Apa saja macam-macam pensil gambar yang anda ketahui?

Pensil tidak hanya sekedar alat untuk menulis catatan, merancang bentuk, atau mengisi lembar jawaban pilihan ganda, tapi sebuah pensil lebih dari itu pemanfaatanya. Dalam dunia seni, pensil dapat dijadikan alat untuk membuat karya yang bernilai.

Apa itu pensil?
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia : Pensil adalah sebuah alat tulis berupa kayu kecil bulat berisi arang keras. Namun dewasa ini, isi pensil terbuat dari campuran berbagai macam bahan mulai dari grafit murni, arang, tanah liat, lilin, dll.
Jadi kesimpulannya pensil adalah suatu bahan kering yang dapat meninggalkan noda atau bekas jika kita menggoreskannya ke atas media, dan bahan tersebut dapat dimodifikasi sedemikian rupa sesuai kebutuhannya. Lalu komposisi campuran bahan-bahan tersebut dibalut dengan suatu material tujuannya agar bahan tersebut bisa kita gunakan dengan mudah tanpa meninggalkan noda ditangan yang menggenggamnya, materialnya dapat berupa kayu, kertas, metal, dll.

Nah, berdasarkan pengertian diatas, saya akan coba membagikan macam-macam bahan (kering) yang dapat digunakan untuk membuat gambar atau lukisan. Diantaranya yaitu:

  1. Pensil Kayu
  2. Pensil Mekanik
  3. Pensil Dermatograph