Apa saja kudapan untuk menyehatkan gigi?

Selama ini banyak orang yang menganggap menjaga kesehatan gigi dan mulut hanya terbatas pada menyikat gigi, membersihkan sela gigi dengan dental floss, dan berkumur menggunakan mouthwash. Sebetulnya masih banyak yang bisa dilakukan untuk kebersihan dan kesehatan mulut, bahkan mengonsumsi makanan tertentu juga bisa untuk menjaga kesehatan oral. apa saja kudapan untuk menyehatkan gigi?

Ada beberapa kudapan kecil yang bisa membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut, misalnya keju, si kecil tentu senang mengudap keju, kadang memakannya dengan buah-buahan atau roti. Sebagai produk olahan susu, keju kaya akan kandungan kalsium dan fosfat, yang sangat bermanfaat untuk menguatkan tulang dan gigi, dan baik untuk menyeimbangkan pH di dalam mulut.
Sebutir apel sehari bisa membantu menjauhkan diri dari penyakit, siapa yang tak kenal dengan kalimat ini?

Rutin mengonsumsi apel juga memberikan kebaikan untuk mulut, karena ada kandungan dalam apel yang juga bisa ditemukan pada pasta gigi, yaitu asam malat, asam baik yang bisa membantu meningkatkan produksi air liur (saliva), yang akan membunuh bakteri dan memutihkan gigi.

Minuman yang sedang naik daun akhir-akhir ini, teh hijau, juga memiliki manfaatnya sendiri untuk kesehatan mulut, melalui kandungan catechin-nya, yang berfungsi untuk membunuh bakteri yang bisa menyebabkan plak dan bau mulut. Beberapa makanan yang kaya vitamin A, seperti wortel atau kentang manis, bisa bermanfaat dalam pembentukan enamel dan juga memperkuat gigi.
Yang mana pun kudapan favorit Anda dan keluarga, pastikan memberikan manfaat bagi kesehatan keluarga.

referensi: KolomSehat.com