Apa saja level loyalitas konsumen ?

loyalitas pelanggan

Menurut manajemen hubungan pelanggan, konsumen dibagi menjadi berbagai tingkatan. Apa saja tingkatan konsumen yang ada?

Berikut adalaah level loyalty pelanggan anda :

  1. Suspect : Apakah pelanggan potensial sesuai dengan profil pasar Anda?

  2. Prospect : Pelanggan sesuai dengan profil target pasar dan sedang didekati untuk pertama kali.

  3. First time customer : Pelanggan melakukan pembelian pertama.

  4. Repeat customer : Pelanggan membuat transkasi berulang kali, penawaran Anda memainkan peran minimum dalam portofolio pelanggan.

  5. Pelanggan mayoritas: Pelanggan memilih perusahaan Anda sebagai pemasok pilihan. Anda menempati tempat signifikan dalam portofolio pelanggan

  6. Pelanggan setia: Pelanggan tidak akan berqalih pemasok dan memiliki pandangan Positif dan sikap terhadap perusahaan Anda atau penawaran anda.

  7. Advokat : Pelanggan menghasilkan keuntungan tambahan melalui review positif dari mulut ke mulut.

Referensi : Customer Relationship Management: Concept and technologies - Francis Butler