Apa Saja Langkah atau Proses Dalam Project Cost Management Pada Metode PMBOK?

manajemen_proyek

(Muhammad Anton) #1

Cost Management berkaitan dengan proses perencanaan dan pengendalian anggaran suatu proyek atau bisnis. Apa saja langkah atau proses dalam Project Cost Management sesuai dengan metode PMBOK?


(Andhika Akbar Saputra) #2

Terdapat empat langkah atau proses dalam Project Cost Management sesuai dengan metode PMBOK diantaranya adalah:

  • Resource Planning (Perencanaan Sumber Daya)
    Pada tahap awal perencanaan proyek, sumber daya yang dibutuhkan untuk menjalankan proyek perlu didefinisikan terlebih dahulu. WBS (Work Breakdown Structure) dan pengalaman dari proyek sejenis dapat digunakan untuk menentukan sumber daya fisik yang dibutuhkan oleh proyek. Pada tahap ini juga dilakukan pengelolaan keuangan proyek, dimana tim proyek akan menetapkan kebijakan apa yang harus dipatuhi, prosedur perusahaan apa yang relevan, dan mempersiapkan dokumentasi untuk perencanaan, pengelolaan, pengeluaran, dan pengendalian uang saat mengalir mengalir masuk atau keluar dari proyek tersebut.

  • Cost estimating (Estimasi Biaya)
    Beberapa metode estimasi biaya dapat diterapkan untuk memprediksi biaya yang dikeluarkan dalam aktivitas proyek. Pilihan metodenya sendiri tergantung pada tingkat informasi yang ada. Melakukan perkiraan dengan menggunakan biaya dari proyek sebelumnya yang sejenis dapat dijadikan dasar untuk proyek saat ini. Pilihan lainnya adalah menggunakan model parametrik dimana karakteristik proyek diwakili secara matematis. Perkiraan dapat disempurnakan ketika mendapatkan informasi yang lebih banyak ketika proyek berlangsung. Pada akhirnya tahap ini akan menghasilkan estimasi biaya unit yang terperinci dengan akurasi tinggi.

  • Cost budgeting (Penganggaran Biaya)
    Estimasi biaya bersama penjadwalan proyek akan menjadi input untuk penganggaran biaya. Anggaran tersebut akan memberikan gambaran umum mengenai biaya secara periodik maupun biaya total proyek. Perkiraan biaya menentukan biaya setiap aktivitas kerja, sedangkan penganggaran mengalokasikan biaya selama periode waktu ketika biaya akan dikeluarkan. Garis besar biaya adalah anggaran waktu bertahap yang telah disetujui yang digunakan sebagai titik awal untuk mengukur kemajuan kinerja aktual.

  • Cost control (Pengendalian Biaya)
    Pengendalian biaya berkaitan dengan pengukuran variabel dari dasar biaya dan mengambil tindakan korektif yang efektif untuk mencapai biaya minimum. Prosedur diterapkan untuk memantau pengeluaran dan kinerja terhadap kemajuan sebuah proyek. Semua perubahan pada baseline biaya perlu dicatat dan total biaya akhir yang diharapkan terus diprediksi. Software pengendalian biaya dapat bermanfaat untuk menentukan prosedur pengendalian biaya, melacak dan menyetujui perubahan dan menerapkan analisis. Selanjutnya, pelaporan dapat ditingkatkan dan disederhanakan sehingga memudahkan untuk menginformasikan semua stakeholder yang terlibat dalam proyek.

Semoga Bermanfaat :slight_smile:

Referensi


(Rivalno Al Fath Ismu) #3

Cost Management memiliki 4 proses utama, tiga dari prosesnya termasuk dalam kelompok planning process. Proses ini adalah

1. Plan Cost Management
Dalam proses ini, bagaimana menentukan anggaran, memperkirakan biaya dan mengelola biaya selama proyek direncanakan. Rencana pengelolaan biaya merupakan output utama dari rencana Plan Cost management. Dua hal penting yang harus diperhatikan dalam Plan Cost Management adalah biaya siklus hidup dan rekayasa nilai.

2. Estimate Costs
Proses kedua ini memperkirakan biaya untuk setiap kegiatan proyek dan alat, bahan, peralatan. Setelah itu berdasarkan perkiraan, keseluruhan anggaran proyek diperkirakan.

3. Determine Budget
Setelah estimasi biaya proyek selesai, semua estimasi biaya digabungkan selama proses ini dan keseluruhan anggaran proyek ditentukan.

4. Control Costs.
Proses ini bertujuan untuk mengontrol pengeluaran proyek dan menyeleseikan proyek dengan anggaran yang ditentukan.

Reference 1
Reference 2