Apa saja macam macam klasifikasi risiko dalam suatu proyek pengembangan perangkat lunak skala enterprise ?

Dalam setiap langkah kehidupan manusia selalu dihadapkan pada resiko. Tidak terkecuali di dalam suatu proyek pengembangan perangkat lunak dalam skala enterprise. Apa saja klasifikasi risiko nya?

Resiko dalam pengembangan suatu proyek IT dapat didefinisikan sebagai segala sesuatu yang dapat membahayakan keberlangsungan proyek IT tersebut. Kalau dilihat dalam berbagai macam klasifikasinya, maka resiko dapat dibagi menjadi:

Technical Risk : resiko – resiko yang bersifat teknis yang dipengaruhi secara langsung oleh proses-proses yang terjadi selama pengembangan proyek IT.

Non Technical Risk : resiko – resiko yang sifatnya non-teknis, contohnya:

  1. Business Risk : resiko – resiko yang menyangkut dari aspek bisnis selama pengembangan proyek IT. Contohnya adalah adanya proyek lain dalam perusahaan yang juga sedang
    dikembangkan, adanya kompetitior yang mengembangkan aplikasi yang sama.

  2. Political Risk : resiko – resiko yang menyangkut aspek politis selama pengembangan proyek IT. Contohnya adalah pergantian manajemen dari perusahaan yang mungkin berakibat kurangnya support dari pihak manajemen, perubahan peta perpolitikan nasional yang bisa membawa pengaruh pada perubahan kebijakan dalam perusahaan.

  3. Market Risk : resiko – resiko yang berkaitan dengan kondisi pasar pada saat proyek IT tersebut dikembangkan. Contohnya tersedianya tim pesaing yang mengembangkan produk yang sama di perusahaan lain.

  4. Finance Risk : resiko – resiko yang menyangkut aspek financial yang dapat mempengaruhi kelangsungan hidup proyek, misalnya kontinuitas pendanaan dari pihak manajemen, kelangsungan pemberian dana oleh sponsor dll.

sumber :
Emanuel, Andi Wahju Rahardjo. (2012 Februari, 23). Penerapan Risk Management Plan dalam Pengembangan Perangkat Lunak Skala Enterprise. Jurnal Sistem Informasi Vol 1, No 2 Universitas Kristen Maranatha.

Link sumber :
http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=148314