Apa saja komponen-komponen yang terdapat pada Plan Human Resource Management?


Plan Human Resource Management merupakan bagian dari project management plan yang memberi keterangan bagaimana sumber daya manusia proyek didefinisikan, dibagi, diatur, dan dilepaskan.

Merencanakan Manajemen Sumber Daya Manusia adalah proses untuk mengidentifikasi dan mendokumentasikan peran proyek, tanggung jawab, keterampilan yang dibutuhkan, melaporkan hubungan, dan membuat rencana manajemen kepegawaian. Proses ini menciptakan panduan bagaimana sumber daya manusia harus dimanfaatkan. Hal ini juga membentuk bagan organisasi proyek yang mencakup jumlah orang yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek, selain itu juga melibatkan pembuatan rencana manajemen kepegawaian dengan menetapkan jangka waktu yang dialokasikan kepada setiap anggota tim proyek. Rencana pengelolaan sumber daya manusia juga dilibatkan dalam penilaian anggota tim yang diperlukan untuk keberhasilan proyek.

Tujuan dari proses ini adalah untuk memastikan bahwa proyek memiliki sumber daya manusia yang cukup dengan keahlian dan pengalaman yang tepat untuk menyelesaikan proyek. Manfaat utama dari proses ini adalah menetapkan peran dan tanggung jawab proyek, bagan organisasi proyek, dan rencana manajemen kepegawaian termasuk jadwal untuk akuisisi dan pelepasan staf. Oleh karena itu, penting untuk memasukkan dokumentasi yang tepat untuk menggambarkan proses dan persyaratan sumber daya manusia. Penting untuk dicatat bahwa proyek membutuhkan sumber daya manusia. Apalagi proses ini juga terkait dengan perencanaan pengelolaan biaya dan waktu. Sebenarnya, proses pengelolaan sumber daya manusia diperlukan bagi manajer proyek untuk mengembangkan rencana SDM dan juga mengelola tim proyek secara efektif.

Komponen yang terdapat pada Plan Human Resource Management yaitu :

  1. Determine human resource needs, Bagian ini berhubungan dengan rencana strategis. Apa pertumbuhan atau penurunan yang diharapkan dalam organisasi? Bagaimana ini akan mempengaruhi tenaga kerja Anda? Apa situasi ekonomi? Berapa perkiraan penjualan Anda untuk tahun depan?
  2. Determine recruiting strategy, Strategi yang menangani bagaimana Anda akan merekrut orang yang tepat pada waktu yang tepat.
  3. Select employees, Proses seleksi terdiri dari proses wawancara dan perekrutan.
  4. Develop training, Berdasarkan rencana strategis, kebutuhan pelatihan apa yang sedang muncul? Apakah ada software baru yang harus dipelajari setiap orang? Apakah ada masalah dalam penanganan konflik? Apapun topik pelatihannya, manajer SDM harus membahas rencana untuk menawarkan pelatihan.
  5. Determine compensation, Dalam aspek rencana ini, manajer harus menentukan skala gaji dan kompensasi lainnya seperti perawatan kesehatan, bonus, dan tunjangan lainnya.
  6. Appraise performance, Kumpulan standar perlu dikembangkan sehingga dapat mengetahui bagaimana menilai kinerja karyawan.

sumber :

https://www.safaribooksonline.com/library/view/a-guide-to/9781935589679/sub9.1.xhtml

http://open.lib.umn.edu/humanresourcemanagement/chapter/2-2-writing-the-hrm-plan/