Apa saja kuliner yang wajib dikunjungi saat ke Manado?

kuliner manado

Kota Manado adalah ibu kota dari provinsi Sulawesi Utara. Kota Manado seringkali disebut sebagai Menado. Manado terletak di Teluk Manado, dan dikelilingi oleh daerah pegunungan.

5 Wisata Kuliner Terfavorit di Manado


Kota Manado merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat menarik, baik untuk wisatawan lokal maupun internasional. Siapapun yang mengunjunginya selalu terpesona dengan wisata alam dan keramahan penduduk lokal yang selalu memanjakan siapa saja yang sedang berkunjung ke kota ini. Bumi nyiur melambai pun selalu mempunyai daya tarik wisata yang seakan tak ada habis-habisnya. Yah, sebut saja Taman Laut Bunaken yang tersohor hampir seantero jagat. Selain wisata alam, jangan lupa juga mencicipi wisata kuliner terbaik yang senantiasa memanjakan setiap lidah para pelancong di kota ini. Berikut saya coba merangkum beberapa wisata kuliner yang wajib kalian coba, jika berkunjung ke kota manado.

  1. COLOCOLOJO - IKANG BAKAR

    Alamat: Jl. Piere Tendean, Marina Plaza (Wisata Kuliner) - Depan Marina Hash Inn, Manado, Sulawesi Utara 95111, Indonesia

    Jika anda penikmat makanan laut alias seafood, cobalah mampir ke salah satu rumah makan yang satu ini. Kalian akan disuguhi dengan hidangan laut yang fresh dan sambal yang khas yang wajib dicoba. Di tempat ini kalian akan disuguhkan dengan 3 jenis sambal yang berbeda dan tentunya enak dan bikin ketagihan. Menu andalan di rumah makan ini adalah ikan bakar dan dabu - dabunya. Untuk harga sendiri, terbilang sangat terjangkau, kalian hanya perlu mengeluarkan sekitar Rp 20.000 - Rp 50.000 sudah bisa menikmati hidangan laut yang enak.

  2. SOTO RUSUK KO PETRUS

    Alamat: Jalan Achmad Yani No. 24, Karombasan Utara, Sario, Sario Tumpaan, Sario, Kota Manado, Sulawesi Utara, Indonesia

    Tempat wisata kuliner Manado yang berikutnya adalah Soto Rusuk Ba Ko Petrus. Harga makanan disini ini cukup terjangkau yakni Rp 30.000. Seperti biasa rata-rata tempat wisata kuliner manado di dalamnya terdapat sajian Tinutuan dan makanan pelangkap lainnya seperti Perkedel Nike yang memang sangat khas di Manado.

    Akan tetapi ada salah satu menu makanan yang sangat menarik di Soto Rusuk Ba Ko Petrus ini yakni Soto Rusuk Ba’ yang tentu saja akan membuat lidah anda bergoyang, hal ini di karenakan rasa khas yang di dapat sangat luar biasa enak. Apakah ada tahu Soto Rusuk Ba’ ini makanan yang seperti apa? Soto Rusuk Ba’ ini merupakan soto/ sop dengan daging ataupun tulang Babi dengan kuah kaldu yang benar-benar akan membuat lidah anda bergoyang.

  3. Kios Tanta Marta

    Alamat: Tikala Ares No 71, Manado Sulawesi Utara

    Tempat wisata kuliner manado yang selanjutnya akan kita bahas adalah sebuah tempat wisata kuliner yang wajib untuk anda cicipi apabila anda sedang berkunjung ke Kota Manado. Tempat makan yang di namakan Kios Tanta Marta ini menyediakan hidangan Tinutuan khas Manado yang sangat recomended sekali dan wajib di coba juga.

    Banyak sekali para turis yang mengunjungi tempat wisata kuliner manado bernama Kios Tanta Marta ini, bahkan Kios Tanta Marta ini telah berdiri sejak tahun 1962 yang lalu. Ciri khas dari tempat Kios Tanta Marta ini adalah adanya sayur rebung yang tentu berbeda dengan menu sajian dari tempat yang lainnya. Sebagai salah satu warung yang cukup tua, akan tetapi untuk masalah harga Kios Tanta Marta ini membandrol makanannya mulai dari Rp 5.000 saja.

  4. Rumah Kopi Gembira

    Alamat: Kinali, Kawangkoan, Minahasa Regency, North Sulawesi, Indonesia

    Rumah Kopi Gembira, jika didengar memang unik dari namanya sendiri dan merupakan sebuah tempat kuliner manado yang terletak di Jalan Raya Kawangkoan, Sendangan Lingkungan 6, Manado. Berbagai makanan ringan bisa anda dapatkan di tempat makan yang bernama Gembira ini seperti misalkan saja biapong temo dan roti bakar. Tapi jangan sampai lupa untuk memesan kopi hitam atau kopi susu khas buatan Gembira ini. Makanan yang bernama biapong temo yang ada di tempat makan Gembira ini ada 2 macam yakni biapong isi kacang hijau dan biapong isi daging babi. Tentu menjadi pengalaman tersendiri bagi anda sedang berada di manado untuk mencoba makanan yang satu ini. Untuk harganya sendiri dari menu makanan yang di sajikan di Gembira mulai dari Rp 5.000 saja.

  5. Tinutuan Wakeke

    Alamat: Jl. Wakeke No.1, Wenang Utara, Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara, Indonesia

    Yang terakhir adalah sebuah tempat yang bernama Wakeke. Sunguh nama yang sangat unik dan ternyata tempat makan Wakeke ini menyajikan Tinutuan yang mana merupakan sebuah makanan khas Manado yang di buat dari beras yang kemudian menjadi sebuah bubur, setelah menjadi bubur selanjutnya di campur dengan singkong dan labu merah. Wakeke merupakan sebuah tempat wisata kuliner manado yang terletak di Jalan Wakeke No. 1 Manado, Sulawesi Utara.

    Apakah Anda tahu jika ternyata Tinutuan ini sangat nikmat apabila di campur dengan menu mie yang membuat cita rasanya sangat enak. Apabila anda membutuhkan sebuah menu pelengkap, anda bisa menggunakan cakalang fufu yakni potongan ikan cakalang yang di asap, dabu-dabu roa yakni sambal yang sangat khas dari Manado dan juga Perkedel Nike yakni olahan ikan nike. Untuk harga makanan yang ada di wisata kuliner Manado Wakeke ini yakni Rp 1500 hingga Rp 22000.

Referensi

5 Wisata Kuliner Terfavorit di Manado Halaman 1 - Kompasiana.com