Apa Saja Komplikasi Tukak Lambung?

https://i0.wp.com/sehat-natural.com/wp-content/uploads/2016/05/obat-alami-untuk-menyembuhkan-sakit-perut-e1505141756110.jpg?resize=500%2C442

Jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat, gejala akibat tukak pada lambung bisa menjadi lebih parah. Apa Saja Komplikasi Tukak Lambung?

Komplikasi yang mungkin timbul antara lain:

Tinja Berwarna Hitam (Melena) dan Anemia
Komplikasi yang sering dialami oleh pasien adalah munculnya melena. Tinja yang diproduksi menjadi berwarna hitam akibat proses pencernaan bercampur dengan darah yang keluar dari tukak pada lambung.

Bila hal ini terjadi terus-menerus, penderita akan mengalami anemia akibat perdarahan yang terjadi di lambung.

Mengalami Peritonitis
Pada kondisi yang parah, tukak dapat terbentuk makin dalam hingga membuat lubang pada lambung. Dari lubang ini, asam lambung dan beragam zat lainnya akan keluar ke rongga perut dan mengiritasi organ lain yang terdapat di dalamnya. Inilah yang kemudian menimbulkan peritonitis.

Penyumbatan Saluran Cerna
Tukak dalam lambung akan meninggalkan jaringan parut saat sembuh. Jaringan ini dapat menghambat aliran makanan dalam proses pencernaan.

Hal tersebut bisa menyebabkan pasien mudah merasa kenyang, sering mual, bahkan muntah. Jika hal ini terus berlangsung, nafsu makan penderita biasanya akan berkurang dan memicu penurunan berat badan.

https://www.dokterbabe.com/penyakit/tukak-lambung/