Apa saja langkah-langkah yang dilakukan dalam pemrograman?

Langkah-langkah dalam melakukan pemrograman sangatlah penting, Tentu saja ada tahap-tahap yang harus dilakukan dalam melakukan pemrograman agar suatu program berjalan baik. Lantas Apakah itu ?

Pemrograman mempunyai sebuah langkah langkah agar suatu program tersebut menjadi suatu program yang baik. Langkah langkah tersebut ialah Problem Definition,Problem Analys, Algorithm Development,Coding and Documentation,Testing , dan Maintenance

1. Problem Definiton

Problem Definition ialah menjelaskan dan memahami suatu masalah hingga ke akar-akarnya. Kita harus memahami masalah intinya,kebutuhan kita, dan output yang akan kita hasilkan

2. Problem Analys

Problem Analys ialah menganalisis suatu masalah dengan menentukan apa saja yang akan kita gunakan seperti variable,fungsi, dll.

Di Fase ini kita juga memikirkan bagaimana solusi dari permasalahan terebut

3. Algorithm Development

Di fase ini kita menentukan algoritma dalam penyelesaian suatu masalah. Algoritma sendiri ialah kumpulan langkah langkah untuk menyelesaikan suatu masalah. Fase ini merupakan fase paling penting dalam pembuatan suatu program

4. Coding & Documentation

Coding ialah proses penerjemahan algoritma kita ke bahasa pemrograman yang dipahami oleh komputer. Fase ini ialah Proses inti dalam Pemrograman

Dokumentasi sendiri ialah proses penyimpanan suatu algoritma atau coding dalam suatu berkas agar bisa ditinjau di kemudian hari.

5. Testing

Testing ialah proses pengujian apakah suatu program tersebut dapat menyelesaikan masalah kita. Dengan melihat input yang kita masukkan dan output yang kita harapkan

6. Maintenance

Maintenance ialah proses perbaikan jika program tersebut mengalami error dan hal hal yang tidak kita harapkan. Proses Maintenance akan membawa kita kembali ke desain dan pengembangan algoritma.

http://btechsmartclass.com/CP/program-development.htm

Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Melakukan pemrograman bertujuan untuk membuat program, yang dapat melakukan pekerjaan sesuai kemauan programmer itu sendiri. Dalam melakukan pemrograman, programmer dituntut untuk membuat program sebaik mungkin. Baik disini dalam artian mengacu pada konsep RPL (Rekayasa Perangkat Lunak). Di dalam RPL terdapat 3 konsep yang disebut Segitiga RPL. 3 konsep tersebut, adalah (1) Dikerjakan dengan biaya yang kecil, (2) Dengan waktu yang singkat, (3) Namun kinerja yang dihasilnya sangat maksimal. Maka dari itu jika ingin melakukan pemrograman pada komputer, programmer harus mengetahui langkah-langkah yang tepat agar dapat menghasilkan hasil yang memuaskan sama seperti keinginan programmer.

Langkah-langkah tepat untuk melakukan pemrograman pada komputer meliputi:

  1. Mendenifisikan Masalah
    Mendefinisikan sebuah masalah sangat penting bagi seorang programmer dalam menentukan langkah awal. Mendefinisikan masalah digunakan untuk mengetahui apa masalah yang ingin di selesaikan. Jika tidak mengetahui secara benar dan detail masalah apa yang akan diselesaikan, seorang programmer tidak bisa menentukan langkah selanjutnya dengan benar. Banyak juga programmer yang menganggap remeh tahapan ini, dengan terburu-buru langsung membuat program sehingga hasil program tersebut tidak sesuai dengan masalah awal dan hal itu akan merugikan programmer.

  2. Menentukan Solusi
    Masalah yang sudah didefinisikan dengan benar, setelah itu programmer harus memikirkan berbagai solusi yang dapat digunakan. Berbagai solusi tersebut harus dipilih salah satu yang paling efektif untuk diterapkan. Jika masalah yang harus diselesaiakan adalah masalah besar, maka programmer bisa mengerucutkan masalah tersebut ke lingkup yang lebih kecil lagi sehingga terbentuk beberapa modul masalah agar mempermudah dalam penyelesaiannya.

  3. Memilih Algoritma
    Untuk menghasilkan output yang sesuai dengan keinginan, algoritma yang dipakai juga harus tepat. Seorang programmer dapat membuat berbagai algoritma sampai menghasikan algoritma yang benar, tidak terbelit-belit dan relevan.

  4. Menulis Program
    Setelah memilih algoritma yang dirasa telah tepat, langkah selanjutnya adalah menulis sebuah program. Seorang programmer mulai untuk menuliskan program pada komputer. Penulisan program dan output yang dihasilkan dalam program tersebut sesuai dengan kemampuan bahasa pemrograman yang dikuasi. Semakin bagus bahasa pemrograman yang dikuasi, semakin baik pula program yang akan dibuat. Memilih bahasa pemrograman yang paling dikuasi adalah salah satu tips yang bagus untuk menulis program. Hal itu dapat terjadi karena jika menulis program menggunakan bahasa pemrograman yang kurang dikuasi itu akan menyusahkan diri sendiri dan tentu saja hasilnya akan tidak maksimal.

  5. Menguji Program
    Menguji program yang telah dibuat adalah langkah yang penting pula. Saat melakukan pengujian sebuah program, programmer akan tau apakah penulisan program yang telah dilakukan menghasilkan output seperti yang di inginkan atau tidak. Jika output yang dihasilkan tidak sesuai dengan keinginan maka harus diteliti lagi dari awal sampai menghasilkan output yang sesuai keinginan.

  6. Menulis Dokumentasi
    Saat membuat sebuah program, tidak sedikit programmer yang mengabaikan langkah dalam mendokumentasikan langkah-langkah yang telah dilakukan. Padahal mendokumentasikan saat membuat program sangatlah penting. Dengan dokumentasi tersebut, seorang programmer dapat melihat lagi dokumentasi tersebut kapan saja sehingga adakemungkinan untuk lebih mengembangkan program yang telah ada tersebut menjadi lebih baik dan baik lagi. Sebuah dokumentasi juga dapat membantu orang lain untuk mengetahui bahasa pemrograman ataupun algoritma yang diguankan pada suatu masalah yang ingin diketahuinya.

  7. Merawat Program
    Langkah yang terakhir yang dilakukan setelah menulis dokumentasi adalah merawat program yang telah dibuat. Perawatan ini berguna untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Jika tidak merawat program hal yang sering terjadi adalah munculnya bug yang sebelumnya tidak terdeteksi.

Langkah-langkah tersebut dapat dilakukan programmer agar program yang dihasilkan dapat tepat dan sesuai dengan apa yang diinginkan.

SUMBER:

Langkah-Langkah Pembuatan Program

1. Mendefinisikan Permasalahan

Yang dimaksud mendefinisikan permasalahan yaitu kita harus mengerti dengan baik mengenai permasalahan yang ingin diselesaikan. Permasalahan harus dimengeti dengan baik agar kita dapat menentukan input dan output dari program.

2. Membuat Rumusan untuk Pemecahan Masalah

Setelah kita mengetahui dengan baik mengenai permasalahan yang ingin diselesaikan, langkah selanjutnya adalah membuat rumusan algoritma untuk memecahkan masalah. Rumusan tersebut dapat disusun dalam bentuk pseudocode ataupun flowchart.

3. Implementasi

Apabila langkah pertama dan kedua belum melibatkan bahasa pemrograman, maka langkah ketiga ini telah mulai melibatkan bahasa pemrograman. Dalam mengimplementasi algoritma, kita akan menentukan bahasa pemrograman yang cocok atau ingin kita gunakan. Implementasi tersebut tentunya mengacu pada algoritma yang telah disusun pada langkah sebelumnya, baik itu variabel-variabel yang dipakai maupun alur program.

4. Menguji Coba dan Membuat Dokumentasi

Setelah selesai implementasi, maka langkah selanjutnya adalah menguji program tersebut apakah telah berjalan sesuai dengan tujuannya untuk memberi solusi dari suatu permasalahan. Apabila program belum berjalan dengan baik, maka kita perlu mengkaji kembali rumusan/algoritma yang telah dibuat pada langkah kedua, serta memperbaiki implementasi program yang mungkin keliru.
Untuk memudahkan kita memerilcsa kesalahan suatu program ataupun memahami jalannya program, maka perlu dibuat dokumentasi yang berisi informasi mulai dari tujuan/fungsi program, algoritma program, hingga cara pemakaiannya.

SUMBER :