Apa saja lembaga antariksa di Dunia ?

antariksa

(Anton Dwikusuma) #1

lembaga antariksa

Lembaga antariksa merupakan lembaga yang memfokuskan dirinya untuk malkukan penelitian terkait dengan dunia antariksa, dimana lembaga ini, selain digunakan untuk melakukan penelitian, juga bisa menjadi kebanggan suatu negara. Apa saja lembaga antariksa di Dunia ?


(Irvan Dwiantono Kartomiharjo) #2

1. NASA

National Aeronautics and Space Administration (NASA) adalah lembaga pemerintah milik Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas program luar angkasa Amerika Serikat dan penelitian umum luar angkasa jangka panjang. Organisasi ini bertanggung jawab atas program penelitian luar angkasa bagi masyarakat sipil, aeronautika, dan program kedirgantaraan.

2. JAXA

Badan Penjelajahan Antariksa Jepang, Japan Aerospace Exploration Agency, disingkat JAXA) adalah sebuah badan luar angkasa Jepang. JAXA dibentuk pada 1 Oktober 2003 sebagai hasil merger antara National Space Development Agency (NASDA), National Aerospace Laboratory of Japan; NAL, sebuah badan penerbangan dan Institute of Space and Aeronautical Science (ISAS), sebuah badan yang meneliti ruang angkasa dan planet.

3. Roscosmos

Awalnya, Rusia memiliki badan antariksa Soviet Space Program yang berdiri pada tahun 1930. Badan antariksa itu telah menjalankan berbagai misi ke antariksa yang bersejarah. Salah satunya adalah mengirim manusia pertama yang ruang ke angkasa, yaitu astronaut Yuri Gagarin dengan pesawat Vostok 1 pada tahun 1961. Soviet Space Program lalu diganti menjadi Roscosmos.

4. ESA

Badan Antariksa Eropa, European Space Agency (ESA), adalah organisasi antar pemerintahan yang didedikasikan untuk eksplorasi luar angkasa, didirikan pada 1975, saat ini beranggotakan 18 negara. Berkantor pusat di Paris, ESA memiliki sebuah dewan dengan hampir 2.000 anggota, dan budget tahunan sekitar €3,6 miliar pada 2009.

5. ISRO

Indian Space Research Organisation (ISRO) adalah agensi angkasa nasional India dengan markas di Bengaluru. ISRO memperkerjakan sekitar 17.000 pegawai.

6. CNSA

China National Space Administration (CNSA) di dirikan pada tahun 1993 yang terletak di Beijing, Tiongkok, merupakan lembaga antariksa milik Republik Rakyat Tiongkok. CNSA bertanggung jawab dalam kerjasama internasional mengenai keantaariksaan, peluncuran, dan pembuatan satelit serta wahana antariksa.

Sumber :