Apa saja langkah-langkah dalam merumuskan kebutuhan pengguna?

Kebutuhan pengguna dimaksudkan untuk menggambarkan fungsi dan fitur sistem dari perspektif pengguna agar sistem sesuai dengan keinginan pengguna. Lalu angkah-langkah apa saja yang dilakukan untuk merumuskan kebutuhan pengguna?

Langkah-langkah untuk merumuskan kebutuhan pengguna atau user requirement adalah :

  1. Mempersiapkan dokumen wawancara
    Untuk merumuskan kebutuhan pengguna (user requirement) langkah pertama yang perlu disiapkan adalah mengidentifikasi terlebih dahulu dokumen-dokumen standar yang berkaitan dengan mengumpulkan informasi user dan mempersiapkan dokumen-dokumen pendukung yang diperlukan sebelum melakukan kegiatan wawancara. Dokumen-dokumen tersebut kita perlukan untuk mencatat semua informasi dari hasil kegiatan wawancara dengan user atau pihak-pihak lain yang terkait dengan pemenuhan kebutuhan user.

  2. Melakukan wawancara untuk mendapatkan kebutuhan user
    Setelah mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan pada saat wawancara, maka langkah selanjutnya adalah melakukan kegiatan wawancara untuk mendapatkan kebutuhan user.

  3. Memberikan saran-saran terhadap konfigurasi yang sesuai dengan kebutuhan user
    Saran merupakan penyampaian informasi untuk melengkapi atau memperbaiki hal-hal yang dianggap kurang setelah dilaksanakannya wawancara. Biasanya saran disampaikan setelah kita mendapatkan informasi user.

  4. Membuat dokumentasi kebutuhan user
    Untuk memudahkan kita dalam melakukan langkah selanjutnya yaitu tahap perancangan perangkat yang sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan user, maka semua dokumentasi yang telah disiapkan sejak tahap persiapan hingga dokumen-dokumen yang dihasilkan setelah dilakukannya wawancara. Pada tahap ini, kita identifikasi kembali kebutuhan user berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakuakn pada tahap sebelumnya. Informasi-informasi hasil wawancara yang kita identifikasi disusun kembali untuk dibuat dokumen-dokumen yang berkaitan dengan kebutuhan user sesuai dengan standar pembuatan dokumen.

Referensi :