Apa saja kriteria dari Mitra Komunikasi Terbaik untuk Membantu Rehabilitasi Mendengar?

talking

Ketahui mitra bicara (audience) . Kita harus sangat mengenal dan memahami dengan siapa kita berbicara. Apakah dengan orang tua, anak-anak, laki-laki atau perempuan, status sosialnya seperti apa, pangkat, jabatan dan semacamnya. Dengan mengetahui audinece kita harus cerdik di dalam memilih kata-kata yang digunakan dalam menyampaikan informasi atau buah fikiran kita

Apa saja kriteria dari mitra komunikasi terbaik untuk membantu rehabilitasi mendengar?

Mitra komunikasi adalah seseorang yang akan menganalisis kemampuan mendengar dan berkomunikasi saat kita melakukan rehabilitasi mendengar. Karena mitra komunikasi ini yang akan lebih banyak meluangkan waktu bersama untuk mengembangkan keterampilan mendengar dari kita. Berikut ini adalah kriteria dari mitra komunikasi yang baik :

  1. Positif
    Belajar mendengar dengan menggunakan implan rumah siput terkadang bisa menjadi hal yang membuat seseorang frustasi. Karenanya, seorang yang mendampingi kita nantinya haruslah memiliki sikap yang positif. Mereka harus bisa mendorong semangat kita dan memberikan informasi tentang kemajuan-kemajuan yang telah kita capai.

  2. Memberi waktu
    Kita harus memilih seseorang yang bisa mendedikasikan waktu selama perjalanan mendengar. Kita dan mitra komunikasi sebaiknya bisa menghabiskan waktu sekitar 4 – 8 per minggu, untuk bisa hadir dalam sesi terapi mendengar yang lebih fokus setiap minggunya.

  3. Memiliki hubungan yang baik
    Sangatlah penting untuk memiliki hubungan baik dengan mitra komunikasi, karenanya yang paling ideal adalah mereka adalah seseorang yang memang sudah kita kenal baik. Dengan memiliki hubungan yang baik berarti kita dapat melakukan percakapan yang lebih terbuka dan jujur, terkait dengan pengembangan keterampilan mendengar dan berkomunikasi.

  4. Nyaman
    Mitra komunikasi harus menjadi seseorang yang kita percaya, karena mereka akan bersama dengan kita melalui beragam tantangan dan bersama juga menuju kesuksesan selama perjalanan mendengar tersebut. Sebaiknya, mereka adalah orang yang bisa kita ajak tertawa, dan bisa kita ajak berbicara lebih jujur ​​tentang perasaan kita sebenarnya.

  5. Fleksibilitas
    Mitra komunikasi sebaiknya juga fleksibel dalam menyediakan waktu untuk sesi rehabilitasi mendengar bersama kita. Mereka perlu bekerja sama dengan kita dan terapis profesional, untuk mengidentifikasi strategi yang mendukung pembelajaran.

  6. Sensitif
    Pasangan yang sensitif akan lebih peka dalam mengevaluasi keadaan lingkungan mendengar kita. Mereka mungkin akan akan melakukan perubahan pada tempat duduk atau atau lokasi, sehingga kita bisa belajar berkomunikasi dengan lebih nyaman.

  7. Memiliki rasa ingin tahu
    Akan lebih baik jika memiliki mitra komunikasi yang memiliki rasa ingin tahu yang besar, sehingga bisa membantu dalam mengetahui hal-hal yang bisa membantu kita dalam mengasah keterampilan mendengar dan berkomunikasi nantinya. Sebaiknya kita bisa menemukan seorang mitra komunikasi yang tidak enggan untuk menggali informasi dari terapis profesional kita nantinya.