Apa saja kuil Budha yang masih menyimpan kecantikan yang tak pudar?

kuil budha

Kuil Budha tersebar di penjuru dunia mulai dari pegunungan sampai kuil yang berumur ratusan tahun. Kuil-kuil ini menunjukkan perkembangan ajaran agam Budha bukan hanya itu saja kuil ini memiliki arsitektur yang begitu indah. Dibangun berabad-abad yang lalu, apa saja kuil Budha yang masih menyimpan kecantikan yang tak pudar?

1. Wat Rong Khun, Thailand
Wat Rong Khun atau yang lebih dikenal dengan White Temple ini terkenal diantara wisatawan. Kecantikan dan kemegahan kuil ini memang bisa membuatmu berdecak kagum. Kuil serba putih ini menunjukkan arsitektur yang luar biasa karena banyak detail-detail kecil yang ikonik. Salah satu bagian yang sangat menarik adalah The Cycle of Life di sini kamu bisa melihat jembatan yang dihiasi ratusan tangan yang melambai.

2. Angkor Wat, Kamboja
Berwisata ke Kamboja rasanya enggak bakal lengkap tanpa mengunjungi Angkor Wat. Kompleks kuil Buddha yang megah ini sudah dinobatkan sebagai warisan budaya oleh UNESCO. Kompleks kuil Buddha terbesar ini dibangun sejak abad ke 12 dan sampai sekarang masih dijadikan tempat beribadah oleh umat budha.

3. Seiganto-ji, Jepang
Negara matahari terbit Jepang juga dikenal dengan wisata kuil karena di negara ini kamu bisa menemukan ratusan kuil buddha. Salah satu yang paling terkenal adalah Seiganto-ji, kuil Budha ini memang memiliki arsitektur sekaligus pemandangan yang sangat indah. Wisatawan lebih mengenlanya dengan sebutan Temple of Blue Waves. Di Seiganto-ji kamu bisa menikmati kemegahan kuil serta pemandangan hutan serba hijau dan air terjun alami.

4. Shwedagon Pagoda, Myanmar
Keindahan dan kemegahan Shwedagon Pagoda yang berlokasi di Myanmar ini juga enggak kalah dengan kuil-kuil yang sudah disebutkan di atas. Kuil budha ini hampir mirip dengan arsitektur kuil yang bisa ditemukan di Thailand. Kecantikan Shwedagon Pagoda akan lebih terlihat ketika malam hari, kuil akan diterangi ratusan lampu yang akan menunjukkan kemegahan kuil berwarna emas.

5. Byodo-In Temple, Hawai
Penyebaran kuil Budha tidak hanya berpusat di negara-negara Asia saja loh. Salah satu kuil yang memiliki arsitektur sangat cantik ada di Hawai. Byodo-In Temple ini berada di Pulau O’ahu, Hawai ini adalah replika dari kuil di Uji, Kyoto. Walaupun hanya replika, Byodo-In Temple ini sangat cantik

Sumber: