Apa saja macam - macam obat herbal yang layak digunakan pada bebek?

Penyakit masal yang amat mudah menular ke unggas yang lainnya ini menimbulkan kematian menyeluruh pada unggas/ayam. Hal ini sebetulnya dapat kita antisipasi, salah satunya dengan cara mengurangi pemakaian vitamin kimia dan meningkatkan penggunaan obat bebek herbal. Apa saja macam macam obat bebek herbal yang dapat digunakan untuk menangkal serangan wabah penyakit unggas? Penyakit yang seringkali ditemui oleh peternak unggas ialah ternaknya menderita ngorok dan ngantuk, bahkan yang lebih parah lagi mengalami sakit dan mati secara bersamaan. Pemakaian obat bebek herbal sejak lama dapat mengatasi segala penyakit pada bebek dan unggas lainnya. Macam macam obat bebek herbal ini dibuat dari tumbuh-tumbuhan yang memiliki khasiat obat sehingga tidak menimbulkan efek samping.

image

Berikut ini macam macam obat bebek herbal yang dapat Anda gunakan untuk mengobati penyakit yang mengjakiti unggas dan obat herbal ini bisa dibuat sendiri.

Kunir/Kunyit
Kunyit mengandung curcumin yaitu senyawa utama pada kunyit yang bermanfaat untuk berbagai macam penyakit seperti memperlancar saluran pencernaan, antibakteri, dan antiradang.

Daun Sirih
Daun sirih memiliki fungsi sebagai antiseptik yakni antijamur pada saluran pencernaan bebek. Karakter antibakteri daun sirih ini mampu mengurangi rasa gatal dan mata merah berair pada bebek.

Temulawak
Temulawak (Curcuma xannthorrhiza) bersifat detoksifikasi, berarti bisa membuang racun dan kontaminasi jamur Alfatoksis Flavus yang mengendap di dalam hati. Temulawak juga bisa membantu sekresi pada pankreas dan meningkatan penyerapan bahan pakan protein, lemak dan karbohidrat.

Kunyit, Bawang Putih, Daun Pepaya Campuran kunyit, bawang putih dan daun pepaya bisa berguna untuk menguatkan kekebalan pada berbagai penyakit, seperti kolera, radang usus, dan lain-lain. Gula Tebu, Lempuyang, Temu Ireng, Temu Lawak, Cabe Jawa Campuran ini perlu untuk menyehatkan dan mengefektifkan penggunaan pakan unggas.

Daun Pepaya
Daun pepaya bermanfaat sebagai antimalaria, antiparasit cacing, meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan daya tahan tubuh bebek.

Lengkuas
Lengkuas mengandung rasa pedas yang berguna menetralkan racun dan membuat rasa segar bagi tubuh bebek.

Temu Ireng
Temu ireng bisa berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan dan antiparasit cacing.

Bawang Putih
Bawang putih berguna untuk menjaga organ jantung dan pembuluh darah, menambah stamina tubuh serta meningkatkan kekebalan tubuh pada beragam serangan penyakit.

Jahe
Jahe berkhasiat untuk membantu kerja kelenjar enkitrin sebab jahe mengandung solakol. Jahe juga berguna menghangatkan dan menambah stamina tubuh bebek.

Buah Mengkudu
Buah mengkudu memiliki manfaat untuk kesehatan dengan mempercepat pertumbuhan unggas.

Jahe, Bawang Putih, Minyak Sayur Campuran ini mampu mengobati luka pada tubuh bebek.

Akar Rumput Teki
Akar Rumput Teki ini bisa membantu untuk menyehatkan tubuh unggas/bebek kita