Apa Saja Macam-Macam Kecemasan Ekstrim?

kecemasan ekstrem

Meski dianggap sebagai fenomena yang wajar, nyatanya kecemasan juga bisa mencapai level ekstrim dan disebut sebagai gangguan kecemasan. Gangguan kecemasan ini termasuk dalam gangguan mental yang berakibat pada rasa cemas berlebihan yang dialami oleh penderitanya. Efek dari gangguan kecemasan ini bisa memengaruhi hampir semua aspek kehidupan penderitanya, mulai dari melemahkan sampai melumpuhkan.

Panic Disoder

Gangguan kecemasan ini merupakan kondisi yang menimpa sekitar 75 orang setiap harinya dan tergolong kondisi serius. Gangguan ini muncul pada penderita terutama di saat tegang dan membuat stres. Ada beberapa faktor yang memicu timbulnya Panic Disoder ini seperti stres menjelang kelulusan sekolah, menjelang kelahiran anak pertama, faktor hereditas (keturunan), dan lain-lain.

Social Anxiety Disorder

Social Anxiety Disorder atau yang juga dikenal dengan istilah Social Phobia adalah sebuah kondisi kelainan kesehatan mental yang tergolong kronis dan menyebabkan kecemasan yang tidak rasional. Penderitanya akan merasa takut ketika berada di tempat umum dan ramai. Kemungkinan lain yang dirasakan oleh penderita kelainan ini adalah takut akan mempermalukan diri sendiri ketika berada di area publik.

Phobia Spesific

Fobia spesifik merupakan kondisi ketakutan irasional yang secara khusus menetap pada suatu objek, aktivitas, atau juga bisa situasi yang kemudian menimbulkan kecemasan tiba-tiba pada penderitanya. Kondisi ini kemudian membuat penderita fobia spesifik cenderung menghindari hal tersebut. Fobia spesifik terdiri dari berbagai macam, semua hal bisa menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian orang. Makanan, minuman, lawan jenis, aktivitas normal pun bisa menjadi sumber kecemasan yang membuat penderitanya kalang kabut karena merasa terlalu takut dan terancam dengan kehadiran sumber kecemasannya itu.

Generalized Anxiety Disorder

Atau GAD merupakan kondisi kecemasan yang tidak jelas apa yang menjadi sumber kecemasan itu sendiri. Penderita GAD menganggap kekhawatiran yang mereka rasakan cenderung sebagai suatu hal yang sulit dikendalikan. Ketegangan yang mereka rasakan begitu besar bahkan sampai bisa membuat mereka tidak bisa berpikir jernih, kesulitan tidur malam, atau tidak bisa menikmati tidur malam yang efektif dan berkualitas.