tangan dan kaki, akiban penganiayaan dan lain-lainnya. Trauma fisik dibagi menjadi dua yaitu:

    • Trauma Penetrasi
      Tipe trauma berupa teririsnya kulit atau bagian tubuh lainnya oleh sebuah benda. Contoh seperti, teriris pisau, terkena serpihan bom, tertembek peluru, tertusuk panah, dan lainnya.

    • Trauma Tumpul
      Tipe trauma yang disebabkan oleh objek-objek tumpul, concoh seperti terpukul kepalan tanggan, tertabrak motor, dan terbentur.

  • Trauma Pos-Cult
    Adalah persoalan emosional berat yang muncul ketika anggota kelompok pemujaan ( cults ) atau gerakan religius baru (misalnya aliran taman eden, aliran Joniyah, dan lainnya) mengalami perasaan tidak terlibat atau tidak tergabung.

  • Trauma Psikologis, adalah cedera psikologis yang biasanya dihasilkan karena mengadapi peristiwa yang luar biasa menekan atau mengancam hidupnya.