Apa saja lukisan termahal di dunia?

Beberapa lukisan yang dikategorikan sebagai lukisan termahal di dunia sering juga dianggap sebagai lukisan yang biasa dan mungkin bisa dibuat oleh anak sekolah dasar, tetapi harga yang ditawarkan bisa mencapai jutaan hanya karena dilukis oleh pelukis terkenal sekelas Vincent Van Gogh, Salvador Dali atau Pablo Picasso. Tidak heran jika dibanyak negara mulai menjamur para pencinta lukisan yang mau membayar mahal untuk sebuah karya yang disukainya.

Apa saja lukisan termahal di dunia sepanjang sejarah?

Beberapa lukisan termahal di dunia :

When Will You Marry? (Paul Gauguin) – $300.0m
paul-gauguin-300-million-750x1024

Ini adalah lukisan paling mahal dalam sejarah yang terjual di Februari 2015

Pelukis impresionis asal Perancis Paul Gauguin membuat karya berjudul Nafea faa ipoipo – atau “when will you marry?” – Menggambarkan dua wanita Tahiti dalam pakaian misionaris dan “gaun primitif”.

Setelah menghabiskan hampir 50 tahun dipinjamkan ke Kunstmuseum di Basel, Swiss, pengusaha dan kolektor seni Rudolf Staechelin menjual lukisan ini secara pribadi seharga 300 juta dolar Amerika pada bulan Februari 2015. Meskipun identitas pembeli dirahasiakan, diperkirakan yang membeli adalah keluarga kerajaan Qatar, yang berarti negara teluk itu sekarang memiliki dua karya seni yang paling mahal di dunia.

The Card Players (Paul Cézanne) – $270.5m

Pelukis impresionis Perancis Paul Cézanne menciptakan serangkaian lima lukisan minyak di bawah judul The Players Card selama awal-1890. Terdapat berbagai versi bervariasi dalam ukuran dan jumlah yang digambarkan, tapi satu lukisan dalam seri adalah karya seni kedua-paling-mahal dalam sejarah.

Lukisan yang menggambarkan petani sedang merokok dan bermain kartu ini demiliki oleh raja ekspedisi Yunani George Embiricos.

Namun, tak lama sebelum kematiannya pada 2011, Embiricos menjual karya ini secara pribadi untuk keluarga kerajaan Qatar dengan jumlah setara dengan 270.5 juta dollar Amerika.

No 5, 1948 (Jackson Pollock) – $163.3m

Berpindah tangan antara Ossorio, raja majalah US Samuel Irving Newhouse Jr dan kolektor David Geffen selama 58 tahun, Lukisan itu akhirnya dibeli melalui penjualan pribadi di rumah lelang Sotheby.

Lukisan ini dibeli oleh investor Meksiko, David Martínez setara dengan 163.3 juta dollar Amerika pada bulan November 2006.