Apa saja langkah-langkah untuk menciptakan agile product roadmap?

Peta jalan produk adalah keseluruhan tampilan persyaratan produk dan alat yang berharga untuk merencanakan dan mengatur perjalanan pengembangan produk. Pemilik produk membuat peta jalan produk dengan bantuan tim pengembangan. Peta jalan digunakan untuk mengkategorikan persyaratan, memprioritaskannya, dan menentukan jadwal peluncurannya.

Berikut ada 4 langkah untuk menciptakan agile product roadmap, antara lain:

Langkah 1: Mengidentifikasi kebutuhan produk kita

Menentukan tema dan fitur, dimana tema ini merupakan kelompok fitur dan persyaratan yang logis pada tingkat tertinggi pengguna, sedangkan fitur merupakan bagian produk pada tingkat yang sangat tinggi dan dapat menggambarkan kemampuan baru yang dimiliki pelanggan setelah fitur selesai.

Saat membuat roadmap produk, fitur yang kita identifikasi mulai menjadi balcklog produk - daftar lengkap dari apa yang ada dalam ruang lingkup produknya, terlepas dari tingkat detail.

Langkah 2: Mengatur fitur produk

Setelah mengetahui fitur-fitur dari produk kita, kita akan melakukan kerjasama dengan tim pengembang untuk mengelompokkan yang dibutuhkan ke dalam tema. Kita dapat mengelompokkan fitur menurut aliran penggunaan, kesamaan teknis, atau kebutuhan bisnis. Dan kita membutuhkan pertanyaan seperti:

  • Bagaimana pelanggan menggunakan produk ini?
  • Jika kami menawarkan persyaratan ini, apa lagi yang perlu dilakukan pelanggan? Apa lagi yang ingin mereka lakukan?
  • Dapatkah tim pengembang memngidentifikasi afinitas atau ketergantungan teknis?

Langkah 3: Memperkirakan dan memesan fitur produk kita

Setelah mengidentifikasi persyaratan produk kita dan mengatur persyaratan tersebut ke dalam kelompok logis, selanjutnya kita memperkirakan dan memesan persyaratan. Beberapa istilah yang perlu kita ketahui untuk langkah ini yaitu:

  • Upaya, merupakan kemudahan atau kesulitan untuk menciptakan persyaratan tertentu.
  • Angka, sebagai kata benda, dapat berupa angka atau deskripsi yang Anda gunakan untuk mengungkapkan perkiraan kebutuhan suatu persyaratan.
    -Memperkirakan sebuah persyaratan, sebagai kata kerja, berarti mengemukakan gagasan perkiraan seberapa mudah atau sulitnya persyaratan untuk dibuat.
    -Memesan / memprioritaskan, persyaratan untuk menentukan nilai kebutuhan itu sehubungan dengan persyaratan lainnya.
    -Nilai berarti betapa menguntungkan suatu persyaratan produk tertentu bagi organisasi yang menciptakan produk itu.

Langkah 4: Menentukan kerangka waktu tangkas tingkat tinggi

Saat pertama kali membuat roadmap produk kita, kerangka waktu kita untuk melepaskan persyaratan produk berada pada tingkat yang sangat tinggi. Untuk roadmap awal, pilihlah enaikan waktu logis untuk proyek kita, seperti jumlah hari, minggu, bulan, kuartal tertentu (periode tiga bulan), atau peningkatan yang lebih besar lagi. engan menggunakan kedua persyaratan tersebut, kita dapat menambahkan persyaratan ke setiap kenaikan waktu.

Sumber: